Mitos dan Fakta Beasiswa LPDP – Part 1 | IDBeasiswa

Mitos dan Fakta Beasiswa LPDP – Part 1

Beasiswa LPDP sekarang jadi salah satu yang populer di Indonesia. Bagaimana tidak, program tersebut menawarkan bantuan dana yang cukup besar ke berbagai jenjang, berbagai bidang, universitas terbaik, sampai tunjangan keluarga. Prosesnya pun tidak terlalu ribet karena aplikasi dikirim online. Kabar baiknya, pendaftaran beasiswa LPDP dibuka empat periode tiap tahun untuk menjaring sebanyak-banyak pelajar Indonesia.

Namun, masih ada yang pesimis atau menganggap remeh beasiswa LPDP. Meski dari pemerintah Indonesia, seleksi program ini tetap amat ketat. Program dana pendidikan tersebut tidak seperti yang dipikirkan banyak orang. Berikut mitos dan fakta beasiswa LPDP.

Mitos: Pengiriman Uang Tidak Tepat Waktu

Fakta:

Tidak seperti jenis program pemerintah yang satunya (bisa tebak?), uang beasiswa LPDP terbukti dikirim tepat waktu. Jadi, awardee tidak harus nombok dulu untuk sementara. Beberapa blog penerima beasiswa LPDP menekankan hal ini, salah satunya Benny Rhamdani  yang menerima 360 juta per tahun. Ada lagi Annisa Riani, penerima tahun 2013.

Mitos: Beasiswa LPDP Hanya untuk IPK Tinggi

Fakta:

Banyak beswan yang menuturkan sulit mengetahui kriteria seleksi beasiswa LPDP. Yang jelas, jika Anda mengira IPK jadi tolak ukur maka pikiran tersebut salah.

Dari pengalaman Satria Hardinata, beberapa yang lolos memang memiliki nilai akademik tinggi. Namun, ada juga yang IPK-nya rata-rata tapi punya skill organisasi dan public speaking yang bagus. Ada pula yang biasa saja tapi ada kemampuan nonakademis seperti bidang olahraga.

Jadi, tidak perlu pesimis atau terintimidasi dengan ‘rumput tetangga’. Fokus pada kelebihan dan sisi unik pribadi kita.

Mitos: Deadline Bisa Molor, kan Indonesia

Fakta:

Hai hai, anak Indonesia memang terkenal dengan jam karet (termasuk saya). Namun, jika kita sudah masuk ranah profesional, belum tentu begitu. Sama halnya dengan penyelenggara beasiswa LPDP. So, usahakan memasukkan aplikasi tepat waktu jika tidak ingin tereliminasi karena hal yang bisa dihindari.

Baca Juga :  Beasiswa Diploma dan S1 Dalam Negeri dari SAE Institute Deadline 31 Juli 2017 via Pos

Mitos: Beasiswa LPDP Bikin Galau untuk yang Sudah Menikah

Fakta:

Ini dia salah satu kelebihan beasiswa LPDP karena pelajar yang sudah menikah bisa membawa pasangannya saat kuliah di luar negeri. Pemerintah memberi tunjangan kepada beswan yang memiliki suami atau isteri.

Mitos: Kalau Salah, Bisa Diedit Lagi

Fakta:

Hati-hati saat melakukan pendaftaran online. Sebaiknya siapkan dulu konsep dan jangan mengisi saat sedang galau, panik, atau terburu-buru. Cek dan cek lagi. Beberapa data tidak bisa di-edit jika sudah disimpan.

Mitos: LoA Menentukan Kelulusan

Fakta:

Sudah atau belum mendapat LoA (Letter of Acceptance) tidak jadi penentu kelulusan. Toh dalam syarat hanya disebut ‘bila ada’. Pada beberapa kasus, ada pelamar yang sudah dapat LoA tapi tidak lolos beasiswa LPDP. Malah banyak juga yang belum dapat tapi berhasil mendapat dana pendidikan tersebut.

Namun, jika sudah dapat LoA, pelamar tidak perlu repot lagi mengurus dokumen ini setelah lolos beasiswa LPDP. Jika belum ada pun, bisa diberi kesempatan satu tahun untuk masuk ke universitas tujuan.

Hal berbeda dirasakan oleh Hadha Afrisal, awardee 2014. Menurutnya, LoA adalah salah satu bukti kuat bahwa pelamar layak memperoleh beasiswa. Secara pribadi, LoA juga meyakinkan diri sendiri bahwa siap kuliah di luar negeri. Dengan begitu, ia pun mantap melamar beasiswa LPDP karena berkasnya lebih lengkap.

But, perlu dicatat bahwa kebijakan ini bisa berubah. Jadi, cek dulu apakah LoA masih fleksibel atau sudah diwajibkan ada saat melamar beasiswa LPDP.

*Segmen Mitos dan Fakta Beasiswa LPDP akan terus dikembangkan seiring bertambahnya artikel pengalaman alumni yang saya baca. Karena itu, topik ini saya bagi ke berbagai part. Silahkan update di tag beasiswa LPDP situs ini.

Baca Juga :  Pertanyaan Wawancara Beasiswa LPDP yang Tidak Terduga

Tags: #beasiswa #beasiswa dalam negeri #beasiswa lpdp #beasiswa luar negeri #kuliah di luar negeri #LoA #tips beasiswa

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
Cara Mendapatkan Beasiswa Djarum Plus (Djarum Beasiswa Plus)
Cara Mendapatkan Beasiswa Djarum Plus (Djarum Beasiswa Plus)
Beasiswa Djarum Plus cukup terkenal, selain karena
Aplikasi Android Info Beasiswa S1 S2 dan S3 Terbaru
Aplikasi Android Info Beasiswa S1 S2 dan S3 Terbaru
Dengan adanya aplikasi android Info Beasiswa Terbaru
Beasiswa Konferensi Internasional APPAM di Belgia Deadline 28 Februari 2017
Beasiswa Konferensi Internasional APPAM di Belgia Deadline 28 Februari 2017
Rebut beasiswa konferensi internasional di Belgia yang
Alur Dan Informasi Seleksi Proposal Riset Inovatif Produktif (RISPRO) LPDP 2017
Alur Dan Informasi Seleksi Proposal Riset Inovatif Produktif (RISPRO) LPDP 2017
Seleksi Administratif Seleksi Substansi Melalui Desk Evaluasi
  1. Mitos dan Fakta Beasiswa LPDP - Part 2 | IDBeasiswa1 year ago

    […] Part 1, saya menuturkan berbagai mitos dan fakta beasiswa LPDP. Seiring bertambahnya referensi, segmen […]

    Reply
  2. author

    yulianto1 year ago

    saya sudah mengisi pendaftaran online tetapi ada kesalahan di tahun lahir saya dan tidak dapat diubah lagi. bagaimana solusinya?

    Reply
  3. author

    yulianto1 year ago

    saya sudah mengisi pendaftaran online tetapi ada kesalahan di tahun lahir saya dan tidak dapat diubah lagi. bagaimana solusinya? terimakasih

    Reply

Leave a reply "Mitos dan Fakta Beasiswa LPDP – Part 1"

Must read×

Top