Jadwal Pendaftaran Beasiswa BIDIKMISI 2017

By | January 11, 2017

BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan yang hanya ditujukan untuk calon mahasiswa tidak mampu (miskin)

Jadwal Pendaftaran Beasiswa BIDIKMISI 2017 

Tujuan Bidikmisi
  1. Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik;
  2. Memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma/Sarjana sampai selesai dan tepat waktu;
  3. Meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler;
  4. Menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetif;
  5. Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

JADWAL PENDAFTARAN BIDIKMISI TAHUN 2017

# Nama Kegiatan Dibuka Ditutup
1 Pendaftaran Sekolah 14 Januari 2017 01 September 2017
2 Pendaftaran Siswa 14 Januari 2017 01 September 2017
3 SNMPTN 18 Februari 2017 06 Maret 2017
4 Seleksi Mandiri PTN 25 Februari 2017 01 September 2017
5 PMDK-PN 25 Februari 2017 01 Mei 2017
6 SBMPTN 08 April 2017 05 Mei 2017
7 Seleksi Mandiri PTS 22 April 2017 01 September 2017
8 UMPN 04 Mei 2017 10 Juni 2017
Keterangan:
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu
Persyaratan untuk mendaftar tahun 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017;
  2. Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    a. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    b. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
    1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    3) Seleksi Mandiri PTN
    b. Politeknik, UT, dan ISI
    c. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

Untuk mendaftar Program Bidikmisi tahun 2017 silakan cek selengkapnya klik disini

Baca Juga :  JADWAL PENDAFTARAN BIDIKMISI TAHUN 2017 SNMPTN 18 Februari 2017

35 thoughts on “Jadwal Pendaftaran Beasiswa BIDIKMISI 2017

  1. Muhammad Riza Septiansyah

    Assalamu’alaikum.. Mohon maaf sblm nya, kl lulusan tahun 2014.. Masih bisa nggak. Usia baru masuk 20 th (september tadi) , makasih.. Mohon pertimbangan nya??

    Reply
    1. Lili Sayuri Yuni

      Mf sbelumnya, sya masih pnya kode akses dan password bidikmisi tahun 2016, apa masih bisa saya mnggunanakan password dan kode akses trsbut untk mndftr bidikmisi snmptn thn 2017 ini??
      Mohon pnjlsannya !

      Reply
      1. lian

        bisa utk diperbaharui kap bidikmisi nya, krna kalau peraturannya masih sperti tahun 2014/15, maka bisa dgunakan 2 kali yaitu ditahun lulus dan di satu tahun selanjutnya.. tapi bisanya ikut tes yg selain snmptn..
        semoga membantu, kalau ada salah kohon koreksinya 🙂

        Reply
      2. Pretty Olan

        Bisa kok.. Karena saya juga pake kode akses yang 2015 untuk masuk di tahun 2016. Kode tahun lalu diubah jadi ditahun ini di kolom siswa. Trus daftar kg deh melalui alumni. Kirakira demikan kurang lebihnya.
        #bantujawab

        Reply
      3. Pretty Olan

        Bisa kok.. Karena saya juga pake kode akses yang 2015 untuk masuk di tahun 2016. Kode tahun lalu diubah jadi ditahun ini di kolom siswa. Trus daftar lg deh melalui alumni. Kirakira demikan kurang lebihnya.
        #bantujawab

        Reply
      4. Rizki

        Saya lulusan tahun 2015 kemarin saya sudah melakukan pendaftaran / rekomendasi dari sekolah tapi saya tidak melakukan prosedur selanjutnya dan sekarang saya sudah berda di sebuah universitas semester 4 apa saya masih bisa daftar? Mohon respon nya.

        Reply
    2. Vianna A Fauzi

      Saya dulu lulusan SMA 2011, masuk kuliah tahun 2014, pas itu bimbang bgt pengen ikut daftar bidik misi tp kelulusan min 2012, dan wktu itu usia masih 20 lebih dikit. Akhirnya dg tekat yg kuat sya mencoba daftar bisikmisi, dan alhamdulillaah memang rezeki gak kemana, saya diterima.

      Reply
  2. Khoirotun Nicemah

    Ini infonya apa sudah valid?
    Di tabel memang 2017, tapi judulnya menyebutkan 2016.
    Tolong dikonfirmasi, agar tdk ada miss komunikasi.

    Reply
    1. anggun

      Sepertinya sudah. Mengingat jadwal input pdss sdh mulai tgl 14 januari 2017

      Reply
    1. anggun

      Coba tanya ke bagian akademik. Biasanya beberapa univ ada penerima BM yg mengundurkan diri dan diganti oleh yg berhak

      Reply
  3. Asni Martalia

    Gmna kalau gk punya Kartu KPS/KIP padahal saya siswa tidak mampu???

    Reply
  4. riska

    maaf, sy mau tanya. klw siswa lulusan 2016 bs ikut beasiswa ini tdk ? mhon info nya.. terimkasih

    Reply
  5. nur haliza

    Bagaimna kalu kedua orang tua kita tamat SD saja,tapi aku ingin kuliah dengan bantuan beasiswa.

    Reply
  6. dwi saiftri

    Mau tanya, pendapatan maximal gabungan ortu 3 juta?
    Kalau hanya ibu yg lebih dari 3 jt berarti di tolak ya?

    Reply
  7. Dina

    Itu maksud persyaratan no.7 gimana? Brarti kita cuman bisa daftar sekali aja gitu? Misalnya kita ambil untuk bidik misi snptn? Terus kalau kita gak jebol yg snptn apakah bisa daftar bidik misi lagi melalui sbm? Mohon infonya

    Reply
  8. Fathul Jannah

    kalau ga punya kartu indonesia pintar atau penerima bsm tetapi memang ga mampu gimana? atau bisa diganti dengn keterangan tidak mampu? apakah tetap bisa lolos bidikmisi?? mohon infonya

    Reply
  9. Witty

    kak aku juga punya KIP Kartu indonesia pintar… Umur saya baru 19 tahun …aku masih bsa daftar nggak..

    Reply
  10. NUR LAYLI MAULIDAH

    kalau pendidikan orang tua hanya sampai di SD/MI gimana ?

    Reply
  11. wahyu kamal

    jika sudah masuk universitas, mau mengambil bidik misi gemana carany??

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *