Pertanyaan Umum Wawancara Beasiswa

By | November 20, 2015

Beasiswa jadi kesempatan emas sekaligus bergengsi untuk membiayai pendidikan. Namun, tidak mudah mendapatkannya karena berbagai syarat dan tahap seleksi haus dilalui, termasuk wawancara beasiswa. Pada bagian ini, pelamar harus siap fisik (termasuk penampilan) maupun mental. Berbagai persiapan sebaiknya dilakukan terutama jawaban. Pertanyaan tiap wawancara beasiswa bisa berbeda, tapi ada lingkup umumnya.

Wawancara beasiswa bertujuan untuk melihat motivasi pelamar dan memastikan manfaat studi yang diambil. Beberapa pertanyaan mengarah pada peran pelamar dalam kegiatan sosial. Tim seleksi hendak memastikan pelamar mengetahui apa yang diambil dan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan sekitar.

Salman Alfarizi dalam bukunya “Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa Dalam dan Luar Negeri” mengungkap pertanyaan umum wawancara beasiswa berhubungan dengan:

  1. Latar belakang pelamar. Ini menyangkut pendidikan yang diambil sebelumnya, juga pengalaman kerja. Berbagai aktivitas termasuk ekstrakurikuler yang pernah diikuti juga jadi topik pembicaraan.
  2. Jurusan yang ingin diambil dan bagaimana mencapai masa depan karir pelamar dengan studi tersebut.
  3. Alasan memilih negara tujuan kuliah (jika di luar negeri). Misalnya, Inggris untuk Sastra Inggris karena pelamar akan belajar dari negaranya langsung (sumber primer).
  4. Kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan komunitas.
  5. Pengalaman beradaptasi dengan lingkungan baru. Hal ini penting terutama bagi yang ingin kuliah di luar negeri.

Pertanyaan perlu dijawab singkat dan padat. Karena itu, perlu persiapan atau latihan untuk melakukan ini. Jika sudah yakin, rasa gugup bakal berkurang.

Baca Juga :  Beasiswa Chevening Tahun 2017 - 2018 Telah Dibuka

2 thoughts on “Pertanyaan Umum Wawancara Beasiswa

  1. Pingback: 5 Sikap yang Salah Saat Wawancara Beasiswa | IDBeasiswa

  2. Pingback: Cara Menjawab yang Tepat Saat Wawancara Beasiswa - IDBeasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *