Tips Menentukan Kriteria dalam Memilih Beasiswa

By | November 17, 2015

Memilih beasiswa kadang jadi dilema, khususnya bagi mereka yang ingin kuliah di luar negeri. Internet menyediakan informasi beasiswa yang terlampau banyak hingga membuat pencarinya bingung. Agar beasiswa yang dipilih tepat dan tidak membuang waktu, berikut tips menentukan kriteria dalam memilih beasiswa.

Salman Alfarizi dalam bukunya “Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa Dalam dan Luar Negeri” mengungkapkan jurus jitu memilih beasiswa. Saat mencari informasi, tanyakan pada diri sendiri tentang hal-hal berikut.

1. Level pendidikan

Pertanyaan ini tentu sangat mudah dijawab oleh diri sendiri. Apakah ingin melanjutkan kuliah di luar negeri untuk memperoleh gelar sarjana, master, atau doktor?

2. Lokasi studi

Poin tersebut sering membingungkan terutama bagi yang belum pernah kuliah di luar negeri. Terlalu banyak negara impian atau hanya tahu benua tujuan saja. Karena itu, tentukan negara sasaran utama, dan negara cadangan. Ketahui alasan memilih negara tujuan kuliah di luar negeri dan cari berbagai informasi yang mendukung studi di wilayah tesebut.

3. Jumlah beasiswa

Rencanakan dulu keuangan kuliah di luar negeri. Hitung kebutuhan dari primer hingga tersier. Dari sini dapat diketahui sejauh mana nilai dana beasiswa bisa memenuhi kebutuhan kuliah di luar negeri. Ini cukup membantu dalam memilih beasiswa dan mencari sumber dana lainnya.

Memilih beasiswa tidak harus yang bernilai besar atau menutupi semua kebutuhan. Menurut Salman, setidaknya cukup untuk membayar uang kuliah (tuition and fees). Banyak juga yang menyarankan untuk memilih beasiswa bernilai kecil. Ini karena pesaingnya sedikit sehingga peluang menang lebih besar. Sebagian program beasiswa memperbolehkan penerima melamar beasiswa lainnya.

4. Ikatan dinas

Apakah bersedia terikat kontrak pekerjaan setelah lulus atau sedang menempuh kuliah di luar negeri? Jika tidak, lalui saja informasi beasiswa dengan ikatan dinas.

Baca Juga :  Beasiswa S2 Dan S3 LPDP Tahun 2016

Dengan mengetahui empat kriteria di atas, pencarian beasiswa bisa lebih fokus. Waktu yang digunakan lebih efektif dan efisien.


2 thoughts on “Tips Menentukan Kriteria dalam Memilih Beasiswa

  1. Arien

    kak saya tertarik sekali untuk mengikuti program beasiswa ke luar negeri, tapi saya masih bingung bagaimana memilih beasiswa yang terpercaya dan terbaik, adakah tips-tips yang bisa membantu saya untuk menyelesaikan masalah ini? Terima kasih. 🙂

    Reply
    1. Ummu Rahayu Post author

      Terima kasih sudah baca. Buat menjawab masalah saudara, coba baca:
      http://idbeasiswa.com/ketahui-kelebihan-diri-sebelum-mengajukan-beasiswa/
      http://idbeasiswa.com/4-ketakutan-diri-saat-ingin-memperoleh-beasiswa/
      http://idbeasiswa.com/tanyakan-4-hal-ini-pada-diri-sendiri-sebelum-memilih-beasiswa/
      http://idbeasiswa.com/macam-macam-beasiswa/
      http://idbeasiswa.com/cara-kreatif-mencari-beasiswa/
      http://idbeasiswa.com/hati-hati-dengan-tanda-penipuan-beasiswa/
      http://idbeasiswa.com/tips-cepat-mendapat-beasiswa-s2-luar-negeri/
      Intinya, petakan dulu potensi diri kita baru mencari beasiswa yang sesuai.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *