Kuliah di Belanda yang Tak Biasa

By | October 4, 2015

Siapa bilang studi ke luar negeri harus di kota-kota terkenal? Bagi yang ingin melanjutkan kuliah di Belanda mungkin akan memikirkan Amsterdam, Den Haag, atau Rotterdam. Demi menggapai impian di bidang studi favoritnya, ada mahasiswa Indonesia yang rela tinggal di pelosok Belanda. Bagaimana kisahnya kuliah di Belanda yang tak biasa?

Demi Wawasan Internasional

Mahasiswa nekat satu ini ialah Alvin Abraham Sihombing, yang sedang mengejar gelar sarjana di International Bussiness Management Study, Fontys University of Applied Sciences. Alvin memang sudah yakin memilih universitas yang terdapat di Venlo itu. Venlo merupakan wilayah perbatasan Belanda dengan Jerman.

Kampus tersebut menawarkan kesempatan untuk memperluas wawasan internasional Alvin melalui program study abroad. Program internship yang memungkinkan untuk kuliah sambil mengasah pengalaman kerja juga membuat Alvin tertarik. Selain itu, universitas ini juga menawarkan student competition.

Lebih Mandiri

Alvin memandang, hidup di Venlo akan membuatnya lebih mandiri dibanding hidup di kota besar. Ini karena ia harus menghadapi sulitnya mengakses fasilitas seperti toko bahan makanan. Tantangan hidup cenderung lebih tinggi karena sulit menemukan tempat makan yang murah.

Avlin pun hanya memiliki satu kawan sesama mahasiswa Indonesia di kampus ini. Untuk mengusir rasa bosan, ia membuat janji dengan perantau Indonesia di Arnheim saat liburan tiba. Dengan begitu, sesekali Alvin bisa jalan-jalan atau sekedar bermain futsal.

Dukungan Orang Tua

Rupanya, mental mandiri Alvin saat kuliah di Belanda ini tidak lepas dari dukungan orang tua. Ayah adalah salah satu pihak yang sangat mendukung keputusannya. Menurut beliau, anaknya harus berani menghadapi tantangan go internasional.

Baca Juga :  Tanyakan 4 Hal Ini pada Diri Sendiri Sebelum Memilih Beasiswa

One thought on “Kuliah di Belanda yang Tak Biasa

  1. Pingback: Tips Melawan Rasa Takut Kuliah ke Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *