Trik Mengumpulkan Uang untuk Buku Kuliah

By | October 17, 2015

Buku kuliah adalah perangkat penting untuk menunjang studi. Jika berkaca dari pendidikan di Indonesia, buku kuliah tidak memakan persentase yang banyak dalam anggaran studi. Materi kuliah sudah cukup lengkap dari dosen. Beberapa pengajar juga meminjamkan buku.

Namun, buku kuliah tetaplah dibutuhkan seorang mahasiswa. Bahan bacaan tentu berpengaruh dengan tugas yang dikerjakan, pertanyaan diskusi dalam kelas, atau saat menjawab soal ujian. Semakin luas wawasan, semakin besar peluang seorang mahasiswa mendapat nilai cemerlang.

Beberapa jurusan dan strata kuliah menuntut banyak membaca referensi, apalagi saat kuliah di luar negeri. Uang beasiswa atau dari orang tua kadang belum cukup. Karena itu, ada trik mengumpulkan uang untuk buku kuliah.

Manfaatkan Perpustakaan untuk Buku Kuliah

Cara ini paling gampang karena setiap kampus memiliki perpustakaan. Mahasiswa pun bisa menikmati fasilitas gratis. Referensi perpustakaan kampus biasanya berkaitan dengan kebutuhan mahasiswanya. Beberapa institusi pendidikan menyediakan buku-buku berkualitas skala nasional maupun internasional. Peminjam juga bisa memfotokopi.

Sebaiknya, cek dulu perpustakaan jurusan karena koleksinya bakal berbeda dengan perustakaan pusat kampus atau fakultas. Ragam tema di tempat tersebut lebih detail dan berhubungan dengan mata kuliah jurusan.

Tidak ketemu di perpustakaan kampus? Coba cari di kantor arsip daerah. Beberapa kota punya fasilitas perpustakaan yang memadai. Untuk jurusan mayoritas suatu daerah, biasanya banyak referensi bidang studi tersebut di perpustakaannya.

Kunjungi juga perpustakaan milik swasta atau perorangan. Buku yang dicari bisa saja ada di situ.

Manfaatkan Buku Kuliah Senior

Tugas-tugas junior akan hampir sama dengan senior. Karena itu, coba hubungi kakak tingkat untuk meminjam buku kuliah. Kalau bisa, pinjam juga buku lainnya meski tidak berhubungan dengan tugas kuliah. Referensi tersebut akan menambah wawasan dalam bidang studi yang diambil.

Baca Juga :  Cara Menjawab yang Tepat Saat Wawancara Beasiswa

Lapak Buku Kuliah Bekas

Banyak alumni yang menjual kembali buku-bukunya dengan harga murah. Coba cari di pusat buku bekas. Ada juga media sosial atau website khusus menjual buku kuliah bekas.

Membeli E-Book

Beberapa buku kuliah lebih murah dalam bentuk e-book. Coba cari situs yang menyediakan ini seperti Amazon.com dan Campusbooks.com. Ada juga laman yang menyediakan e-book gratis namun hindari yang tanpa ijin atau melanggar hak publikasi.

Menyewa Buku Kuliah

Cafée library menyediakan penyewaan buku kuliah. Ada juga perpustakaan komersial lainnya. Penyewaan online boleh dicoba. Beberapa kampus dan website melayani peminjaman e-book.

Manfaatkan Artikel Online

Sepertinya, ini pilihan awal atau terakhir. Pilihan awal untuk survey pendahuluan tentang referensi apa saja yang perlu dibaca. Pilihan terakhir karena artikel-artikel di internet bisa saja belum memenuhi informasi yang dibutuhkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *