Kuliah di Luar Negeri Masih Bisa Melakukan Hobi

By | October 3, 2015

Kuliah di luar negeri memang menantang namun bukan berarti kita tidak bisa bersenang-senang. Jika pintar mengelola waktu dan keuangan, mahasiswa bisa saja menikmati hobinya. Hal ini kerap dilakukan oleh Adlina W.N. Ghaisani, mahasiswi program sarjana di International Business Managament School, Hanze University.

Agar tidak mudah stres, mereka yang kuliah di luar negeri juga perlu refreshing sesekali, misalnya dengan melakukan hobi. Adlina sendiri suka berolahraga di sela waktu luangnya. Ia pun memanfaatkan fasilitas yang dimiliki kampus untuk menyalurkan kegemarannya dalam hip-hop dance.

Untuk ini, perempuan tersebut harus menyisihkan 50 euro setiap tahun. Supaya bisa memperoleh semua ini, perantau perlu berhemat. Adlina menyiasatinya dengan memasak sendiri dan memanfaatkan berbagai diskon untuk mahasiswa internasional.

Begitu juga dengan Alvin Abraham Sihombing dari International Bussiness Management Study, Fontys University of Applied Science. Aktivitas studi dan tempat tinggal di wilayah perbatasan kadang membuatnya bosan. Agar tidak stres, kadang ia mengajak sesama mahasiswa Indonesia untuk bermain futsal. Sesekali, mereka juga jalan-jalan.

Bagi yang suka traveling bisa saja merambah negara tetangga. Fasilitas di Eropa cukup mudah, sangat memungkinkan untuk melancong ke negeri lainnya saat libur. Perjalanan bisa dicapai dengan kereta api. Tinggal menghitung berapa uang yang harus ditabung. Perlu diingat, bersenang-senang boleh saja namun bukan berarti hura-hura.

Baca Juga :  Cara Jadi Mahasiswa yang Banyak Bertanya di Kelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *