Tips Menulis Supporting Statement

Tips Menulis Supporting Statement

Berbeda dari beasiswa pada umumnya, pada Beasiswa Australian Awards, tidak ada syarat motivation letter dalam aplikasi. Namun, hal itu tampaknya digantikan dengan supporting statement yang harus diisi pada formulir. Olivia D. Purba, penerima Beasiswa Australian Awards, memberikan tips untuk bagian penting tersebut. Berikut penuturannya yang kami lansir dari laman Indonesia Mengglobal.

Bagian Penting

Supporting statement menjadi bagian penting dalam melamar Beasiswa Autralian Awards. Menurut Olivia, pada bagian ini, pelamar seolah diminta untuk meyakinkan pihak pemberi beasiswa bahwa pelamar memang tepat menjadi beswan. Bisa dibilang, hal ini merupakan pengganti motivation letter.

Memahasi Visi Misi Pribadi

Olivia memandang bagian tersebut merupakan sesuatu yang sangat pribadi. Ia pun harus memahami visi dan misinya secara pribadi untuk kuliah di program studi yang dipilihnya di Australia.

Benang Merah

Selain memahami visi dan misi pribadinya, Olivia juga mencari benang merah yang menghubungkan latar belakang pendidikan dan kariernya dengan keinginan melanjutkan studi di Australia. Ia juga harus memahami kaitan pendidikan dan karier tersebut dengan kontribusi yang dapat ia berikan kepada masyarkat.

Meminta Komentar

Setelah supporting statement ditulis, Olivia meminta komentar dari orang-orang di sekitarnya. Ia menampung berbagai masukan dan merevisi isi formulir pengajuan beasiswa itu. Jangan lupa, cek dulu spelling dan grammar, serta konsultasikan juga tata bahasa kepada mereka yang sudah ahli.

 



Loading...
Baca Juga :  Mitos dan Fakta Beasiswa LPDP - Part 3

Tags: #beasiswa #essay beasiswa #kuliah di luar negeri #motivation letter #tips beasiswa

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia
Apa universitas impianmu? Jika kamu sedang duduk
  1. Cara Membuat Esai Beasiswa yang Benar | IDBeasiswa3 tahun ago

    […] esai beasiswa dalam aplikasinya. Ada juga yang menggunakan istilah lain seperti personal statement, supporting statement, atau yang lebih umum, motivation […]

    Reply
  2. Pertanyaan Soal Budaya Pelamar Saat Wawancara Beasiswa | IDBeasiswa3 tahun ago

    […] yang dilakukan setelah lulus kuliah di Jepang? Bagian ini biasanya berhubungan dengan esai beasiswa atau motivation letter jika masuk syarat […]

    Reply

Leave a reply "Tips Menulis Supporting Statement"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top