√ 5 Beasiswa Bergengsi di Belanda dari Universitas Top Dunia yang Buka Tiap Tahun

5 Beasiswa Bergengsi di Belanda dari Universitas Top Dunia yang Buka Tiap Tahun

Selain Jepang, beasiswa di Belanda ibarat daging segar bagi kucing-kucing pemburu beasiswa. Info beasiswa Belanda dari idbeasiswa.com selalu disambut antusias. Kalo mimin bilang sih, Belanda ini tujuan favorit pelajar Indonesia. Nah, supaya persiapannya bisa lebih matang, catat dulu 5 beasiswa bergengsi di Belanda dari universitas top dunia yang buka tiap tahun. Kalo kamu bisa tembus  beasiswa ini, berarti kamu memang the one in a million!

TU DELF EXCELLENCE SCHOLARSHIPS

Delf University of Technology alias TU Delft didirikan sejak tahun 1842 (Indonesia belum banget merdeka yak). Asal tahu aja, kampus bergengsi ini ada di posisi 54 dunia!

Program Studi

Universitas tersebut berfokus pada bidang teknik, ilmu komputer, matematika, sains terapan, serta manajemen dan kebijakan terkait teknologi. Well, oke, jadi salah satu beasiswa bergengsinya adalah TU Delf Excellence Scholarships.

Beberapa program tersebut ialah Holland Scholarship dan Justus & Louise van Effen Scholarship. Kalo Holland Scholarship sih sudah banyak yang tahu ya, kita bahas yang satunya saja.

Komponen Beasiswa

Nah, Justus & Louise van Effen Scholarship berupa beasiswa penuh mencakup biaya pendidikan 100% dan biaya hidup selama dua tahun.

Persyaratan

Persyaratan umumnya:

  • Telah lulus sarjana dari perguruan tinggi yang diakui.
  • IPK minimal 3,2.
  • Telah diterima di salah satu program Master of Science (MSc) TU Delft.

Berkas dan Cara Pendaftaran

Cara mendaftarnya, pelamar mengirimkan formulir pendaftaran beasiswa dan berkas persyaratan pendaftaran ke program master (cek di website program master tersebut) secara bersamaan ke sistem pendaftaran mahasiswa baru di TU Delft.

Biasanya, pendaftaran dibuka bulan Oktober dan ditutup bulan Desember. Informasi selengkapnya cek di website TU Delft Excellence Scholarship.

AMSTERDAM EXCELLENCE SCHOLARSHIPS

Jauh lebih tua dari TU Delft, University of Amsterdam didirikan pada tahun 1632. Saat ini, kampus bergengsi tersebut menduduki posisi 58 dunia versi QS World.

Program Studi

Beasiswa tersebut dibuka untuk studi di bidang perkembangan dan pendidikan anak, komunikasi, ekonomi dan bisnis, kebudayaan, hukum, psikologi, sains, serta ilmu sosial.

Baca Juga :  Beasiswa di Perancis S1 S2 dari Emile Boutmy di Sciences Po Deadline Januari dan April 2018

Komponen Beasiswa

Amsterdam Excellence Scholarships merupakan beasiswa penuh yang mencakup biaya pendidikan 100% dan biaya hidup selama satu tahun. Beasiswa ini bisa diperpanjang bagi yang mengambil S2 selama dua tahun.

Persyaratan

Persyaratan umumnya:

  • Merupakan Warga Negara di luar Uni Eropa/Kawasan Ekonomi Eropa.
  • Telah lulus sarjana dari jurusan apapun.
  • Saat lulus, termasuk Top 10% di kelasnya.
  • Memiliki ambisi dan kaitan yang erat antara rencana karir masa depan dan program master yang dituju.

Berkas dan Proses Pendaftaran

Berkas persyaratan dan proses pendaftaran Amsterdam Excellence Scholarship berbeda-beda sesuai dengan kelompok bidang yang dituju.

Batas pendaftarannya antara Januari dan Februari tergantung program master yang dipilih. Cek informasi selengkapnya di website resmi: AES.

LEIDEN UNIVERSITY EXCELLENCE SCHOLARSHIPS

Salah satu beasiswa bergengsi di Belanda ini disebut juga LExS. Leiden University sendiri menduduki peringkat 109 di dunia versi QS World 2018. Tahun pendiriannya jauh lebih tua lagi daripada dua universitas di atas, yaitu 1575.

Program Studi

Beasiswa ini terbuka untuk seluruh program master (kecuali LLM Reguler (Non-Advanced). Pelamar bisa memilih fakultas: Archaeology, Humanities, Medicine/LUMC, Governance and Global Affairs, Law, Social and Behavioural Sciences, Science, Interfacultair Centrum voor Lerarenopleiding, Onderwijsontwikkeling en Nascholing (ICLON), African Studies Centre, International Institute for Asian Studies.

Komponen Beasiswa

Meski tidak mencakup biaya hidup, jumlah LExS cukup besar untuk meringankan biaya pendidikan (tuition fee). Nilainya dari 10.000 Euro (sekitar Rp 163 juta), 15.000 Euro (sekitar Rp 244 juta), dan 100% biaya pendidikan.

Persyaratan

Adapun syarat umumnya:

  • Merupakan Warga Negara di luar Uni Eropa/Kawasan Ekonomi Eropa.
  • Mencapai hasil studi yang istimewa pada jenjang pendidikan sebelumnya yang berkaitan dengan program master yang dituju.
  • Merupakan lulusan yang termasuk ke dalam 10% terbaik di program studinya.
  • Tidak dapat menerima pinjaman atau hibah studi dari Belanda.

Berkas dan Proses Pendaftaran

Pelamar harus melakukan pendaftaran online ke Leiden University dan mengirimkan berkas persyaratan sesuai dengan program master yang dipilih (syarat berkas cek di website universitas atau program master) lewat sistem pendaftaran tersebut.

Baca Juga :  Beasiswa Penuh di Thailand untuk S1 dan S2 dari Mae Fah Luang University Deadline 31 Mei 2017

Saat mengisi data di bagian beasiswa (pada proses pendaftaran online), tandai atau isi bahwa pelamar mengajukan pendaftaran beasiswa LExS. Untuk keperluan melamar beasiswa di Belanda tersebut, kirimkan juga Motivation Letter khusus LExS.

Batas tanggal pendaftaran LExS ialah pada 1 Februari dan 1 Oktober tiap tahunnya. Cek informasi selengkapnya di website resmi LExS.

UTRECHT EXCELLENCE SCHOLARSHIPS

Utrecht University didirikan pada tahun 1636. Sama dengan Leiden University, kampus ini juga menempati posisi 109 dunia versi QS World 2018. Utrecht University mengklaim ada 12 pemenang Nobel yang berasal dari universitas tersebut.

Program Studi

Ada beberapa program master di Utrecht University yang bekerja sama dengan beasiswa ini. Cek apakah jurusan incaranmu jadi mitranya di www.uu.nl/masters > master’s programme > Tuition Fees and Financial Support.

Komponen Beasiswa

Kuota penerima Utrecht Excellence Scholarships cukup banyak, yatiu 20 – 25 orang setiap tahunnya. Beasiswa ini terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Biaya pendidikan (tuition fee); ATAU
  • Biaya pendidikan (tuition fee) dan biaya hidup.

Persyaratan

Supaya bisa masuk tahap seleksi, pelamar harus memenuhi kriteria:

  • Merupakan Warga Negara di luar Uni Eropa/Kawasan Ekonomi Eropa.
  • Merupakan lulusan 10% terbaik di tahun kelulusannya.
  • Lulus sekolah dan sarjana dari institusi di luar Belanda.
  • Tidak dapat menerima pinjaman atau hibah studi dari Belanda.
  • Telah mendaftar ke program master mitra dimana, perkuliahannya akan dimulai pada 1 September.

Berkas dan Proses Pendaftaran

Pelamar harus mendaftar dulu ke program master yang dituju. Berkas persyaratan dan proses pendaftarannya cek di website program master tersebut.

Setelah mendaftar, pelamar akan menerima akses untuk mendaftarke Utrecht Excellence Scholarship. Namun, pelamar harus mendaftar ke program master sebelum 1 Februari atau 1 Desember sesuai dengan kebijakan program master yang dipilih (batas pendaftarannya berbeda). Pelajari informasi selengkapnya di website resmi: Utrecht Excellecen Scholarship.

Baca Juga :  Beasiswa Fulbright S3 Dosen ke Amerika (Beasiswa Penuh) Deadline 15 Februari 2018

MAASTRICH UNIVERSITY HOLLAND HIGH POTENTIAL SCHOLARSHIPS

Meski usianya kurang dati 50 tahun, Maastricht University menjadi universitas yang diperhitungkan di dunia. Kampus tersebut masuk ke dalam 200 universitas terbaik versi QS World 2018.

Program Studi

Salah satu beasiswa bergengsi di Belanda ini berlaku pada beberapa program master yang bekerja sama. Daftarnya lihat di Participating Master’s Programmes. Pilihannya terhimpun dalam beberapa fakultas: Arts & Social Sciences; Law; Health, Medicine, and Life Sciences, Humanities & Sciences, Phsychology & Neuroscience, sera School of Business and Economics.

Komponen Beasiswa

Maastrich University Holland High Potential Scholarship mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, asuransi, biaya pendaftaran visa, dan biaya pelatihan pra-akademik.

Persyaratan

Pelamar harus memenuhi kriteria:

  • Warga Negara di luar Uni Eropa/EEA.
  • Memenuhi syarat untuk mendapat visa dan ijin tinggal di Belanda.
  • Telah mendaftar ke program master penuh waktu di Maastricht University yang menjadi mitra skema beasiswa ini. Daftar program studi lihat di Participating Master’s Programmes.
  • Memenuhi syarat pendaftaran dari program studi yang dituju.
  • Belum pernah menempuh pendidikan di sekolah menengah dan perguruan tinggi di Belanda, kecuali program pertukaran pelajar.
  • Berusia maksimal 35 tahun pada 1 September 2018.
  • Memiliki prestasi istimewa pada jenjang pendidikan sebelumnya. Jika kualifikasinya sama, panitia akan memilih 5% peringkat teratas berdasarkan nilai akademik.

Berkas dan Proses Pendaftaran

Pelamar harus registrasi dulu ke sistem pendaftaran program master yang dituju, via Studielink. Setelah itu, pelamar mendapat nomor ID yang digunakan untuk mengisi formulir pendaftaran beasiswa.

Dalam proses pendaftaran beasiswa tersebut, pelamar harus mengirimkan beberapa berkas pendukung. Batas pendaftarannya pada 1 Februari setiap tahun. Cek informasi selengkap-lengkapnya di website resmi: Maastrich University Holland High Potential Scholarship.

5 beasiswa bergengsi di Belanda dari universitas top dunia yang buka tiap tahun. Idbeasiswa.com juga sudah menerbitkan versi bahasa Indonesia dari info beasiswa tersebut. Silakan cek beserta info beasiswa Belanda lainnya di http://idbeasiswa.com/category/belanda/.



Loading...

Tags: #beasiswa Belanda #beasiswa luar negeri

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
Beasiswa Tanoto 2019 Program Teladan Tanoto Foundation
Beasiswa Tanoto 2019 Program Teladan Tanoto Foundation
Diperkenalkan pada 2006, (Beasiswa Tanoto 2019)National Champion
BEASISWA UNGGULAN 3T Untuk Daerah Tertinggal Beasiswa S1 S2 S3
BEASISWA UNGGULAN 3T Untuk Daerah Tertinggal Beasiswa
Pengumuman Beasiswa Unggulan Batch 2 2018 S1 S2 S3
Pengumuman Beasiswa Unggulan Batch 2 2018 Kementerian
Beasiswa Pelatihan Luar Negeri Penuh dari Fujitsu JAIMS Deadline 7 Maret 2018
Telah dibuka pendaftaran beasiswa pelatihan luar negeri

Leave a reply "5 Beasiswa Bergengsi di Belanda dari Universitas Top Dunia yang Buka Tiap Tahun"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must read×

Top