Perbedaan Scholarship, Fellowship, dan Grant

Perbedaan Scholarship, Fellowship, dan Grant

Bagi yang ingin mendapat beasiswa, mungkin belum akrab dengan berbagai istilah tentang program tersebut. Penyebutan yang berbeda tapi maknanya kurang lebih sama sering ditemukan pada beasiswa luar negeri. Sebagai dasar, ketahui dulu perbedaan scholarship, fellowship, dan grant.

Scholarship

Rupanya, scholarship dan fellowship bukanlah sinonim. Bedanya, scholarship adalah bagian dari fellowship. Istilah scholarship digunakan untuk bantuan dana pendidikan, biasanya S1. Program ini khusus untuk kegiatan belajar.

Full scholarship mencakup uang kuliah, biaya hidup, dan buku. Ada juga yang ditambah dengan transportasi, asuransi kesehatan, dan sebagainya. Partial scholarship hanya meliputi seluruh atau sebagian uang kuliah. Partial scholarship lainnya diberikan untuk kebutuhan biaya hidup dan buku.

Fellowship

Fellowship biasanya digunakan untuk jenjang S2 dan seterusnya. Bantuan pendidikan ini juga berupa scholarship. Bedanya, penerima terikat ketika sedang dan setelah menjalankan studi.

Nur Djuli, penerima fellowship di Havard University mengungkapkan, program tersebut ialah sharing minat, ide, pengalaman, dan ilmu dari individu yang setara namun berlainan bidang. Tujuan utama fellowship adalah pengembangan profesionalisme penerima.

Beasiswa ini meliputi dana pendidikan kuliah, penelitian terkait isu tertentu, pengembangan organisasi masyarakat, magang, juga berbagai pelatihan. Beberapa lembaga donor mengalokasikan penelitian pada daerah-daerah tertentu.

Penerima beasiswa harus mendedikasikan risetnya sesuai dengan ketentuan penyelenggara. Beswan diminta menulis penelitian setiap kurun waktu yang disepakati.

Setelah masa studi, penerima mengajar di institusi pemberi beasiswa. Fellowship dari perusahaan bisa saja ditujukan untuk menjadi tenaga kerjanya.

Grant

Grant (hibah) merukan sejumlah dana yang diberikan kepada seseorang untuk tujuan tertentu. Dalam hal ini ialah kuliah, penelitian, dan kegiatan pendukungnya. Scholarship dan fellowship termasuk kategori grant. Penerima tidak perlu mengembalikan biaya yang dihibahkan. Beberapa grant mengikat dalam bentuk penelitian dan kontrak kerja.

Baca Juga :  Ketahui Alasan Memilih Negara Tujuan Kuliah ke Luar Negeri


Loading...

Tags: #beasiswa #kuliah di luar negeri #tips beasiswa

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia
Apa universitas impianmu? Jika kamu sedang duduk
  1. Program Beasiswa Pond's Deadline 31 Januari 20172 tahun ago

    […] dibuka beasiswa Pond’s 2017 untuk para pemimpin wanita. Program ini merupakan fellowship atas kerja sama Pond’s dengan Vital Voices, yaitu jaringan bergengsi pempimpin wanita yang […]

    Reply

Leave a reply "Perbedaan Scholarship, Fellowship, dan Grant"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top