Dana Hibah Kebudayaan 2018 Cipta Media Ekspresi Deadline 25 Maret 2018

By | December 31, 2017

Cipta Media Ekspresi menyediakan hibah untuk perempuan pelaku kebudayaan di seluruh bidang seni. Hibah tersebut dapat digunakan untuk membuat, mengkaji, dan melakukan perjalanan yang membantu perempuan dalam mencipta atau menampilkan karya. Total dana hibah kebudayaan 2018 dari Cipta Media Ekspresi mencapai 3,5 milyar rupiah!

KATEGORI DANA HIBAH 2018 CIPTA MEDIA EKSPRESI

Karya dalam hibah Cipta Media Ekspresi dapat berupa karya ciptaan asli, kajian, pemilihan benda-benda untuk dipamerkan atau diarsipkan dengan maksud mempertunjukkan atau berbagi. Berikut ini beberapa kategori yang tersedia, contoh-contoh spesifik lihat di: Kategori Hibah – Cipta Media.

Perjalanan

Kategori ini diikhususkan pada perjalanan di dalam Indonesia dan mendahulukan proyek-proyek yang memiliki komponen lintas-budaya yang kuat. Permintaan hibah pada kategori ini meliputi perjalanan untuk mencipta atau menampilkan karya di tempat-tempat yang biasanya tidak dapat atau sulit dijangkau oleh para perempuan pelaku kebudayaan.

Kerjasama/Kolaborasi

Pemohon hibah kategori untuk seluruh proyek yang memiliki sifat kolaboratif yang kuat dan mendahulukan kerjasama/ kolaborasi lintas bidang, praktik seni komunal/kolektif atau kolaborasi dengan/di komunitas yang bukan seniman.

Lintas Generasi

Kategori ini diperuntukkan bagi permohonan dana hibah dengan kandungan lintas-generasi yang kua. Termasuk didalamnya (tapi tidak terbatas pada) adalah karya seni/budaya atau kajian yang didasarkan pada pengalaman, tradisi atau praktik-praktik perempuan yang telah berlangsung selama beberapa generasi atau lintas zaman, dapat memiliki komponen kesejarahan yang kuat atau bisa merupakan karya cipta bersama seniman tua dan muda yang dilakukan pada saat ini.

Riset/Kajian/Kuratorial

Untuk permohonan hibah dengan tujuan riset/ kajian. Termasuk didalamnya adalah (tapi tidak terbatas pada) riset mengenai praktik kebudayaan perempuan, riset untuk mencari/mengenali medium/cara berkarya yang baru atau untuk membuat kuratorial pameran/pertunjukan. Prioritas kategori ini terletak pada proyek yang menawarkan kajian/riset baru dan memajukan pengetahuan mengenai praktik kebudayaan perempuan.

Baca Juga :  Beasiswa Kedokteran Ikatan Dinas Unika Atma Jaya untuk Lulusan SMA Deadline 24 Mei 2017

PERSYARATAN DANA HIBAH CIPTA MEDIA EKSPRESI

Persyaratan dana hibah kebudayaan 2018 dari Cipta Media Ekspresi:

  • Siapa saja yang mengaku perempuan dan berusia di atas 18 tahun (pada 21 April 2018).
  • WNI atau WNA, bagi WNA harus sudah bekerja aktif di kalangan budaya Indonesia minimal 5 tahun.
  • Individu tanpa organisasi diperkenankan untuk mendaftar.
  • Kelompok tanpa organisasi juga diperkenankan untuk mendaftar dengan cara mencantumkan satu nama wakil dari kelompok Anda yang akan bertanggungjawab dalam pelaporan perkembangan proyek dan administrasinya.
  • Hibah boleh untuk perempuan lain, dengan ketentuan yang bisa dilihat di halaman ini.
  • Jumlah total untuk seluruh permohonan hibah adalah Rp 3,5 milyar. Juri tidak menentukan jumlah rendah/ tinggi per proyek. Rancanga anggaran proyek Anda sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda menyelesaikannya sebelum 28 Februari 2019.
  • Proyek harus selesai pada tanggal 28 Februari 2019, dana yang tidak digunakan harus dikembalikan.
  • Satu nama pemohon hanya boleh mengisi satu permintaan hibah, lebih dari satu maka permintaan hibah dianggap duplikat dan permintaan selanjutnya akan langsung ditolak. Penolakan langsung oleh panitia juga akan dilakukan oleh permohonan hibah yang tidak pantas / tidak sopan / ataupun tidak terkait dengan permohonan untuk upaya seni dan budaya.

CATATAN: pelajari juga berbagai pertanyaan umum terkait keikutsertaan dan tanggung jawab di halaman Pertanyaan Umum.

PROSES PENDAFTARAN DANA HIBAH 2018 CIPTA MEDIA EKSPRESI

Langkah-langkah pendaftaran:

  1. Mengisi dan mengirimkan formulir.
  2. Pemohon hibah harus mengisi dan mengirimkan formulir daring (online) berupa rancangan konsep proyek / rencana mereka.
  3. Untuk mengisi formulir daring (online), pemohon hibah harus memiliki akun Google.
  4. Setelah diisi pemohon hibah akan mendapatkan pratayang dari hasil isian mereka, apabila puas, kirimkan, apabila ada perubahan silakan koreksi formulir Anda.
  5. Kolom pemuatan berkas ada dua, satu diisi dengan foto pemohon hibah, dan satu lagi dapat diisi karya (ilustrasi/audio/video).
  6. Formulir cetak (offline) hanya diperuntukkan bagi pemohon hibah dimana jaringan internet / data langka.
  7. Formulir cetak yang dikirimkan dari kota besar di mana jaringan internet baik, tidak akan dipertimbangkan.
  8. Formulir bisa dikembalikan kepada panitia via pos dengan melampirkan CD / berkas hasil karya. Unduh formulir Anda [[disini]] atau minta panitia mengirimkan formulir kepada Anda dengan mengirim alamat ke:[email protected] atau kontak via SMS/WA ke: 0821 1172 4732.
  9. Panitia akan menayangkan permohonan hibah yang masuk pada situs web Cipta Media Ekspresi, baik yang diterima via formulir daring atau cetak sebelum dinilai oleh tim juri. Permohonan hibah yang tidak ditayangkan berarti tidak lolos seleksi teknis panitia dan tidak diteruskan untuk dinilai oleh tim juri.
Baca Juga :  Beasiswa KNMP Calon Mahasiswa Unika Atma Jaya Deadline 24 Mei 2017

Seluruh proses pendaftaran harus sudah diselesaikan paling lambat hari Minggu, 25 Maret 2018 pukul 23:00. Bagi yang berminat mengajukan dana hibah kebudayaan 2018 ini, pelajari informasi selanjutnya di website resmi: http://www.ciptamedia.org/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.