Manfaat FAQ Informasi Beasiswa

By | November 28, 2016

Saya juga pernah di posisi ini, bertanya sesuatu pada admin atau pemegang kontak, tentang hal yang sudah tertera jelas di pengumumannya. Seharusnya saya baca dulu sampai habis, mencari sendiri, baru bertanya sesuatu yang spesifik pada petugas kontak.

Sebuah artikel yang ditulis seorang penerima beasiswa ke luar negeri menyadarkan saya. Intinya, bagaimana pemimpi bisa berjuang mendapat beasiswa kalau pada tahap dasar saja sudah berpangku tangan. Well, kita semua bisa berubah, karena pola pikir menentukan kita akan sukses atau tidak.

Apa Itu FAQ?

FAQ, kepanjangan Frequently Ask Question, artinya pertanyaan yang sering diajukan oleh pembaca. Biasanya ada di bagian atas, bawah, atau samping sebuah halaman website. Banyak laman informasi beasiswa yang menyarankan pemirsa membaca dulu ketentuan dan FAQ terkait program tersebut, baru menghubungi kontak tertera kalau ada pertanyaan spesifik. Beberapa situs secara gamblang menyebut kontak official hanya untuk konfirmasi jika ada error pada website pendaftaran atau pengiriman paket pos yang bermasalah.

Mengapa FAQ?

Pertama, akan ada banyak orang yang punya pertanyaam sama denganmu, karena itu lah ada halaman FAQ. Jadi, pihak official tidak perlu lagi menjawab pertanyaan satu per satu. Tenaga mereka bisa saja terbatas sehingga pembaca diharap bisa mandiri.

Lagi pula, memang buang waktu dan tenaga kan untuk menjawab puluhan pertanyaan yang sama? Penyelenggara beasiswa tentu berbeda dengan pedagang yang akan melayani semua pertanyaanmu. Jangan salahkan petugas kontak jika tidak melayani pertanyaan atau hanya memberi link yang harus kamu baca.

Manfaat FAQ

Ada positifnya mencari informasi beasiswa lewat FAQ. Selain pertanyaanmu terjawab, kamu bisa menemukan pertanyaan penting yang belum kamu sadari tapi sudah diajukan orang lain. Membaca FAQ juga lebih hemat waktu karena kamu tidak perlu menunggu balasan dari pihak official. Mungkin saja mereka hanya bekerja pada jam kantor.

Baca Juga :  4 Kesalahan Umum dalam Aplikasi Beasiswa

Metode seperti ini juga melatih kemandirian kita. Itu menunjukkan daya juang dan pola pikir kita yang gigih dalam meraih beasiswa. Bagaimana? Selalu semangat ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *