Macam-Macam Beasiswa

Macam-Macam Beasiswa

Pesimis dengan dengan IPK atau nilai kelulusan? Kalau melihat akademik, sepertinya tidak memungkinkan dapat beasiswa. Jangan mundur dulu. Program dana pendidikan tidak cuma buat mereka yang terdepan dalam pelajaran ataupun prestasi non-akademik. Masih ada macam-macam beasiswa lainnya untuk melanjutkan studi, seperti berikut ini.

Beasiswa Prestasi (Merit Scholarship)

Ini dia program yang lebih sering terdengar. Seperti namanya, beasiswa diberikan pada orang yang excellent dari sisi akademik. Ada persyaratan IPK yang tinggi, partisipasi dalam riset, dan sebagainya. Persaingannya sangat ketat.

Beberapa program ini juga mensyaratkan minimal nilai yang harus dipertahankan saat studi nanti. Jika gagal, beasiswa dicabut.

Need-Based Scholarship

Pelamar mengajukan dana kepada instansi atau universitas terkait. Beasiswa akan diberikan jika Anda dianggap perlu bantuan. Tim seleksi dapat mengambil keputusan dengan melihat pendapatan orang tua, jumlah saudara kandung, biaya hidup, dan lain-lain. Namun, jumlahnya lebih sedikit daripada merit scholarship.

Beasiswa Atlet

Jika punya prestasi dalam bidang olahraga, itulah kunci untuk memperoleh beasiswa. Beberapa kampus mengincar orang-orang ini untuk mewakili universitasnya. Kontribusi mereka dalam membawa nama kampus jadi pengganti dana pendidikan yang diberikan.

Beasiswa dari Yayasan

Sebagian program ini bekerja sama dengan universitas atau sekolah tertentu. Untuk memperolehnya, Anda harus diterima dulu di instansi pendidikan tersebut. Namun, ada juga yang tidak terikat dengan kerja sama ini sehingga pelamar bisa berasal dari kampus manapun.

Beasiswa Penuh

Selain uang pendaftaran dan SPP, bantuan dana mencakup biaya hidup dan keperluan membeli buku. Ada juga yang ditambah dana penelitian, asuransi kesehatan, serta transportasi.

Beasiswa Parsial

Program ini hanya mencakup sebagian uang kuliah. Ada pula yang khusus untuk biaya hidup, buku, dan sebagainya.

Baca Juga :  6 Cara Membiayai Kuliah

 

 



Loading...

Tags: #beasiswa #kuliah di luar negeri #tips beasiswa #tips kuliah

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia
Apa universitas impianmu? Jika kamu sedang duduk
  1. Trik Membiayai Kuliah dengan Lebih dari Satu Beasiswa | IDBeasiswa3 tahun ago

    […] mempengaruhi dana dari program selanjutnya? Jawabannya: ya. Ada beasiswa yang dibuat berdasarkan kebutuhan pelamar, begitu juga dengan financial […]

    Reply
  2. Mau S2 ke Belanda? Ayo Daftar Beasiswa StuNed Sekarang! - IDBeasiswa3 tahun ago

    […] sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Setiap tahun antara 200 sampai 250 beasiswa penuh ditawarkan kepada mereka yang bergiat dalam pembangunan […]

    Reply
  3. Beasiswa StuNed untuk Short Courses di Belanda - IDBeasiswa3 tahun ago

    […] sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Setiap tahun antara 200 sampai 250 beasiswa penuh ditawarkan kepada mereka yang bergiat dalam pembangunan […]

    Reply
  4. author

    dominasi riwu wolo3 tahun ago

    Alasan saya kuliah yaitu saya bisa mengecap pendidikan seperti yang lainnya, saya sangat membutuhkan pendidikan ini, membutuhkan bea siswa, mencapai cita cita, mewujudkan impian menjadi guru yang profesional, saya ingin membuktikan bahawa saya juga bisa seperti yang lainnya berpendidikan, membantu orang tua membiayai kuliah, ingin mewujudkan manusia yang intelektual, memberantas buta huruf,

    Reply
    • author
      Author

      Ummu Rahayu3 tahun ago

      Cita-cita mulia dan keinginan kuat pasti akan bertemu jalannya. Semoga sukses ya.

      Reply
  5. author

    dominasi riwu wolo3 tahun ago

    Saya memohon beasiswa penuh

    Reply
    • author
      Author

      Ummu Rahayu3 tahun ago

      Semoga sukses ya.

      Reply
  6. 7 Kemalasan Pencari Beasiswa yang Wajar Tidak Diladeni - IDBeasiswa3 tahun ago

    […] ini misalnya: kapan pendaftarannya; apa saja syaratnya; beasiswa penuh atau bukan; berkas dikirim ke mana; dan […]

    Reply

Leave a reply "Macam-Macam Beasiswa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top