Mengenal Sistem Beasiswa Jerman

By | October 24, 2015

Beasiswa Jerman jadi salah satu yang favorit di Indonesia. Negara Bir itu termasuk tujuan idola untuk kuliah di luar negeri. Selain biaya pribadi dan orang tua, ada beasiswa atas kerja sama Indonesia dan Jerman. Dana pendidikan tersebut juga ditawarkan oleh berbagai institusi. Jika Anda ingin mengenal sistem beasiswa Jerman, berikut ulasannya.

Mencari Pilihan Beasiswa Jerman

Dukungan finansial untuk kuliah di Jerman datang dari berbagai lembaga. Coba cek DAAD scholarship database untuk mencari berbagai beasiswa Jerman. Anda bisa menentukan pencarian berdasarkan program, kota atau wilayah, dan jurusan.

Informasinya mencakup beasiswa Jerman untuk mahasiswa internasional, sarjana, scientist, penelitian, hingga tugas mengajar. Database tersebut tidak hanya berasiswa Jerman dari DAAD tetapi juga institusi lainnya.

Jenis-Jenis Beasiswa Jerman

Financial Scholarship

Beasiswa Jerman jenis ini memberi bantuan keuangan yang jumlahnya telah ditentukan. Pembayaran dilakukan tiap bulan selama periode beasiswa. Biasanya, dana pendidikan ini berupa beasiswa penuh yang mencakup biaya hidup. Program tersebut biasanya tidak dapat dibarengi dengan beasiswa lain (non-stackable).

Ada juga financial scholarship berupa beasiswa parsial yang mana, biaya yang diberikan hanya sebagian dari uang kuliah, sepenuhnya tanpa biaya hidup, atau biaya hidup saja. Sisa kebutuhan studi harus dicari dari sumber lain misalnya financial aid, kompetisi, kerja paruh waktu, student loan, dan lain-lain.

Non-monetary Scholarship

Selain dana studi, beswan juga hadir di pelatihan, konferensi, dan berbagai kegiatan lain untuk membentuk networking dengan penerima beasiswa lainnya. Umumnya, beasiswa Jerman jenis ini bertujuan membentuk hubungan jangka panjang antara beswan dengan institusi tertentu.

Lembaga Pemberi Beasiswa Jerman

Ada enam jenis institusi yang menawarkan beasiswa Jerman, sebagai berikut.

Baca Juga :  Tips Lolos Seleksi Beasiswa LPDP 2016

Lembaga Berafiliasi Partai

Lembaga ini erat kaitannya dengan partai yang duduk di German Budestag (parlemen). Penyelenggara berharap beswan melakukan sosialisasi pandangan politik partai tersebut.

Organisasi Beroritentasi Bisnis

Penerima beasiswa Jerman dari organisasi ini bisa memilih jurusan atau topik riset yang mengusung nama lembaga pemberi.

Pemerintah Federal Jerman

Beasiswa yang ditawarkan biasanya berorientasi pada ekonomi dan prestasi. Untuk mengajukan beasiswa Jerman ini, pelamar harus diterima dulu di universitas. Syarat umumnya ialah pelamar harus memenuhi kualifikasi yang lebih tinggi.

Lembaga Sosial

Beasiswa Jerman dari lembaga ini biasanya menekankan pada prestasi yang tinggi dan kendala ekonomi. Dana pendidikan akan diberikan pada pelamar yang berkomitmen menggunakan ilmu dan skill-nya untuk negara asal.

Lembaga Riset

Beasiswa Jerman dari lembaga riset berupa penghargaan (award) untuk para ilmuwan. Dukungan finansial ini diberikan oleh German Research Foundation dan Alexander von Humboldt Foundation

Organisasi Pelajar

Program tersebut dilaksanakan oleh para relawan. Berbagai pelajar membantu pelajar lainnya untuk mendapat donator atau lembaga pendanaan. Bantuan yang diperoleh bisa menyokong kunjungan ke Jerman atau tinggal di sana.

Sayangnya, DAAD scholarship database tidak menyediakan daftar beasiswa Jerman yang lengkap. Masih banyak program lain yang begitu spesifik sehingga tidak ada di dalamnya. Begitu juga dengan beasiswa Jerman yang bernilai kecil. Karena itu, cari juga dari sumber lainnya.

Sebagian konten ini diterjemahkan dari Study in Germany: Finance Your Studies with a Scholarship.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *