Pingin Dapet Beasiswa Luar Negeri? Gini nih Caranya..

By | August 10, 2016

Siapa sih yang tak punya  impian untuk melanjutkan pendidikan diluar negeri? Bagaimana tidak, tak hanya kualitas dari hampir semua universitas yang sangat baik dengan belajar diluar negeri kita pasti bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga. Sayangnya, untuk mendapatkan itu semua tentu saja biaya yang dihabiskan tidaklah sedikit. Meski begitu, bukan berarti harapan kamu  untuk melanjutkan sekolah diluar negeri menjadi sesuatu yang tidak mungkin. Karena, sekarang banyak juga kesempatan memperoleh beasiswa yang bisa saja didapatkan oleh siapapun. Bagaimana cara mendapatkan beasiswa luar negeri? Berikut akan saya sampaikan ulasan lengkapnya.

Cara mendapatkan beasiswa luar negeri yang pertama adalah dengan berusaha untuk memperoleh nilai “A” dibidang akademis. Nilai merupakan pertimbangan yang sangat penting untuk menunjang impianmu untuk bisa memperoleh beasiswa diluar negeri. Selalu berusahalah mencapai nilai yang terbaik dan cobalah mengikuti olimpiade atau semacamnya untuk mengasah kemampuanmu. Terbukti, beberapa institusi beasiswa diluar negeri banyak dipenuhi oleh mereka-mereka yang pernah memenangkan beberapa jenis olimpiade dibidangnya masing-masing.

Yang berikutnya adalah menjadi pelajar atau mahasiswa yang aktif. Aktif yang dimaksud disini adalah aktif dibidang organisasi. Pengalaman berorganisasi juga memiliki nilai bagi institusi beasiswa. Pelajar atau mahasiswa yang pintar sudah pasti jumlahnya sangat banyak. Inilah celah yang harus kamu ketahui. Ikuti sebuah organisasi dimana nantinya anda akan banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman. Dari sebuah organisasi, kamu akan banyak belajar mulai dari belajar tentang jiwa kepemimpinan, solidaritas, kerjasama dan masih banyak lagi.

Kemudian, yang ketiga adalah aktif menjadi relawan. Bagi kamu yang mengincar universitas di Eropa, akan menjadi nilai plus lagi jika kamu memiliki banyak pengalaman dalam menjadi relawan. Maklum saja, dinegara Eropa, relawan merupakan sesuatu yang sangat penting dan bisa menambah nilai dimata masyarakat maupun negara. Itulah mengapa kamu bisa memulai untuk menjadi relawan meskipun belum dalam lingkup yang luas.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Ditulis dalam Personal Statement

Selain tips diatas, tentunya kamu juga harus mahir dalam berbahasa asing.  Hasil tes Toefl dan IELTS merupakan hasil tes yang paling menentukan. Jangan lupa juga untuk menyusun Curriculum Vitae yang jelas dan informatif. Dan satu lagi yang tak kalah penting adalah pembuatan motivation letter dimana isinya adalah tentang sebab mengapa kamu ingin masuk di jurusan universitas yang kamu tuju. Dengan beberapa cara mendapatkan beasiswa luar negeri diatas, sekarang kamu bisa memulai untuk mencapainya. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Tetap berusaha dan berdo’a dan fokuskan dirimu untuk mencapai apa yang kamu inginkan. Selamat berjuang!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *