Pastikan 4 Hal Ini Sebelum Mengurus Visa Pelajar di Jerman

By | January 15, 2017

Punya mimpi kuliah di Jerman? Kamu harus tahu banyak informasinya termasuk soal visa pelajar. Kapan harus mencari tahu? Jawabannya: sekarang.

Kenapa? Supaya tahu berapa banyak waktu yang harus disiapkan dan dokumen apa saja yang harus dibawa. Jangan sampai kembali lagi karena berkas tidak memenuhi syarat. Dilansir dari laman Study in Germany, Pastikan 4 hal ini sebelum mengurus visa pelajar di Jerman.

Mengurus Visa Sedini Mungkin

Pastikan kamu tahu alur mengurus visa di Jerman. Cari info berapa lama waktu yang diperlukan. Mulai mengurus visa dalam waktu yang cukup (tepat). Proses pengajuan visa di Jerman bisa memakan waktu beberapa bulan, sedangkan kamu tidak bisa mulai studi tanpa visa yang sah.

Pastikan Jenis Visa Sudah Benar

Cari tahu rincian jenis visa pelajar di Jerman dan bagaimana visa tersebut bisa digunakan. Visa kursus bahasa dan turis tidak bisa dikonversi ke visa pelajar. Jangan gunakan visa turis untuk kepentingan studi di Jerman. Jika jenis visa kamu salah, kamu harus kembali ke Indonesia untuk membuat visa yang benar.

Jika ingin kuliah sambil kerja, pastikan jenis visa kamu mengijinkan kegiatan tersebut. Cek juga berapa durasi jam kerja yang diperbolehkan. Ada dua tipe visa pelajar di Jerman:

Student Applicant Visa

Jika kamu belum diterima di universitas atau lembaga pendidikan lainnya, kamu bisa gunakan jenis visa ini. Dokumen tersebut berlaku selama tiga bulan yang memungkinkan kamu mengurus persyaratan pendaftaran ke kampus di Jerman. Kalau waktunya tidak cukup, kamu bisa memperpanjang visa sampai maksimal enam bulan.

Student Visa

Setelah diterima di institusi pendidikan Jerman, kamu harus mengurus visa pelajar tipe ini. Biasanya, masa berlaku visa pelajar tersebut ialah tiga bulan. Sepanjang waktu itu kamu bisa mengurus ijin tinggal ke Alien Registrasi Office.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Ditulis dalam Personal Statement

Pastikan Jadwal Berangkat Sudah Tepat

Cari tahu berapa waktu yang kamu perlukan untuk mengurus kuliahmu di Jerman. Bukti telah teregistrasi (enrolled) merupakan syarat mengajukan ijin tinggal untuk studi di Jerman.

Pastikan Paspor Kamu Sudah Benar

Perhatikan masa berlaku paspor kamu. Apakah paspor tersebut sudah cukup valid untuk dipakai selama kamu tinggal di Jerman? Jika masa berlaku paspor habis saat kamu masih di Jerman, kamu harus kembali ke Indonesia. Kamu harus memperpanjang masa berlaku paspor kamu di tanah air.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *