Trik Membiayai Kuliah dengan Lebih dari Satu Beasiswa

By | October 17, 2015

Membiayai kuliah apalagi di luar negeri jadi tantangan bagi mahasiswa. Salah satu jalannya ialah beasiswa. Namun, jumlah yang ditawarkan kadang belum cukup menutup kebutuhan.

Ada baiknya buat dulu rencana keuangan selama kuliah. Dengan begitu, kamu jadi tahu berapa yang harus dikumpulkan. Setelah itu, pikirkan berbagai jalan untuk memperolehnya, salah satunya dengan berbagai beasiswa. Berikut trik membiayai kuliah dengan lebih dari satu beasiswa.

Catat Setiap Dana Beasiswa untuk Membiayai Kuliah

StudentScholarship.com menuturkan, dari 100 beasiswa yang diajukan seseorang, dia akan memenuhi syarat untuk 10 beasiswa. Artinya, pelamar bisa memenangkan 1 dari 10 beasiswa. Karena itu, lamarlah sebanyak-banyaknya agar peluang menang semakin besar.

Catat berapa dana yang didapat dari setiap beasiswa. Revisi kembali rencana keuangan dan siap menutup kekurangannya dengan bantuan finansial lainnya.

Yang jelas, lamarlah beasiswa yang stackable (penerima boleh mendapat lebih dari satu beasiswa). Atau, ajukanlah financial aid seperti ke kampus, pemerintah, lembaga masyarakat, student loan, dan lain-lain. Ingat, fokuslah pada kualitas universitas, bukan beasiswanya.

Apakah beasiswa yang diperoleh sebelumnya akan mempengaruhi dana dari program selanjutnya? Jawabannya: ya. Ada beasiswa yang dibuat berdasarkan kebutuhan pelamar, begitu juga dengan financial aid.

Incar Beasiswa Bernilai Kecil untuk Membiayai Kuliah Keseluruhan

Jangan meremehkan beasiswa yang dananya kecil. Jika jeli akan strategi, program tersebut bisa membiayai kuliah kamu secara keseluruhan. Beasiswa semacam ini biasanya sedikit pesaing, sehingga kemungkinan menang kamu lebih besar.

Kalau berhasil, lanjutkan dengan cara di atas. Namun, bukan berarti kamu tidak berpeluang menang beasiswa bernilai besar. Coba saja.

Pastikan Kamu Memenuhi Syarat

Jangan sia-siakan waktu kamu untuk mengajukan beasiswa yang pasti gagal. Cari informasi dan pahami betul-betul ketentuan beasiswa. Lamarlah hanya beasiswa yang kamu memenuhi syaratnya (eligible). Cobalah melebarkan pencarian kamu ke kancah internasional atau jenis-jenis beasiswa yang belum pernah kamu kira sebelumnya. Kreatiflah dalam mencari beasiswa.

Baca Juga :  5 Tips Wawancara Beasiswa

Berpikirlah Postif

Kamu bakal menunggu lama hasil seleksi beasiswa. Gunakan waktu ini untuk melamar beasiswa lainnya. Setiap program perlu persiapan panjang. Catatlah berbagai batas pendaftaran beasiswa. Selesai satu, kejar yang lainnya.

Tidak ada kata putus asa dalam melamar beasiswa. Anggaplah itu hanya hadiah yang orang lain juga mendapatkannya. Persaingan dalam beasiswa akan melatih kamu dalam menghadapi dunia yang sebenarnya. Bukankah itu juga bakal dihadapi saat bekerja nanti?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *