Cara Menulis Motivation Letter untuk Melamar Beasiswa

Cara Menulis Motivation Letter untuk Melamar Beasiswa

Beasiswa dapat menjadi salah satu jalan untuk bisa melanjutkan studi ke luar negeri. Namun, ada motivation letter sebagai syarat pamungkas yang akan menentukan apakah pelamar diterima atau tidak. Untuk itu, ada kunci khusus dalam cara menulis motivation letter untuk melamar beasiswa. Dilansir dari laman kompas.com, Marlindah JSA, lulusan Universitas Utrecht, Belanda mengungkapkan isi pokok motivation letter.

Apa Saja yang Perlu Ditulis dalam Motivation Letter?

Motivation Letter menggambarkan siapa kamu dan apakah pantas menerima beasiswa yang diinginkan. Karenanya, hal berikut ini harus kamu tunjukkan pada tim penyeleksi.

Siapa Diri Kamu

Jelaskan siapa diri kamu sekarang ini dalam motivation letter. Selain itu, tuliskan juga apa yang membentuk diri kamu tersebut.

Alasan Studi

Mengapa kamu ingin melanjutkan studi S1? Ini juga berlaku bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi misalnya S2 dan S3. Mengapa kamu ingin belajar keras? Tuliskan alasan tersebut dalam motivation letter.

Alasan Memilih Negara

Penting juga untuk kamu menulis alasan memilih negara tujuan. Kamu bisa saja memilih negara-negara di Eropa, Asia, Amerika, dan lain-lain tapi mengapa?

Alasan Memilih Beasiswa

Selain alasan melanjutkan studi dan memilih negara, kamu juga harus menuliskan alasan memilih beasiswa yang kamu incar.

Pentingnya Merevisi Motivation Letter

Motivation letter merupakan bagian pamungkas dalam melamar beasiswa. Karenanya, mengerjakan surat yang satu ini tidak sembarangan. Selain menggali poin-poin apa saja yang harus ada di dalamnya, kamu juga perlu cermat dalam menuliskannya.

Marlindah mengungkapkan perlunya membaca dan memperbaiki kembali motivation letter setelah ditulis pertama kali. Hal senada juga dituturkan oleh Olivia D. Purba, peraih beasiswa Autralian Awards. Saat menulis supporting statement untuk melamar beasiswa tersebut, Olivia meminta komentar orang-orang di sekitarnya. Ia merevisi bagian itu berdasarkan berbagai masukan.

Baca Juga :  Tips Memilih Universitas Supaya Tidak Menyesal


Loading...

Tags: #beasiswa luar negeri #motivation letter #tips beasiswa #tips kuliah

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
Beasiswa Camp Kebudayaan Di Thailand
Walailak University adalah salah satu universitas terkemuka
Beasiswa Penuh S1 Turki
Turkiye Diyanet Foundation (TDY) menawarkan Beasiswa S1
Beasiswa S1 dan S2 Bidang Fashion di Paris Prancis
Bagi anda yang tertarik untuk menekuni dunia
Top Online Teaching Programs
Florida International University East Carolina University is
  1. Ketahui Kebelihan Diri Sebelum Mengajukan Beasiswa | IDBeasiswa4 years ago

    […] Taylor, ketahui kelebihan diri sebelum mengajukan beasiswa. Mayoritas seleksi beasiswa memang berdasarkan nilai, namun beberapa penyeleksi juga melihat sisi lain pelamar. Untuk itu, […]

    Reply

Leave a reply "Cara Menulis Motivation Letter untuk Melamar Beasiswa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top