Pertanyaan Wawancara Beasiswa LPDP yang Tidak Terduga

By | December 2, 2015

Wawancara beasiswa adalah tahap yang bisa dipelajari dan disiapkan dari jauh hari. Baca buku tips sukses wawancara beasiswa atau berbagai artikel di internet boleh saja. Menelusuri pertanyaan umum dalam wawancara beasiswa bakal membantu.

Namun, sudahkah kita benar-benar menyiapkan semuanya? Pertanyaan tak terduga bisa saja muncul seperti yang dialami Sausan Atika Maesara. Dari laman PPI Belanda, saya menuturkan kembali pengalaman mahasiswa Wageningen University tersebut saat dua kali wawancara beasiswa LPDP.

Mempersiapkan Diri Lebih Awal

Sausan sendiri sudah menyiapkan diri sejak terima kabar, satu sampai dua minggu sebelum wawancara beasiswa tersebut. Hal ini meningkatkan kepercayaan dirinya saat menghadapi pewawancara.

Pertanyaan Tidak Terduga

Sebelumnya, perempuan tersebut hanya fokus pada esai dan materi yang akan meyakinkan tim seleksi bahwa dirinya pantas menerima beasiswa LPDP. Pada hari H, ada pertanyaan yang tidak ia antisipasi.

Di esai, ia menulis program pilihan, yaitu MSc Water Technology dalam bentuk joint degree di Wageningen University, University of Groningen, dan University of Twente. Ternyata bagian ini menarik pewawancara.

Ia diminta menjawab tentang penanggung jawab program tersebut, skema belajar, kesamaan latar belakang universitas, lokasi studi tiap semester, dan lain-lain. Karena tidak tahu informasinya, ia tidak dapat menjawab dengan baik. Alhasil, wawancara beasiswa LPDP pertama itu gagal.

Berhasil dengan Belajar dari Kegagalan

Sausan menyarankan agar berpikir out of the box dalam persiapan wawancara beasiswa. Periode berikutnya, ia kembali melamar beasiswa LPDP dan lolos berkas. Ia pun mencari informasi yang membuatnya gagal dulu.

Tepat, pertanyaan yang sama tentang join degree-nya muncul pada wawancara beasiswa kedua ini, namun sudah bisa dijawabnya dengan yakin. Kali ini, Sausan berhasil menaklukkan LPDP.

Baca Juga :  Kuliah di Luar Negeri Masih Bisa Melakukan Hobi

Peserta Perlu Melihat dari Sudut Pandang Penyelenggara

Sarannya, jangan hanya melihat dari sisi pribadi tapi juga sudut pandang pemberi beasiswa. Dalam kasus yang dialami Sausan, peserta harus bisa memastikan administrasi dan skema pembayaran tidak memberatkan pemberi beasiswa.

Karena itu, pahami lebih dalam syarat dan ketentuan beasiswa. Bagi yang juga melamar beasiswa LPDP dengan program joint degree, pastikan sistem administrasi dan keuangan dilakukan satu pintu.


One thought on “Pertanyaan Wawancara Beasiswa LPDP yang Tidak Terduga

  1. Reza

    Selamat kenal,
    Terima kasih untuk tulisannya yang informatif. Kebetulan saya sedang mencari informasi mengenai dual degree melalui lpdp. Kalau melihat artikel ini, sebenarnya memungkinkan ya.

    Bagaimana halnya dengan program JD/MBA yaitu kombinasi program doktor bidang hukum dan MBA? Apakah dengan model ‘out of the box’ dapat meluluhkan pewawancara juga? Terus terang, saya sedang banyak mencari info mengenai JD/MBA ini.

    Terima kasih sebelumnya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *