5 Tahap Membuat Personal Statement

5 Tahap Membuat Personal Statement

Personal statement akan ditemui saat mendaftar ke beberapa universitas luar negeri, khususnya di United Kingdom (UK). Intinya, dokumen ini ialah tulisan yang meyakinkan tim seleksi bahwa pelamar pantas menjadi mahasiswa kampus tersebut. Personal statement juga bukanlah daftar riwayat pendidikan, prestasi, atau pengalaman kerja seperti dalam curriculum vitae (CV). Tulisan ini berupa tuturan yang dihubungkan dengan motivasi studi pelamar.

Sebelum memasuki 5 tahap membuat personal statement, pahami dulu 4 hal yang harus dihindari. Berikut tahap-tahap tersebut yang kami lansir dari publikasi Kevin S. Widjaja, anggota Persatuan Pelajar Indonesia UK, dipadu dengan informasi lainnya.

1. Persiapan

Apa saja yang harus disiapkan? Daftar prestasi baik akademik maupun nonakademik. Ingat lagi dan catat lomba apa saja yang pernah dimenangkan dan penghargaan apa saja yang pernah diperoleh. Begitu juga dengan kegiatan di luar kelas seperti ektrakurikuler, jabatan di organisasi, kegiatan sosial, pertukaran pelajar, dan lain-lain.

2. Penulisan

Sebaiknya, jangan pikirkan dulu jumlah kata maksimal yang disyaratkan universitas. Tulis saja dulu apa yang ada di kepala, sebanyak-banyaknya, sepuasnya. Sebenarnya, personal statement tidak seperti surat yang memiliki struktur baku. Dokumen ini jadi ruang ekspresi pelamar yang disampaikan dengan gaya masing-masing. Namun, ada susunan logika yang ditawarkan Kevin, sebagai berikut.

Paragraf pertama

Personal statement dibuka dengan alasan memilih jurusan kuliah. Apa yang menginspirasi pelamar untuk studi di bidang tersebut.

Paragraf kedua

Bagian ini diisi dengan kegiatan akdemis dan keunggulan dalam bidang akademis.

Paragraf ketiga

Pelamar bisa menuliskan pengalaman kerja yang berhubungan dengan studi yang diambil di paragraf ini. Di sinilah kegiatan ektrakurikuler atau aktivitas luar kelas lainnya juga dijelaskan. Bedanya dengan CV, pelamar menuliskan apa saja yang ia pelajari dari semua kegiatan tersebut misalnya kemampuan bekerja dalam tim atau kepemimpinan. Bagian inilah yang menunjukkan perbedaan (sisi unik) pelamar dengan pesaing lainnya.

Baca Juga :  Daftar Gaji UMR Kota Bandung Tahun 2017 - Dari Tahun ke Tahun

Paragraf keempat

Paragraf terakhir berisi rencana atau misi setelah lulus dari universitas yang dilamar. Tuliskan bagaimana jurusan yang dipilih bisa mendukung cita-cita tersebut.

3. Perenungan

Tinggalkan dulu draft tulisan selama beberapa hari. Proses ‘pengendapan’ ini akan membantu pelamar menemukan kekurangan dalam personal statement.

Cek apakah semua yang tertulis sudah relevan? Adakah bagian yang tidak berhubungan dengan proses studi di universitas nantinya? Apakah ada di antara 4 hal yang harus dihindari masuk dalam konsep personal statement?

Jika semua sudah oke, persingkatlah tulisan sehingga sesuai dengan syarat jumlah kata. Buanglah kata-kata boros yang jika dihapus tidak mengubah maksud kalimat.

4. Proofreading

Jangan langsung kirimkan personal statement karena perlu dibaca dulu oleh pihak ketiga. Soal bahasa, konsultasilah dengan ahlinya. Mintalah kerabat untuk mengevaluasi tulisan tersebut. Lebih baik lagi di-review oleh orang yang berpengalaman dalam personal statement . Bisa juga dikomentari oleh mahasiswa yang kuliah di jurusan yang sedang dilamar. Kalau perlu, pembaca ketiga ini lebih dari satu orang.

5. Revisi

Kantongi semua masukan dan revisilah personal statement sampai Anda yakin. Tahap ini perlu dilakukan lebih dari satu kali.

Dengan berbagai tahap yang harus dilalui, membuat personal statement yang baik tidak bisa dilakukan terburu-buru. Karena itu, tandai deadline pendaftaran di kalender dan siapkan aplikasi dari jauh hari. Ingat, nilai akademik yang bagus saja tidak cukup tanpa personal statement yang meyakinkan. Banyak IPK mentereng dikalahkan pelamar dengan personal statement yang kuat.



Loading...

Tags: #beasiswa #beasiswa luar negeri #essay beasiswa #kuliah di luar negeri #motivation letter #personal statement #tips beasiswa #tips kuliah

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia
Apa universitas impianmu? Jika kamu sedang duduk
  1. 10 Tips Membuat Personal Statement dari yg Berpengalaman | IDBeasiswa3 tahun ago

    […] Personal statement adalah salah satu syarat mendaftar kuliah di United Kingdom (Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara). Dokumen ini jadi bahan pertimbangan krusial bagi pihak kampus untuk menentukan pendaftar bisa diterima atau tidak. Umumnya, pelamar punya kesempatan dalam 4.000 karakter yang menunjukkan dirinya pantas jadi mahasiswa di universitas tujuan. Sepertinya, menyiapkan yang satu ini perlu usaha lebih. Tapi tenang, karena ada 10 tips menulis personal statement dari Dora Petra Olah di laman Top Universities, berikut ini. […]

    Reply

Leave a reply "5 Tahap Membuat Personal Statement"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top