Bisakah Essay Digunakan Kembali untuk Beasiswa Lainnya

Bisakah Essay Digunakan Kembali untuk Beasiswa Lainnya?

Jalan meraih beasiswa kadang berliku-liku. Para beswan kerap menceritakan pengalamannya berkali-kali ditolak sebelum akhirnya berhasil. Pelamar pun sebaiknya tidak bergantung dengan satu beasiswa. Jika harus mengajukan berkas pada banyak program, bisakah essay digunakan kembali untuk beasiswa lainnya?

Essay untuk Beasiswa bisa digunakan kembali, tapi

Jawabannya adalah bisa. Namun, perhatikan betul-betul informasi, instruksi, dan ketentuan beasiswa. Pastikan essay relevan dengan berbagai persyaratannya. Contoh sederhana ialah jumlah kata.

Perhatikan Representasi Essay untuk Beasiswa

Dalam menuturkan pengalamannya, para beswan mewanti-wanti untuk mencari informasi lebih dalam terkait beasiswa. Ini karena pelamar harus tahu misi penyelenggara dalam memberikan bantuan dana. Praktisi Latin American Scholarship Program of American Universities (LASPAU), dalam laman World Wildlife Fund menuturkan pentingnya membuat aplikasi yang merepresentasikan tujuan yang sama dengan pemberi beasiswa.

Perhatikan Sasaran Bidang Studi Beasiswa

Tim dari LASPAU tersebut mengungkapkan proses seleksi pada umumnya. Menurut kebiasaan, tim seleksi beasiswa untuk disiplin ilmu spesifik merupakan para ahli dalam bidang tersebut. Mereka ini lebih tertarik pada essay yang mencerminkan pengetahuan mendalam.

Sementara, untuk beasiswa yang ditujukan pada berbagai jurusan, tim seleksi bisa jadi bukan ahlinya. Essay sebaiknya menonjolkan tentang seberapa penting bidang studi Anda.

Kali Selanjutnya Akan Lebih Mudah

Setelah memperhatikan berbagai hal di atas, revisi lah essay. Sebagian isi mungkin perlu modifikasi. Menulis essay pertama kali memang jadi saat paling berat. Namun, kali selanjutnya akan lebih mudah karena pelamar sudah punya kerangka berpikir dari essay sebelumnya.

 

 



Loading...
Baca Juga :  Hati-Hati Saat Memilih Studi Part Time, Teliti 10 Hal Ini

Tags: #beasiswa #essay beasiswa #motivation letter #tips beasiswa

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia
Apa universitas impianmu? Jika kamu sedang duduk
  1. Tips Mencari Informasi Beasiswa | IDBeasiswa3 tahun ago

    […] sendiri melalui internet. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya karena ini juga berpengaruh dalam penulisan essay. Saat berkonsultasi dengan mereka yang sudah berpengalaman, kita tidak membuang waktu kita […]

    Reply
  2. 3 Batas Aplikasi Beasiswa yang Bisa Membuat Lamaranmu Gagal Total2 tahun ago

    […] Kalau kamu sudah pernah menyiapkan aplikasi beasiswa, tentu ada dokumen yang tinggal kirim saja. Selanjutnya, tinggal memenuhi persyaratan yang baru. Misalnya, memperbarui esai beasiswa (baca tipsnya di sini). […]

    Reply

Leave a reply "Bisakah Essay Digunakan Kembali untuk Beasiswa Lainnya?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top