Program Pertukaran Bilateral Indonesia Jepang Ristek dikti 2017

By | July 31, 2016
Kegiatan dimulai dari 1 April 20… (tahun berikutnya dari proses penerimaan dan seleksi usulan) dan akan berakhir pada 31 Maret 20…. (3 tahun kemudian).

Sebanyak 3 proposal akan didanai melaluiJoint Research Projects ini. Bidang sasaran meliputi Humaniora, Ilmu Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Kegiatan penelitian bersama ini akan berlangsung selama tiga tahun di institusi counterpart, Japan Society for the Promotion of Science (JSPS), Jepang atau di Indonesia.

Persyaratan umum:
1. Usulan kegiatan harus mempunyai nilai ilmiah yang tinggi dalam bidang/area yang terus berkembang sehingga berpotensi untuk dihasilkannya terobosan baru dalam konsep, pengetahuan atau metodologi dalam bidang/area tersebut.
2. Usulan kegiatan harus menjelaskan secara utuh mengapa penelitian dan pertukaran ilmuwan penting untuk dilakukan secara bersama-sama antara pendidik/peneliti Jepang dan Indonesia. (Usulan penelitian harus menjelaskan perlunya (necessity) dan pentingya (significance) pelaksanaan kegiatan bersama-sama dengan ilmuwan/pakar /pendidik dari Jepang.
3. Usulan kegiatan juga harus melibatkan pendidik muda dalam setiap kegiatan-kegiatannya (sebagai anggota Tim Kegiatan) sehingga dapat meningkatkan kompetensi pendidik muda dalam meneliti dan membangun jejaring international.
4. Usulan kegiatan yang berkontribusi besar pada kehidupan masyarakat termasuk di dalamnya pelestarian dan pengembangan budaya, perbaikan kualitas hidup masyarakat dan penyelesaian terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat modern akan mendapat perhatian khusus.

Pendaftaran:
Direktorat Kualifikasi SDM akan menerima usulan yang telah disetujui/diketahui pimpinan LPNK Ristekdikti, Lembaga Litbang Kementerian, Lembaga Litbang Pemerintah Daerah, universitas/institusi masing-masing dan dikirimkan oleh para pelamar ke Direktorat Kualifikasi SDM, utamanya melalui sistem elektronik (e-mail attachments).

Batas akhir penerimaan usulan di Direktorat Kualifikasi SDM untuk setiap tahunnya sekitar pertengahan September. (Catatan: batas akhir di masing-masing institusi bervariasi tergantung institusi masing-masing).

Baca Juga :  Beasiswa Penuh di Taiwan untuk S2 dan S3 Deadline 17 Maret 2017

Pada pertengahan Oktober tiap-tiap tahun JSPS dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan bertukar daftar usulan Joint Research Projects yang masuk ke masing-masing institusi. Hanya usulan yang mempunyai patner di kedua belah pihak yang akan diteruskan ke evaluasi substansi. Lihat panduan program.

Pada bulan Desember hasil evaluasi secara independen dari kedua belah pihak akan dipertukarkan dan selanjutnya pada bulan Januari tahun berikutnya akan dilakukan diskusi untuk menentukan proposal mana yang akan didanai berdasarkan hasil dari seleksi di masing-masing institusi.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan menyampaikan hasil seleksi akhir proposal kepada institusi pengusul pada akhir Februari sedangkan kegiatan Joint Research Projects mulai dilaksanakan tanggal 1 April sesuai dengan tahun fiscal di Jepang.

Kontak:
Direktorat Kualifikasi SDM
Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung DIKTI lantai 5, Jl. Jenderal Sudirman,
Pintu I Senayan, Jakarta 10270
Telp. (021) 57946100 (Hunting) Fax. (021) 57946052

Contact persons: Citra Amitiurna/Victoriana Suhartini
Email: [email protected]

Keterangan lebih lanjut mengenai periode penerimaan proposal pada pihak JSPS dan dokumen apa saja yang harus dikirimkan ke JSPS, Pendidik/peneliti Jepang diminta menghubungi alamat berikut:

Asian Program Division, lnternational Program Department
Japan Society for the Promotion of Science
6 lchiban-cho, Chiyoda-ku, Tokyo 102-8471
Tel : +81-(0)3-3263-2367

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *