Tips Memilih Universitas Supaya Tidak Menyesal

Tips Memilih Universitas Supaya Tidak Menyesal

Memilih universitas bisa jadi kegalauan tersendiri. Keputusan ini dapat menjebak seseorang ke dalam kampus ‘abal-abal’. Apalagi image kuliah di luar negeri, kadang mengalihkan perhatian kita dari mutu pendidikannya.

Ada juga yang mundur duluan begitu mendengar nama besar suatu universitas. Bisa saja orang itu sebenarnya pantas diterima, hanya saja kurang akses informasi.

Membuat Daftar Universitas

Setelah menentukan jurusan yang ingin diambil, carilah berbagai universitas yang menyediakan program tersebut. Searching di internet bisa saja, tapi perhatikan juga mata kuliah di masing-masing kampus.

Nama jurusan di beberapa universitas boleh jadi sama tapi fokus studinya beda. Jangan sampai, kita berharap mendalami suatu isu tapi ternyata tidak mendapat porsi yang banyak saat kuliah.

Cek Persyaratan Tiap Universitas

Dalam memilih universitas, cari mana yang bisa dipenuhi semua syarat penerimaannya. Delete atau cadangkan dulu universitas yang belum bisa diraih. Sesuaikan dengan kelebihan dan kekurangan pribadi. Cek juga sistem kurikulumnya dan lihat kemampuan diri sendiri.

Menilik Fasilitas Universitas

Agar kuliah sukses, perlu memilih universitas yang dilengkapi fasilitas menunjang. Ini termasuk apakah kampus bakal jadi tempat belajar yang nyaman atau tidak.

Mengumpulkan foto dan denah universitas adalah ide bagus. Dari sini kita tahu apakah atmosfir kampus mendukung mood belajar. Misalnya, taman kampus, perpustakaan, bentuk gedung, dan lain-lain.

Menilik Suasana Kota

Ini bisa jadi faktor terintegrasi dalam memilih universitas. Suasana dan fasilitas daerah tujuan kuliah juga jadi faktor. Misalnya, memilih Bandung untuk jurusan desain. Di kota ini, banyak referensi dan komunitas desainer yang bisa diakses langsung. Atmosfirnya sebagai kota kreatif juga mendukung.



Loading...
Baca Juga :  6 Langkah Merencanakan Kuliah di Luar Negeri

Tags: #beasiswa luar negeri #kuliah ke luar negeri #tips beasiswa #tips kuliah

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia
Apa universitas impianmu? Jika kamu sedang duduk
  1. Tips Memilih Universitas untuk S1 Dalam Negeri - IDBeasiswa3 tahun ago

    […] baca juga Tips Memilih Universitas Supaya Tidak Menyesal dan  Data Penting untuk Memilih S2 Luar […]

    Reply
  2. Cara Menyikapi Ranking Universitas - IDBeasiswa3 tahun ago

    […] universitas bisa jadi pijakan dalam memilih kampus tujuan baik di dalam maupun luar negeri. Namun, peringkat bukanlah segalanya, bukan penentu utama. […]

    Reply

Leave a reply "Tips Memilih Universitas Supaya Tidak Menyesal"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top