Langkah-Langkah Menulis Motivation Letter

By | September 27, 2015

Motivation letter merupakan syarat yang lumrah dalam mengajukan beasiswa. Bagian inilah yang menunjukkan serius atau tidaknya pelamar. Karena itu, ada cara khusus untuk menulis surat tersebut. Dilansir dari kompas.com, Marlindah JSA, lulusan Universitas Utrecht, Belanda mengungkapkan langkah-langkah menulis motivation letter.

Luangkan Waktu Sebelum Menulis Motivation Letter

Pertama, luangkan waktu untuk merenungkan hal-hal yang perlu kamu tulis dalam motivation letter. Temukan apa tujuan kamu dalam melamar beasiswa tersebut. Kamu juga harus mengetahui keterampilan apa yang kamu miliki.

Latar Belakang pada Motivation Letter

Putar kembali latar belakang yang pernah kamu tempuh. Latar belakang ini termasuk pendidikan atau program studi yang pernah kamu lalui. Pikirkan bagaimana latar belakang tersebut menjadikan kamu orang yang pantas menerima beasiswa incaran.

Tujuan Karier

Kamu harus tahu tujuan profesi yang ingin dicapai. Temukan kaitannya dengan program studi pada beasiswa yang sedang kamu lamar.

Rencana Karier

Mulai sekarang, rencanakan perjalanan karier kamu, khususnya setelah menerima beasiswa dan lulus dari program studi yang ingin kamu ambil. Tuliskan bagaimana program studi tersebut mendukung tercapainya rencana karier kamu.

Faktor Perguruan Tinggi

Kamu harus menuliskan mengapa memilih program studi yang kamu incar. Selain itu, jangan lupa jelaskan mengapa kamu memilih perguruan tinggi atau universitas tujuan.

Kontribusi

Marlindah menyarankan untuk membuat pernyataan terkait kontribusi yang bisa kamu berikan termasuk bagi program studi tujuan.

 

Baca Juga :  Konsultasi Essay Beasiswa di Indonesia Mengglobal

2 thoughts on “Langkah-Langkah Menulis Motivation Letter

  1. Pingback: 10 Tips Lolos Seleksi Beasiswa | IDBeasiswa

  2. Pingback: 10 Tips Lolos Seleksi Beasiswa – Colleger Radio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *