Tanyakan 4 Hal Ini ke Diri Sendiri Sebelum Memilih Beasiswa

Tanyakan 4 Hal Ini pada Diri Sendiri Sebelum Memilih Beasiswa

Terlalu banyak pilihan beasiswa di luar sana atau terlalu banyak ketakutan dalam diri sendiri. Beasiswa tidak harus dari nilai akademik, bisa juga prestasi atau bakat lainnya. Namun, pastikan juga beasiswa yang kita pilih sudah tepat.

Bagaimana mencari beasiswa yang sesuai dengan seluruh potensi atau aset diri kita? Untuk itu, tanyakan 4 hal ini pada diri sendiri sebelum memilih beasiswa.

Apa Aktivitas dan Minat Kamu?

Buat daftar apa saja kegiatan kamu lalu cari beasiswa yang berhubungan dengan aktivitas tersebut. Ada banyak dana pendidikan untuk orang yang aktif di bidang musik, teater, menulis, desain, volunteering, animal care, klub otomotif, dan lain-lain.

Lakukan pencarian beasiswa di internet. Jika ada istilah yang tidak dimengerti, cari tahu saja. Istilah tersebut bisa mengarahkan pada pencarian selanjutnya baik menyangkut beasiswa, sistem kuliah, aplikasi, dan sebagainya.

Apakah Teknik Menulis Kamu Sudah Baik?

Jika kamu punya minat besar dan kemampuan dalam menulis, coba ikut kompetisi. Beberapa beasiswa ditujukan pada penulis berbakat.

Meski begitu, skill menulis tetap diperlukan karena banyak beasiswa yang memasukkan essay dalam syarat aplikasinya. Namun, jangan khawatir. Kamu masih bisa belajar dan berkonsultasi dengan mereka yang sudah berpengalaman.

Kamu Sekolah di Mana?

Kenapa ini perlu kamu sadari? Bisa saja sekolah kamu memiliki ikatan alumni yang menawarkan hibah bagi juniornya. Ada juga beasiswa atas kerja sama penyelenggara dengan sekolah atau universitas tertentu. Jika kamu pelajar di sana maka ada kesempatan meraihnya.

Di Mana Kamu Tinggal?

Beberapa beasiswa, contohnya Australia Awards, punya wilayah prioritas. Pelamar dari daerah tertentu lebih diutamakan dari yang lain. Ada juga beasiswa untuk negara berkembang dan wilayah pedesaan atau tertinggal.Jika kamu tinggal di wilayah yang sulit dijangkau pendidikan atau perguruan tinggi, banyak beasiswa lokal, nasional, maupun internasional untuk ini.

Baca Juga :  6 Cara Membiayai Kuliah

Pemerintah kabupaten atau provinsi kamu punya anggaran pendidikan bagi putera daerahnya. Cari juga informasi apakah daerah asal kamu bekerja sama dengan universitas tertentu.

 



Loading...

Tags: #beasiswa #beasiswa luar negeri #beasiswa unik #essay beasiswa #kuliah di luar negeri #tips beasiswa

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia
Apa universitas impianmu? Jika kamu sedang duduk
  1. 7 Kemalasan Pencari Beasiswa yang Wajar Tidak Diladeni - IDBeasiswa3 tahun ago

    […] memilih jurusan, memilih universitas, alasan memilih topik penelitian, rencana karir masa depan, kelebihan diri kamu, dan […]

    Reply

Leave a reply "Tanyakan 4 Hal Ini pada Diri Sendiri Sebelum Memilih Beasiswa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top