Tips Memilih Jurusan Kuliah sebagai Penentu Karier

Tips Memilih Jurusan Kuliah sebagai Penentu Karier

Banyak di antara kita yang bingung memilih jurusan ketika sudah sampai saatnya kuliah. Hal ini penting karena menyangkut masa depan dalam berkarier. Menuruti kemauan orang tua boleh saja tapi apakah sudah sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja di masa depan? Sebaiknya, pikirkan dulu beberapa hal dalam tips memilih jurusan kuliah sebagai penentu karier berikut ini.

Tips Memilih Jurusan Sesuai Kemampuan Akademik

Mungkin orang tua kamu menyarankan jurusan tertentu yang jadi harapan mereka. Namun, perhatikan kemampuan akademik kamu, apakah mampu untuk mempelajari disiplin ilmu tersebut.

Setiap manusia memperoleh anugerah bidang kecerdasan yang berbeda. Ada orang yang dikaruniai bakat logika matematika namun lemah di bidang seni. Ada orang yang dititipkan Tuhan bakat kreativitas luar biasa dalam film, gambar, musik, design, dan sebagainya. Begitu juga dengan kemampuan di berbagai bidang lainnya.

Tips Memilih Jurusan Sesuai Pasar Tenaga Kerja ke Depan

Beberapa orang tua kita bisa jadi mengharap anaknya menyandang profesi tertentu sesuai dengan impian mereka muda dulu. Namun, perhatikan juga apakah profesi tersebut bisa memenuhi tantangan dan lapangan kerja di masa depan.

Tren profesi bisa membuat jumlah lulusan lebih sedikit daripada lapangan kerja yang tersedia. Hal inilah yang bisa mengancam kamu menjadi pengangguran pada akhirnya.

Perhatikan juga profesi apa yang akan banyak dibutuhkan dan menjanjikan di masa depan mengingat perkembangan teknologi dan modernisasi masa kini. Karena transisi pandangan generasi orang tua dan kita sekarang, profesi tersebut mungkin saja belum begitu populer saat ini.

Tips Memilih Jurusan Sesuai Kualitas Kampus

Banyaknya peminat bidang tertentu memancing banyak kampus membuka jurusan tersebut. Sayangnya, hal ini kadang tidak dibarengi dengan fasilitas berkualitas, misalnya peralatan laboratorium.

Baca Juga :  Menjadi Relawan Internasional Melalui AIESEC

Lulus dari situ, kamu memang mencapai gelar yang sedang tren namun kurang berkualitas. Ini kemudian berpengaruh terhadap sebarapa besar peluang kamu untuk berkarir di perusahaan atau jenjang bergengsi.

 



Loading...

Tags: #beasiswa #kuliah #tips beasiswa #tips kuliah #tips memilih jurusan

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia
Apa universitas impianmu? Jika kamu sedang duduk
  1. Langkah-Langkah Menulis Motivation Letter | IDBeasiswa3 tahun ago

    […] Kamu harus menuliskan mengapa memilih program studi yang kamu incar. Selain itu, jangan lupa jelaskan mengapa kamu memilih perguruan tinggi atau universitas tujuan. […]

    Reply
  2. Langkah-Langkah Menulis Motivation Letter – Colleger Radio3 tahun ago

    […] Kamu harus menuliskan mengapa memilih program studi yang kamu incar. Selain itu, jangan lupa jelaskan mengapa kamu memilih perguruan tinggi atau universitas tujuan. […]

    Reply
  3. 5 Hal yang Harus Ditulis dalam Personal Statement | IDBeasiswa3 tahun ago

    […] seleksi ingin mengetahui mengapa pelamar memilih sebuah program studi. Tuliskan pembelajaran apa yang diperlukan dalam jurusan tersebut. Pada bagian ini, tekankan […]

    Reply

Leave a reply "Tips Memilih Jurusan Kuliah sebagai Penentu Karier"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top