Tips Mencari Informasi Beasiswa

Tips Mencari Informasi Beasiswa

Untuk memperoleh beasiswa, banyak informasi yang harus diperoleh, lebih dari sekder mengakses website. Berikut penuturan Olivia D. Purba, penerima Australian Awards Scholarship, tentang tips mencari informasi beasiswa yang kami lansir dari laman Indonesia Mengglobal.

Sebelum Bertanya, Cari Tahu Sendiri Dulu

Cara orang mencari informasi beasiswa bisa menunjukkan apakah ia akan berhasil. Jika mencari informasi sendiri saja malas bagaimana menyiapkan dokumen apalagi mengejar prestasi? Penulis sendiri pernah membaca keluhan seorang beswan tentang pola pikir para pencari beasiswa. Banyak yang melempar pertanyaan mudah seperti bagaimana cara mendapat beasiswa? Apa saja persyaratannya? Dan sebagainya.

Pertanyaan tersebut sebenarnya bisa dicari sendiri melalui internet. Kumpulkan informasi beasiswa sebanyak-banyaknya karena ini juga berpengaruh dalam penulisan essay. Saat berkonsultasi dengan mereka yang sudah berpengalaman, kita tidak membuang waktu kita maupun mereka.

Para penerima beasiswa kebanyak bukan orang yang tidak sibuk. Jadi, jika kita sudah mengumpulkan banyak informasi terlebih dulu, penggunaan waktu bersama mereka akan lebih maksimal. Pertanyaan bisa ditujukan pada topik yang lebih penting, yang berasal dari pengalaman langsung dan sulit ditemukan di internet.

Mencari Berbagai Informasi dari Berbagai Sumber

Olivia tidak hanya menelusuri informasi melalui internet terkait program beasiswa yang sesuai dengan minatnya. Perempuan tersebut juga menghadiri pameran pendidikan. Alumni Swinburne University of Technology, Australia itu mengumpulkan info universitas dan program studi bahkan tips beasiswa. Semua ini ia simpan dalam folder sesuai dengan kategorinya.

Komunikasi Langsung

Olivia menghubungi alumni beasiswa Australian Awards dan bertanya langsung kepada mereka terkait program tersebut. Ia juga berkomunikasi dengan mahasiswa yang masih menjalani studi di Australia.



Loading...
Baca Juga :  6 Langkah Merencanakan Kuliah di Luar Negeri

Tags: #kuliah di luar negeri #tips beasiswa

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia
Apa universitas impianmu? Jika kamu sedang duduk
  1. Ketahui Alasan Memilih Negara Tujuan Kuliah di Luar Negeri | IDBeasiswa3 tahun ago

    […] Koordinator Beasiswa di Netherlands Education Support Office, menuturkan bahwa proses kuliah dengan beasiswa harus benar-benar direncanakan. Menurutnya, seseorang harus tahu apa alasan memilih sebuah negara […]

    Reply

Leave a reply "Tips Mencari Informasi Beasiswa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top