Ketahui Alasan Memilih Negara Tujuan Kuliah ke Luar Negeri

By | October 6, 2015

Kuliah ke luar negeri jadi impian banyak orang. Mengakses pendidikan di dunia internasional memang memberikan pengalaman yang lebih dan peluang karir yang lebih besar. Namun, semua itu perlu direncanakan. Pertama, ketahui alasan memilih negara tujuan kuliah ke luar negeri, seperti yang disarankan para ‘ahli’ berikut.

Kuliah ke Luar Negeri Harus Benar-Benar Direncanakan

Dilansir dari laman kompas.com, Indy Hardono, Koordinator Beasiswa di Netherlands Education Support Office, menuturkan bahwa proses kuliah dengan beasiswa harus benar-benar direncanakan. Menurutnya, seseorang harus tahu apa alasan memilih sebuah negara untuk melanjutkan studi. Ini harus berawal di tahap awal perencanaan kuliah ke luar negeri.

Kalau Belum Tahu, Rencana Kuliah ke Luar Negeri Bisa Percuma

Kalau belum tahu, semua akan percuma, menurut Indy. Jika sudah tahu alasan mengapa Anda memilih sebuah negara, Belanda, misalnya, baru bisa melanjutkan tahap rencana yang lain seperti memilih universitas dan jalur beasiswa.

Pertanyaan tentang kenapa memilih suatu negara harus didahulukan dalam perencanaan. Pasti ada alasan untuk ini dan seseorang tentu bisa mengetahuinya.

Tujuan Kuliah ke Luar Negeri Juga Masuk Aplikasi

Lebih dari itu, alasan memilih negara tujuan kuliah ke luar negeri juga berpengaruh dalam teknis aplikasi. Marlindah JSA, alumni Universitas Utrecht, Belanda, menuturkan faktor ini dalam laman Indonesia Mengglobal. Alasan tersebut perlu ditulis dalam motivation letter yang menjadi syarat lamaran beasiswa.

Baca Juga :  Tips Assistantship

3 thoughts on “Ketahui Alasan Memilih Negara Tujuan Kuliah ke Luar Negeri

  1. Pingback: 3 Beasiswa S2 Asia yang Masih Buka Pendaftaran | IDBeasiswa

  2. Pingback: Alasan Kuliah di Luar Negeri yang Salah | IDBeasiswa

  3. Pingback: 12 Hal yg Harus Dipertimbangkan Soal Kuliah di Luar Negeri | IDBeasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *