Tips Jitu Sukses Tembus Beasiswa Luar Negeri

By | August 12, 2016

Kamu ingin kuliah di luar negeri? Sudah pasti hal tersebut merupakan impian bagi semua orang. Namun, banyak pelajar dan mahasiswa yang akhirnya tiak memperjuangkan keinginannya karena berbagai faktor. Biasanya, mereka akan berfikir ulang karena masalah biaya, kemampuan serta kurangnya kepercayaan diri. Untuk masalah biaya, sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan cara kuliah dengan memanfaatkan peluang beasiswa. Meski penyaringannya akan jauh lebih ketat, namun hal ini perlu kamu coba. Nah, buat kamu yang ingin lolos seleksi beasiswa universitas luar negeri, berikut ini akan kami sampaikan tentang tips beasiswa luar negeri yang wajib kamu simak.

  1. Buka pikiranmu, jangan lihat hanya dari satu sisi

Hal yang pertama ini sangatlah penting. Jika sebelumnya kamu beranggapan bahwa beasiswa luar negeri itu jumlahnya tidak banyak, kali ini kamu perlu tau bahwa sebenarnya jika kamu mencari informasinya, jumlah beasiswa sangat banyak. Mulai dari fulbright yang berada di Amerika, Monbukagakusho di Jepang hingga beasiswa LPDP.

  1. Kembangkan dirimu

Selain mulai mengenal beragam jenis dan tempat beasiswa, selanjutnya yang harus kamu pahami adalah bahwa beasiswa tidak hanya diberikan pada mahasiswa/pelajar yang pintar. Berusahalah untuk menjadi mahasiswa atau pelajar yang aktif terutama dibidang organisasi, relawan dan semacamnya. Meski tampaknya hal ini sepele, namun perlu kamu ketahi bahwa nilai ini akan sangat membantu mendongkrak IPK yang pas-pasan, apalagi harus bersaing dengan ribuan pendaftar yang lain. Jadi mulai sekarang, jangan malas. Jadilah mahasiswa aktif di kampus maupun organisasi luar kampus.

  1. Siapkan dirimu

Mendaftar beasiswa memerlukan proses dan persiapan khusus. Kamu tidak bisa mendaftar terlalu mepet tanpa persiapan apapun. Banyak hal yang perlu kamu asah untuk kemudian bisa berhasil. Persiapkan mulai dari nilai akademik, nilai toefl, keikutsertaan lomba dan lain-lain sejak minimal 6 bulan sebelum mendaftarkan diri. Semakin kamu memiliki banyak pengalaman dan menunjukkan potensi, maka semakin besar pula peluang kamu untuk bisa masuk menjadi salah satu penerima beasiswa diluar negeri.

Baca Juga :  Beasiswa Summer School di Skotlandia, Deadline 31 Maret 2017

Itulah beberapa tips beasiswa luar negeri yang peru kamu ketahui. Selamat mencoba dan selamat berjuang!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *