Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Universitas Airlangga (Unair) Surabaya 2017-2018

By | December 28, 2016

Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Universita Airlangga (Unair) Surabaya 2017-2018

screenshot_287

A. Registrasi Akun Pendaftaran

Sebelum melakukan pengisian formulir pendaftaran online, Anda diwajibkan mempunyai akun pendaftaran. Akun ini akan digunakan sebagai login untuk masuk ke dalam Sistem Pendaftaran Online Universitas Airlangga. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1.  Buka web pendaftaran Universitas Airlangga : http://pendaftaran.unair.ac.id.
  2.  Klik menu Registrasi
  3. Setelah tampilan muncul, kemudian isikan Nama, No Telp / HP (disarankan HP), Email, Password yang diinginkan. Email & Password ini akan digunakan untuk login.
  4.  Klik tombol [Registrasi], maka setelah beberapa saat Anda akan menerima email notifikasi untuk verifikasi email.
  5.  Proses registrasi akun pendaftaran sudah selesai, anda hanya cukup melakukan proses ini sekali saja. Akun pendaftaran ini masih belum bisa digunakan untuk sebelum Anda melakukan verifikasi pada email anda.
  6. Untuk melakukan verifikasi, buka inbox email Anda dan pastikan anda mendapatkan email seperti ini : Kemudian klik link seperti pada gambar yang dilingkari, maka anda sudah bisa menggunakan akun registrasi untuk login. Catatan : Terkadang email tidak langsung masuk ke Inbox, tetapi ke folder Bulk/Spam, silahkan cek di folder tersebut apabila di folder Inbox tidak ada.

Kemudian klik link seperti pada gambar yang dilingkari, maka anda sudah bisa menggunakan akun registrasi untuk login. Catatan : Terkadang email tidak langsung masuk ke Inbox, tetapi ke folder Bulk/Spam, silahkan cek di folder tersebut apabila di folder Inbox tidak ada.

B. Pengisian Formulir Pendaftaran dan Upload Berkas Persyaratan

Pengisian formulir pendaftaran online langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka web pendaftaran Universitas Airlangga : http://pendaftaran.unair.ac.id
  2. Login menggunakan akun registrasi dengan Email & Password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah login, tampilan pertama adalah alur proses pendaftaran yang harus ditempuh seorang peserta. – Jika belum mempunyai akun registrasi ikuti proses “A. Registrasi Akun Pendaftaran”
  3.  Ikuti langkah ke-1 yaitu pemilihan jenjang seleksi dengan cara klik menu atas Pendaftaran -> Pemilihan Penerimaan.
  4. Pilih penerimaan yang diinginkan, kemudian klik [Daftar].
  5. Kemudian piih jenis formulir / jenis jurusan (IPA/IPS/IPC), setelah dipilih klik [Simpan]. Maka akan muncul tampilan formulir pendaftaran.
  6.  Isi formulir sesuai data diri Anda, dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah selesai terisi semua klik [Simpan].
  7.  Setelah mengisi formulir pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah mengupload berkas persyaratan. Untuk mengupload berkas persyaratan klik menu Pendaftaran -> Upload Berkas.
  8.  Upload satu-persatu file syarat yang dibutuhkan, perhatikan juga peringatan tentang syarat file yang bisa diupload beserta informasi materai yang harus dipakai untuk berkas pernyataan. Setelah diupload semua, kemudian klik tombol [Submit untuk diverifikasi].
  9.  Proses pengisian formulir dan upload file persyaratan sudah selesai. Anda tinggal menunggu hasil verifikasi oleh panitia penerimaan. Hasil verifikasi akan diinformasikan melaui email dan sms ke nomer yang telah diisikan pada saat pengisian form. Atau anda juga bisa mengecek secara periodik di menu Verifikasi -> Hasil Verifikasi. Peringatan : Setelah dokumen terverifikasi, Anda tidak dapat melakukan perubahan pilihan program studi meskipun Anda masih bisa melakukan perubahan isian formulir pendaftaran.
Baca Juga :  Ini Nih, Daftar Universitas Bergengsi buat Kamu yang Ingin Mendaftar Beasiswa

C. Pembayaran Voucher dan Cetak Kartu Ujian

Setelah proses verifikasi selesai, Anda bisa melakukan pembayaran voucher ke bank Mandiri dengan melihat kode voucher dan besar biaya yang harus dibayarkan di menu Verifikasi -> Kode Voucher. Pembayaran voucher ini dilakukan untuk mendapatkan pin voucher sebagai syarat untuk bisa mencetak kartu ujian.

Setelah melakukan pembayaran di bank, anda akan menerima pin voucher yang bisa digunakan untuk mencetak kartu ujian melalui menu di halaman pendaftaran Verifikasi -> Cetak Kartu. Catatan : Pembayaran voucher bisa dilakukan melalui Teller bank, ATM atau eBanking.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *