Lomba Esai Pelajar dari Cambridge University Deadline 1 Desember 2017

By | October 14, 2017

Bagi kamu siswa-siswi SMP/sederajat atau SMA/sederajat harus ikut lomba esai pelajar dari universitas paling top di dunia, University of Cambridge. Kenapa? Karena juaranya bakal mendapat beasiswa program summer di University of Cambridge, Inggris. Yuk cek info selengkapnya!

Detail Program

Lomba esai pelajar ini bernama Reach Cambridge Scholarship Essay Competition. Pemenangnya bakal mengikuti program summer di University of Cambridge selama beberapa minggu pada tahun 2018 nanti.

Juara Satu

Program Summer selama 3 minggu (dihadiahkan untuk maksimal 3 orang). Biaya pendidikan 100% ditanggung panitia.

Kategori ini bisa mengikuti bidang studi Program 1 (manajemen bisnis dan ekonomi, ilmu komputer dan matematika, ENGAU Grad 12 English, Teknik, bahasa Inggris, jurnalisme dan media, hukum, kedokteran dan sains, persiapan SAT, sastra dan seni pertunjukan Inggris, fisika dan astronomi, politik dan hubungan internasional, serta psikologi).

Juara Dua

Program Summer selama 2 minggu (dihadikan untuk maksimal 3 orang). Biaya pendidikan 100% ditanggung panitia.

Kategori kedua bisa mengikuti jurusan di Program 2 (bioteknologi, drama dan pertunjukan, manajemen bisnis dan ekonomi, bahasa Inggris, hukum, ilmu komputer dan matematika, kedokteran dan sains, fisika dan astronomi, serta psikologi). Selain itu, kamu juga bisa mengikuti jurusan di Program 3 ((bioteknologi, manajemen bisnis dan ekonomi, bahasa Inggris, sastra Inggris,fisika dan Teknik, politik dan hubungan internasional, serta psikologi.

CATATAN: Tapi, harus diingat ya, kalau kamu menang lomba ini bukan berarti kamu diterima sebagai mahasiswa University of Cambridge.

Komponen Beasiswa

Beasiswa yang diberikan pada juara lomba ini berupa biaya program summer GRATIS, meliputi:

  • Biaya pendidikan program summer.
  • Biaya tempat tinggal.
  • Biaya ekskursi (semacam studi banding).
  • Biaya kunjungan ke teater.
  • Biaya pelatihan.
  • Sebagian biaya makan.
Baca Juga :  Beasiswa Holland 2018 untuk S1 dan S2 di Erasmus University Deadline 31 Januari 2018

Jadi, beasiswa tersebut TIDAK TERMASUK biaya penerbangan, biaya makan-minum lainnya, asuransi, pajak, dan lain-lain. Tips dari mimin nih, kamu bisa cari dana tambahan dari pihak sekolah, pemerintah daerah, donor, perusahaan, lembaga sosial, jualan, atau menabung.

Persyaratan Peserta

Perhatikan apakah kamu termasuk dalam persyaratan berikut ini.

  • Pelajar berusia 15 – 17 tahun pada tanggal 1 Juli 2018.
  • Membuat esai asli karya sendiri, bukan kopi-paste (plagiat).

Persyaratan Esai

Esai yang kamu tulis (maksimal 1.000 kata) harus bisa menjawab pertanyaan dari University of Cambrigdge ini.

“Di jaman komunikasi dunia yang cepat dan mudah, apa arti interaksi tatap muka dan belajar dengan pelajar dari seluruh dunia?”

Interaksi tatap muka di sini maksudnya, komunikasi yang dilakukan dengan bertemu langsung tanpa lewat telepon atau internet. Cek juga makna dalam bahasa Inggrisnya ya, bagi yang belum paham, kamu bisa minta bantu ke guru bahasa Inggris.

“In an age of quick and easy global communication, what is the value of face-to-face interaction and learning with students from around the world?”

Esai seperti apa sih yang panitia mau? Esai dengan argumentasi yang hati-hati dan terstruktur dengan jelas, dan asli dari kamu.

Persyaratan Lainnya

  1. SURAT REKOMENDASI

Selain esai, kamu juga harus meminta Surat Rekomendasi yang resmi dari sekolah kamu. Surat ini harus menjelaskan mengapa kamu adalah peserta yang tepat untuk mendapat beasiswa ini, termasuk keistimewaan kamu dari sisi akademik (nilai).

Selain itu, surat ini juga harus menjelaskan kondisi keuangan keluarga kamu, misalnya apakah kamu sekolah dengan dibiayai beasiswa atau tidak. Nah, bagi yang sekolahnya harus bayar (misalnya SPP), panitia hanya akan menilai peserta yang Surat Rekomendasi-nya menyatakan bahwa ia sekolah dengan dibiayai beasiswa. Kalau menurut mimin idbeasiswa sih, potongan biaya SPP juga termasuk, untuk lebih jelasnya, hubungi pihak penyelenggara lomba ini.

  1. RAPOR
  2. FORMULIR PERNYATAAN (tertera di Formulir Pendaftaran).
Baca Juga :  Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Korea (Fully Funded) untuk Mahasiswa Deadline 7 Juli 2017

Cara Mendaftar

Minta bantuan guru atau orang tua kamu untuk memahami ketentuan dari University of Cambdridge di situs ini http://www.reachcambridge.com/terms-conditions. Kamu harus paham dulu dengan ketentuan itu baru kamu putuskan lanjut mendaftar atau tidak.

Nah, proses pendaftaran lomba esai pelajar ini sistemnya online. Ikut langkah-langkahnya:

  1. Kamu harus mengisi Formulir Pendaftaran dulu di http://www.reachcambridge.com/apply?scholarship=yes.
  2. Kamu masuk ke halaman pendaftaran selanjutnya, pilih “Scholarship” di bagian kiri.
  3. Kopi esai kamu pada kotak yang sudah disediakan dan jawab pertanyaan lainnya.
  4. Upload Surat Rekomendasi dari sekolah yang sudah di-scan.
  5. Lengkapi juga rapor dan isi Formulir Pernyataan (Declaration Form), serta informasi orang tua dan sekolah, pada kolom yang sudah disediakan.

Ingat ingat, pendaftarannya sampai tanggal 1 Desember 2017. Masih ada cukup waktu buat kamu membuat esai yang matang. Kamu juga harus mempelajari info selengkapnya di website resmi: http://www.reachcambridge.com/scholarship-essay-competition.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *