Siapa Saja yang Bisa Memberi Surat Rekomendasi? - IDBeasiswa

Siapa Saja yang Bisa Memberi Surat Rekomendasi?

Surat rekomendasi jadi syarat umum dalam melamar beasiswa. Posisinya cukup menentukan selain prestasi dan pengalaman peserta. Surat tersebut harus kuat dan diperhitungkan. Karenanya, bukan sembarang orang yang bisa memberikan.

Usahakan mendapat lebih dari 1 surat rekomendasi karena memperbesar peluang lolos beasiswa. Lalu, siapa saja yang bisa memberi dokumen penting ini?

Dosen Pembimbing Skripsi

Salah satu surat rekomendasi haruslah berasal dari orang yang memahami kemampuan akademik kita. Dosen pembimbing juga bisa menilai kepribadian kita dari cara menghadapi tantangan skripsi.

Beliau adalah orang yang mengenal kita secara langsung dan bertemu cukup intens. Jika kamu ingin melanjutkan studi berbasis riset, beliau adalah orang yang tepat untuk surat rekomendasi, apalagi kalau beliaunya sudah professor.

Dosen Wali atau Dosen PA

Beliau juga orang yang mengenal trek rekor akademik dan non-akademik kamu, plus aktivitas di organisasi kampus. Jika sering berkonsultasi tentu beliau tahu bagaimana kegigihan kamu dalam studi.

Dosen Mata Kuliah

Surat rekomendasi bisa juga diberikan oleh dosen mata kuliah tertentu. Namun, yang mengenal kemampuan akademik dan performa kamu di kelas.

Beliau juga potensial jika berhubungan dengan jurusan yang akan kamu ambil. Lebih baik lagi kalau dosen mata kuliah ini sudah professor.

Dekan, Ketua Jurusan, atau Ketua Program Studi

Posisi beliau memang istimewa karena, menurut saya, jadi gambaran seberapa ‘terkenal’ kamu. Kalau dapat dukungan dari mereka berarti kamu mahasiswa yang cukup menonjol.

Namun, perhatikan juga aspek seberapa jauh hubungan kamu dengan beliau. Semakin dekat, semakin pemberi rekomendasi bisa memaparkan hal personal dan spesifik terkait kelebihan kamu.

Atasan Kerja

Pimpinan atau supervisor pekerjaan pasti mengenal profesionalitas dan prestasi kerja bawahannya. Ia juga bisa memberi gambaran yang kuat tentang kepribadian kamu.

Baca Juga :  Tips Menulis Supporting Statement

Tokoh Masyarakat

Beberapa program beasiswa, seperti LPDP, cocok dengan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat. Bisa juga dihubungkan dengan rencana studi atau masa depan setelah lulus. Perhatikan juga sejauh mana tokoh tersebut dapat memberi keterangan yang personal dan spesifik.

Pimpinan Organisasi

Bagi yang aktivis, ketua organisasi tempat kamu berkarya juga dapat memberi surat rekomendasi. Namun, lihat dulu konteks beasiswanya. Beberapa program menginginkan orang yang punya jiwa kepemimpinan, kemampuan bekerja dalam tim, berjiwa sosial, dan lain-lain.

Seperti atasan di tempat kerja, mereka tahu kualitas dan kepribadian kamu. Keterangan mereka bisa dipakai untuk melamar beasiswa.

Dosen Luar Negeri

Minta surat rekomendasi dari pengajar luar negeri cukup menantang apalagi kalau belum mengenal betul siapa kita. Perlu pendekatan lebih untuk mendapatkannya.

Dosen luar negeri ialah orang yang akan membimbing penelitian kamu saat kuliah nanti. Posisi ini cukup meyakinkan tim seleksi beasiswa.

Baca juga: 12 Etika Penting Saat Meminta Surat Rekomendasi

Tags: #aplikasi beasiswa #kuliah di luar negeri #surat rekomendasi #tips beasiswa #tips kuliah

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
Pastikan 4 Hal Ini Sebelum Mengurus Visa Pelajar di Jerman
Punya mimpi kuliah di Jerman? Kamu harus
PT Pos Indonesia Buka Lowongan Kerja Terbaru 2017
Anda lagi mencari pekerjaan di BUMN ?
[mashshare]

Leave a reply "Siapa Saja yang Bisa Memberi Surat Rekomendasi?"

Must read×

Top