Tips Menyiapkan Aplikasi Beasiswa

Tips Menyiapkan Aplikasi Beasiswa

Persiapkan lamaran kamu dengan teliti agar menceminkan pelamar yang pantas untuk memperoleh dukungan dana tersebut. Beberapa langkah harus dilakukan untuk menghindari kesalahan dan menimbulkan kesan serius. Salah satu penerima Australian Awards Scholarship, Olivia D. Purba, membagi pengalamannya dalam menyiapkan aplikasi beasiswa. Berikut ulasannya yang dilansir dari laman Indonesia Mengglobal.

Kesan Serius

Ada persyaratan aplikasi beasiswa yang bersifat tidak wajib dalam melamar beasiswa Australian Awards. Namun, Olivia menyarankan untuk melengkapi saja semua dokumen supaya keseriusan pelamar bisa terlihat.

Cek Kelengkapan

Cek lagi apakah dokumen aplikasi beasiswa sudah lengkap dan syarat jumlah fotokopinya terpenuhi. Menurut Olivia, hal ini sangat penting. Banyak pelamar yang gagal hanya karena dokumen tidak lengkap. Buatlah daftar persyaratan dan tandai yang telah tersedia.

Teliti

Berbeda dengan syarat beasiswa pada umumnya, Australian Awards Scholarship tidak menyertakan motivation letter. Namun, telitilah pada supporting statement di formulir pendaftaran karena bagian ini merupakan pengganti motivation letter tersebut.

Nilai Plus

Pada beberapa beasiswa, Surat Rekomendasi mungkin tidak wajib tetapi bisa jadi nilai plus. Untuk ini, Olivia memperoleh rekomendasi dari pihak yang benar-benar mengenalnya baik terkait pribadi maupun profesionalisme.

Olivia pun menyertakan rekomendasi dari atasannya yang merupakan ahli dalam program studi pilihan Olivia. Selain itu, ia juga melampirkan surat rekomendasi dari dosen yang menjadi pengajarnya saat S-1.

 



Loading...
Baca Juga :  Beasiswa Unik Berdasarkan Ciri Tubuh

Tags: #beasiswa #beasiswa australia #beasiswa luar negeri #kuliah di luar negeri #tips beasiswa

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia
Apa universitas impianmu? Jika kamu sedang duduk

Leave a reply "Tips Menyiapkan Aplikasi Beasiswa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top