Tips Menyiapkan Aplikasi Beasiswa

By | October 4, 2015

Persiapkan lamaran kamu dengan teliti agar menceminkan pelamar yang pantas untuk memperoleh dukungan dana tersebut. Beberapa langkah harus dilakukan untuk menghindari kesalahan dan menimbulkan kesan serius. Salah satu penerima Australian Awards Scholarship, Olivia D. Purba, membagi pengalamannya dalam menyiapkan aplikasi beasiswa. Berikut ulasannya yang dilansir dari laman Indonesia Mengglobal.

Kesan Serius

Ada persyaratan aplikasi beasiswa yang bersifat tidak wajib dalam melamar beasiswa Australian Awards. Namun, Olivia menyarankan untuk melengkapi saja semua dokumen supaya keseriusan pelamar bisa terlihat.

Cek Kelengkapan

Cek lagi apakah dokumen aplikasi beasiswa sudah lengkap dan syarat jumlah fotokopinya terpenuhi. Menurut Olivia, hal ini sangat penting. Banyak pelamar yang gagal hanya karena dokumen tidak lengkap. Buatlah daftar persyaratan dan tandai yang telah tersedia.

Teliti

Berbeda dengan syarat beasiswa pada umumnya, Australian Awards Scholarship tidak menyertakan motivation letter. Namun, telitilah pada supporting statement di formulir pendaftaran karena bagian ini merupakan pengganti motivation letter tersebut.

Nilai Plus

Pada beberapa beasiswa, Surat Rekomendasi mungkin tidak wajib tetapi bisa jadi nilai plus. Untuk ini, Olivia memperoleh rekomendasi dari pihak yang benar-benar mengenalnya baik terkait pribadi maupun profesionalisme.

Olivia pun menyertakan rekomendasi dari atasannya yang merupakan ahli dalam program studi pilihan Olivia. Selain itu, ia juga melampirkan surat rekomendasi dari dosen yang menjadi pengajarnya saat S-1.

 

Baca Juga :  Beasiswa Pemerintah Cina (Penuh) untuk S1, S2, S3, dll Deadline April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *