Tips Mencari Bantuan Dana Skripsi

By | November 26, 2016

Semester akhir bisa jadi momok tersendiri, apalagi kalau bukan soal skripsi atau tugas akhir. Selain proses penelitian yang menyita konsentrasi dan menguras pikiran, dana skripsi juga jadi beban. Kebutuhan paling umum misalnya biaya kertas apalagi kalau banyak revisi, prin, tinta, transportasi, kuisioner, referensi, jilid, dan paling utama makan minum agar otak tetap prima, mood pun terjaga.

Biaya semacam itu mungkin bisa kita siapkan dari tabungan, hasil kerja sampingan, atau bantuan orang tua. Namun, bagaimana kalau riset kita perlu data yang harganya mahal, perjalanan jauh, referensi langka, belum lagi alat dan bahan eksperimen. Kalau sudah begini, kantong kempis mahasiswa bakal jebol, sedangkan kita ingin melakukan penelitian yang bermanfaat.

Nah, ternyata ada banyak cara mencari bantuan dana skripsi. Sebenarnya semua itu bisa kita dapat kalau rajin berusaha. Syarat umumnya surat dan proposal pengajuan dana penelitian.

Bantuan Pemerintah Daerah atau Kota
Biasanya, ada program dukungan dari pemerintah setempat untuk putera puteri daerahnya, atau mereka yang studi di wilayah tersebut. Coba cek di daerah asal kamu atau lokasi penelitian kamu, apa saja persyaratannya (selain proposal). Kamu mungkin dimintai KTP, kartu mahasiswa, surat pengantar dari kampus, dan atau surat keterangan tidak mampu.

Ada juga kota-kota tergolong besar yang punya pgram khusus riset dari pemerintahnya. Boleh tuh dicek dan ricek bagaimana prosedurnya.

Bantuan Dana Skripsi dari Kampus
Biasanya, kampus punya program hibah penelitian untuk mahasiswa, termasuk S1. Lihat dulu di website jurusan, fakultas, sampai universitas kamu. Kalau belum ada coba tanya ke staf jurusan sampai tingkat universitas, siapa tahu ada program tahunan atau rencana dana hibah yang akan datang.

Baca Juga :  Hati-Hati dengan Tanda Penipuan Beasiswa

Banyak lembaga yang bekerja sama dengan institusi pendidikan untuk memberi hibah penelitian. Nah, kumpulkan deh informasi ini, sehingga kamu bisa siap-siap dulu sebelum pendaftaran di buka.

Beasiswa Penelitian

Salah satu beasiswa skripsi di Indonesia diberikan oleh Mizan, perusahaan yang bergerak di penerbitan. Pelajari kriteria penelitian seperti apa yang diwadai oleh program tersebut. Selain dapat bantuan dana, hasil skripsi juga diterbitkan. Pendaftarannya masih dibuka sampai 31 Desember 2016, cek di website-nya.

Beasiswa penelitian, termasuk untuk skripsi juga diberikan oleh Pertamina, yaitu Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Tahun ini pendaftarannya sudah ditutup. Bagi yang belum masuk tahun studi akhir, masih ada kesempatan tahun depan.

Bantuan Dana Skripsi dari Lembaga atau Yayasan Dermawan  

Coba cari juga ke yayasan atau lembaga filantropi (dermawan). But, cek dulu apakah bantuan dana skripsi dari lembaga tersebut bisa diakses oleh umum atau hanya mahasiswa dari kampus yang bekerja sama, atau hanya untuk warga daerah tertentu saja. Contoh lembaga yang memiliki program khusus bantuan dana penelitian ialah Yayasan Beasiswa Jakarta. Yayasan Damandiri juga pernah mengeluarkan program beasiswa untuk skripsi. Ada lagi program bantuan skripsi dari badan amal seperti Dompet Dhuafa.

Sumber Dana dari Sponsor atau CSR

Kalau yang ini banyak sekali, salah satunya dari Bank Indonesia. Beberapa perusahaan swasta memberi bantuan dana skripsi sebagai sponsor atau salah satu bentuk CSR (Coorporate Social Responsibility) alias tanggung jawab sosial mereka. Contoh lainnya, Nutrifood Indonesia, Oppo, dan Indofood Riset Nugraha,
Untuk pengajuan sebagai sponsor, perhatikan timbal balik seperti apa yang akan kamu berikan lewat penelitian kamu. Pelajari visi misi dan bagaimana perusahaan itu bergerak. Artinya, kamu tidak meminta begitu saja tetapi bekerja sama dengan mereka sebagai mitra. Perhatikan juga kemasan proposal yang menarik perusahaan.

Baca Juga :  6 Langkah Merencanakan Kuliah di Luar Negeri

Banyak jalan menuju skripsi. Jika kamu sudah berusaha maksimal namun proposalmu belum diterima bukan berarti kamu gagal total hanya saja tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *