Mengenal Istimewanya First Generation College Student, Apa Itu?

Mengenal Istimewanya First Generation College Student, Apa Itu?

Pertama kali saya temukan istilah first generation  di sebuah website internasional. Saya penasaran saja karena sebutannya cukup asing tapi spesial bagi beberapa program beasiswa. Ternyata eh ternyata ada banyak anak Indonesia yang termasuk dan akan menjadi first generation college student, termasuk saya.

Apa Itu First Generation College Student?

Sebutan ini banyak saya temukan di situs-situs pendidikan Amerika. Definisi umumnya, first generation adalah generasi pertama dalam keluarganya yang mengenyam pendidikan tinggi. Artinya, kedua orang tua mereka belum pernah kuliah. Saya yakin banyak dari pembaca yang masuk kategori ini.

Dari Mana Asal Mereka?

First generation college student ada yang berasal datang dari keluarga berpendapatan rendah yang belum mampu membiayai kuliah secara swadaya. Keluarga mereka bisa saja ingin anaknya berpendidikan tinggi tapi tidak mampu secara finansial. Beberapa dari mereka punya keyakinan sehingga mau berusaha, tapi banyak juga yang pesimis duluan karena terbatasnya informasi. Saya pernah mendengar seorang anak sejak kecil diajari agar tidak berkeinginan kuliah oleh orang tuanya karena mereka tidak punya uang.

Siapa bilang first generation hanya dari keluarga kurang mampu? Mereka juga banyak dari keluarga yang tergolong mampu hanya saja budaya pendidikan tinggi dalam keluarganya masih kurang. Contohnya, prinsip keluarga yang memandang lebih baik langsung kerja, berdagang saja, atau mewarisi usaha orang tua dan tidak perlu capek-capek kuliah.

Masalah semacam itu juga rentan dialami anak perempuan karena perspektif lingkungan terhadap hak pendidikannya. Kadang mereka harus ‘melawan’ keluarga agar bisa kuliah.

Apa Motivasi Mereka?

Beberapa beasiswa dibuat khusus untuk first generation (umumnya tingkat undergraduate atau sarjana) karena mereka memiliki motivasi dan semangat yang kuat terhadap pendidikan tinggi, sehingga lebih serius belajar dan mengembangkan diri. Bahkan, ada kampus khusus menerima first generation college student di Amerika.

Baca Juga :  Apa Itu Master by Research?

Motivasi mereka kuliah macam-macam. Bisa karena ingin meningkatkan status sosial dan taraf hidupnya, didorong oleh kerabat atau pemerintah, ingin mendapat pekerjaan yang lebih baik, memang suka belajar, ingin menginspirasi anggota keluarga lainnya, memutus generasi tanpa pendidikan tinggi di keluarga mereka, atau membangun daerah asalnya. Tentu masih banyak alasan lain.

Bagaimana Mereka Kuliah?

Beruntung bagi mahasiswa generasi pertama yang didukung baik secara materi maupun non-materi oleh keluarganya. Namun, masih banyak yang harus membiayai kuliahnya sendiri dengan berbisnis atau kerja sambilan. Ada juga yang berjuang dengan jalur beasiswa.

Tantangan First Generation

Salah satu masalah yang dihadapi first generation  adalah kesulitan mengakses informasi. Mereka masih tidak paham tentang apa itu silabus, apa itu SKS, apa itu IPK, apa itu student day, apa itu karya ilmiah, apa itu skripsi, apa itu almamater, dan apa ini apa itu lainnya.

Pada bagian ini lah diperlukan peran orang yang pernah mengenyam pendidikan tinggi untuk membimbing first generation. Kadang, generasi pertama tersebut tidak sadar bahwa mereka layak dan mampu masuk di perguruan tinggi yang kualitasnya lebih baik. Namun, karena terbatasnya informasi, mereka salah memilih kampus atau jurusan. Ini pengalaman di sekitar saya.

Informasi yang saya maksud tidak hanya soal akademik, proses mendaftar, dan membiayai kuliah, tapi termasuk juga kegiatan di luar kuliah. Setidaknya, mereka bisa memilih melakukan sesuatu karena sudah tahu benar baik dan buruknya pilihan lain, bukan karena sama sekali tidak tahu. Sebagian first generation kurang percaya diri di lingkungan kuliahnya, apalagi kalau berkaitan dengan status sosial. Tantangan lain adalah mengatasi stres, culture shock,  dan homesick saat menjalani kuliah.

Baca Juga :  Apa Itu Letter of Acceptance (LoA)?

Fasilitas First Generation

Saya menemukan banyak situs internasional yang mewadahi first generation. Ada laman yang khusus membentuk jaringan agar saling menginspirasi dan memotivasi. Ada juga yang memberi pelatihan atau mentoring agar mahasiswa generasi pertama siap menghadapi dunia pendidikan tinggi. Saya baru menemukan satu komunitas mahasiswa generasi pertama di Indonesia, di sini.

Tags: #first generation #tips beasiswa #tips kuliah

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
Deposit Visa untuk Kuliah di Jerman
Ada hal yang sering terlewatkan di benak
Pastikan 4 Hal Ini Sebelum Mengurus Visa Pelajar di Jerman
Punya mimpi kuliah di Jerman? Kamu harus
[mashshare]

Leave a reply "Mengenal Istimewanya First Generation College Student, Apa Itu?"

Must read×

Top