Persyaratan Beasiswa LPDP

By | September 7, 2016

Untuk mengatasi masalah pendidikan yang mahal, maka salah satu solusi adalah mendapatkan beasiswa. Terdapat banyak macam beasiswa yang bisa didapatkan. Baik beasiswa yang diselenggarakan pihak pemerintah maupun pihak swasta. Salah satu beasiswa yang diberikan pemerintah adalah beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) merupakan salah satu beasiswa yang dapat diraih untuk melanjutkan pendidikan ke Program Magister atau Program Doktor.

Untuk mendapatkan beasiswa LPDP ada beberapa persyaratan beasiswa LPDP yang harus dipenuhi sebelum mendaftar. Salah satunya yaitu merupakan Warga Negara Indonesia. Beasiswa ini khusus diberikan bagi anak-anak Bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan ke program Magister ataupun program Doktor.

Selain sebagai Warga Negara Indonesia calon penerima juga harus berprestasi di bidang akademik pada jenjang pendidikan sebelumnya. Calon penerima juga harus memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi yang ditunjukkan melakui  aktif dalam organisasi-organisasi yang diikuti. Bukan hanya aktif namun juga harus menunjukkan kreatifitas, inovasi, dan tetap patuh terhadap nilai dan norma.

Persyaratan beasiswa LPDP yang lainnya yaitu calon penerima harus memiliki karakter yang berkualitas. Karakter yang berkualitas merupakan awal dari pembentukan sumber daya manusia yang baik. Karakter yang berkualitas contohnya tangguh, ulet, pantang menyerah, selalu ingin tahu dan mengembangkan keilmuan, mampu bekerja sama maupun bekerja secara mandiri.

Karena beasiswa LPDP di tujukan untuk program Magister dan program Doktor, maka calon penerima yang menempuh pendidikan sambil bekerja, harus mendapatkan ijin resmi dari tempatnya bekerja. Selain itu, calon penerima pula harus melengkapi beberapa dokumen lain seperti surat keterangan sehat, surat keterangan berkelakuan baik dan beberapa dokumen penting lainnya. Dan perlu diingat sangat dilarang untuk memalsukan surat atau dokumen.

Baca Juga :  Beasiswa Dikti BPPDN untuk S2 dan S3 Dalam Negeri Deadline 30 Juni 2017

Setelah menempuh pendidikan baik di dalam negeri maupun diluar negeri, mau kembali ke Indonesia untuk mengabdi pada Negeri merupakan persyaratan beasiswa LPDP juga yang harus dipatuhi. Karena tujuan beasiswa ini untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas untuk kemajuan bangsa maka penerima harus kembali ke Indonesia. Selain itu penerima juga tidak boleh terlibat dalam kasus yang melanggar hukum.

Calon penerima pun wajib menulis essai yang bertema kontribusi bagi Indonesia. Persyaratan lain yaitu wajib memilih jurusan atau program studi yang telah ditentukan sesuai dengan aturan beasiswa LPDP.

Persyaratan beasiswa LPDP diatas dapat menjadi bekal untuk mempersiapkan diri. Selama mencoba.

3 thoughts on “Persyaratan Beasiswa LPDP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *