Perlu Kah Tes TOEFL/IELTS Bagi yang Sudah Kuliah/Sekolah Berbahasa Inggris?

Perlu Kah Tes TOEFL atau IELTS Bagi yang Sudah Kuliah/Sekolah Berbahasa Inggris?

Mau kuliah ke luar negeri? Syarat paling umum selain ijazah dan transkrip akademik adalah sertifikat bahasa Inggris. Biasanya diminta memenuhi standar tes TOEFL (paper-based, internet-based, atau computer-based) atau IELTS dan format lainnya yang setara.

Lalu, bagaimana jika peserta sudah tamat dari kuliah berbahasa Inggris? Jurusan Sastra Inggris misalnya, atau bidang lain dengan beberapa mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Atau, lulusan sekolah multi-bahasa. Masih perlu kah tes TOEFL/IELTS padahal kemampuan mereka seharusnya tidak perlu dipertanyakan lagi?

Jawabannya, tergantung. Saya menemukan beberapa informasi beasiswa luar negeri yang tidak meminta syarat tes TOEFL/IELTS jika peserta telah menempuh pendidikan dalam bahasa Inggris. Namun, tetap diminta bukti lewat surat keterangan atau pernyataan resmi dari insitusi pendidikan terkait (sekolah/kampus asal peserta).

Ada juga yang tidak sampai di situ saja. Kadang ada syarat kredit minimal mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Salah satu caranya dibuktikan lewat ijazah dan transkrip akademik yang menyatakan bahasa pengantar. Contohnya, mekanisme pendaftaran universitas di Swedia.

Ada pula yang mengacu pada jangka waktu studi berbahasa Inggris. Syarat di York University (Kanada) misalnya, membebaskan peserta dari tes bahasa Inggris apabila telah menempuh pendidikan yang diajarkan dalam bahasa Inggris selama dua tahun penuh di negara yang bahasa utamanya bukan Inggris.

Syarat akan bergantung lagi dengan apakah bahasa Inggris merupakan mata kuliah utama atau hanya pengantar saja. Bisa berbeda lagi jika dihubungkan dengan negara asal peserta atau tempat studi sebelumnya misalnya apakah dari Uni Eropa, Indonesia, atau lainnya.

Pada intinya, pelamar harus cek dan ricek lagi persyaratan dalam setiap program beasiswa. Selain itu, cek juga syarat di masing-masing universitas dan program studinya, karena kriterianya bisa lebih spesifik.

Baca Juga :  Cara Mendafar Orange Tulip Scholarship untuk Beasiswa ke Belanda

Kebijakan setiap penyelenggara akan berbeda meski dari negara yang sama. Tidak menutup kemungkinan, tetap ada syarat tes kesetaraan bahasa untuk mendaftar sebuah beasiswa atau kuliah di luar negeri.

Tags: #tips beasiswa #tips kuliah

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
Deposit Visa untuk Kuliah di Jerman
Ada hal yang sering terlewatkan di benak
Pastikan 4 Hal Ini Sebelum Mengurus Visa Pelajar di Jerman
Punya mimpi kuliah di Jerman? Kamu harus
[mashshare]

Leave a reply "Perlu Kah Tes TOEFL atau IELTS Bagi yang Sudah Kuliah/Sekolah Berbahasa Inggris?"

Must read×

Top