Tahapan Pendaftaran Dan Seleksi Beasiswa LPDP BPI 2017-2018

By | March 11, 2017

Pendaftaran BPI dilaksanakan secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah semua dokumen kelengkapannya pada laman resmi LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id

Tahapan Seleksi BPI adalah sebagai berikut:
1. Pendaftaran
a. Pendaftar mengisi formulir pendaftaran secara online pada laman resmi LPDP;

b. Pendaftar melengkapi semua dokumen persyaratan serta dokumen pendukung yang relevan, dan mengunggah semua dokumen tersebut pada laman resmi LPDP;
c. Semua dokumen pada point di atas wajib dibawa pada tahap seleksi wawancara bila dinyatakan lulus seleksi administrasi dan lulus seleksi assessment online.

2. Seleksi Administrasi
Pendaftar yang diproses dalam tahapan ini adalah yang telah melengkapi data pendaftaran dan submit di pendaftaran online di setiap periode seleksinya. Seleksi ini merupakan proses pemeriksaan kelengkapan data dan dokumen pendaftar sesuai persyaratan yang berlaku di LPDP.
3. Seleksi Assessment secara Online
Peserta yang lulus seleksi administrasi pada pendaftaran online berhak mengikuti seleksi Assessment yang dilaksanakan secara online.
4. Seleksi Wawancara, Leaderless Grup Discussion (LGD) dan On the Spot Essay Writing
a. Peserta yang lulus seleksi Assessement online berhak mengikuti seleksi substansi yang terdiri dari wawancara, Leaderless Group Discussion (LGD), dan On the Spot Essay Writing.
b. Dalam tahapan proses seleksi ini, peserta diwajibkan membawa seluruh data dan dokumen asli yang telah digunakan untuk pendaftaran beasiswa BPI. Apabila tidak menyerahkan data dan dokumen tersebut serta dokumen dan data tersebut tidak sesuai persyaratan yang berlaku di LPDP maka tidak diperkenankan mengikuti Seleksi Wawancara, Leaderless Grup Discussion (LGD) dan On the Spot Essay Writing.
c. Bagi peserta yang tidak lulus pada seleksi substansi Beasiswa Pendidikan Indonesia dapat mendaftar kembali dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Jika telah 1 (satu) kali tidak lulus pada seleksi substansi, maka peserta masih memiliki 2 (dua) kali kesempatan sampai mengikuti seleksi substansi,
2. Jika telah 2 (dua) kali tidak lulus pada seleksi substansi, maka peserta masih memiliki 1 (satu) kali kesempatan sampai mengikuti seleksi substansi,
3. Jika telah 3 (tiga) kali tidak lulus pada seleksi substansi, maka peserta tidak dapat mendaftar kembali Beasiswa Pendidikan Indonesia.
5. Penetapan Penerima Beasiswa
a. Hasil penetapan kelulusan seleksi Wawancara, Leaderless Grup Discussion (LGD) dan On the Spot Essay Writing Beasiswa Pendidikan Indonesia disampaikan kepada Pendaftar yang lulus

Baca Juga :  Download Format Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP 2017

melalui akun pendaftaran online Pendaftar, email atau media elektronik lainnya sesuai waktu telah ditentukan oleh LPDP.
b. Mengikuti program pengayaan bahasa bagi calon penerima beasiswa yang dinilai LPDP perlu mendapatkan pengayaan bahasa asing.
c. Mengikuti program Persiapan Keberangkatan (PK) sebelum memulai studi di Perguruan Tinggi Tujuan masing-masing. Adapun program ini merupakan karantina khusus berupa penanaman nilai-nilai nasionalisme, kepemimpinan, basic life training, financial literacy, dan sebagainya.

Pertanyaan
Jika ada pertanyaan dapat diajukan melalui call center LPDP di 1500652


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *