Jadwal Pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2017

By | January 18, 2017

Jadwal pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2017 sudah terbit.  Kedua istilah ini adalah cara masuk universitas impian kamu. SNMPTN ialah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, sedangkan SBMPTN ialah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Kedua seleksi tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; serta Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Lalu, apa bedanya SNMPTN dan SBMPTN 2017?

SNMPTN adalah seleksi menurut prestasi akademik. Proses tersebut dilakukan oleh setiap Perguruan Tinggi Negeri dengan sistem yang terpadu dan serentak. Seleksi ini berada di bawah koordinasi panitia dari pusat. Peserta SNMPTN tidak dipungut biaya alias gratis karena pemerintah menanggung biaya pelaksanaan SNMPTN. Peserta SNMPTN dari keluarga kurang mampu dan diterima Perguruan Tinggi Negeri memiliki peluang memperoleh Beasiswa Bidikmisi.

SBMPTN merupakan seleksi menurut ujian tertulis. Tes tersebut dilakukan dalam bentuk cetak atau disebut juga paper based testing. SBMPTN juga bisa dilakukan dengan komputer atau disebut juga computer based testing. Bentuk ujiannya bisa juga kombinasi dari ujian tertulis dan tes keterampilan. SBMPTN dilakukan secara bersama dan berada di bawah koordinasi panitia pusat.

Pembiayaan SBMPTN dibebankan kepada peserta dan Kemnterian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Karena itu, peserta SBMPTN akan dipungut biaya. Namun, peserta dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi akademik tinggi bisa mengajukan bantuan dana pendidikan Bidikmisi.

SNMPTN dilaksanakan lebih dulu baru SBMPTN sehingga jika tidak lulus SNMPTN, peserta bisa ikut SBMPTN. Berikut kami uraikan informasi umum dan jadwal pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2017 satu per satu.

PELAKSANAAN SNMPTN 2017

INFORMASI SNMPTN 2017

Secara umum, SNMPTN 2017 bertujuan untuk memberi kesempatan pada calon mahasiswa (dari sekolah dalam dan luar negeri) yang berprestasi agar bisa menempuh studi di Perguruan Tinggi Negeri. Selain itu, program ini juga memberi peluang kepada Perguruan Tinggi Negeri untuk memperoleh calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tinggi.

Ketentuan Umum SNMPTN 2017

Peserta SNMPTN harus memahami ketentuan umum berikut ini.

  • SNMPTN adalah pola seleksi nasional menurut prestasi akademik berdasarkan rapor semester 1 – 5 untuk SMA/SMK/MA/sederajat dengan masa belajar 3 tahun. Untuk sekolah (SMK) dengan masa belajar 4 tahun, prestasi akademik dibuktikan dengan rapor semster 1 – 7 dan portofolio akademik.
  • Pangkalan Data Sekolah dan Siswa selanjutnya disingkat PDSS adalah basis data yang memuat rekam jejak kinerja sekolah serta prestasi akademik siswa.
  • Bagi sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN 2017 harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisi data prestasi siswa pada sistem PDSS.
  • Peserta SNMPTN harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), prestasi yang unggul, dan rekam jejas prestasi akademik di sistem PDSS.
  • Siswa yang ingin mengikuti SNMPTN wajib mempelajari informasi penerimaan mahasiswa baru pada pusat informasi di Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih siswa tersebut.

Ketentuan Khusus

Syarat Sekolah

SMA/SMK/MA/Sederajat (dalam atau luar negeri) harus memiliki NPSN dan sudah mengisi data di PDSS. Data tersebut harus lengkap dan benar.

Syarat Siswa

Siswa dari sekolah yang memenuhi syarat di atas, harus berada di kelas terakhir pada tahun 2017, dan memenuhi syarat-syarat berikut ini.

  1. Mempunyai prestasi yang unggul, dalam arti peserta termasuk peringkat terbaik di sekolahnya. Proses pemeringkatan dilaksanakan oleh Panitia Pusat. Ketentuan menurut akreditasi sekolah:
  • Akresitasi A, 50% terbaik di sekolahnya.
  • Akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya.
  • Akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya.
  • Belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
  1. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.
  2. Memiliki nilai rapor (sesuai ketentuan umum di atas) yang telah diisikan pada sistem PDSS.
  3. Memenuhi syarat-syarat dari Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih peserta (cek di pusat informasi penerimaan mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi Negeri yang kamu pilih).
Baca Juga :  Pertukaran Mahasiswa digalangkan Oleh Politeknik Negeri Seluruh Indonesia

Penerimaan di Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2017)

Peserta SNMPTN 2017 dinyatakan diterima pada Perguruan Tinggi Negeri apabila:

  • Telah lulus satuan pendidikan.
  • Telah lulus SNMPTN 2017.
  • Telah lulus verifikasi data dan memenuhi syarat-syarat dari Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih peserta.

Tahap-Tahap SNMPTN 2017

Untuk mengikuti SNMPTN 2017, sekolah dan siswanya memenuhi tahapan berikut.

Proses Mengisi dan Verifikasi PDSS

  1. Kepala Sekolah atau pihak yang ditugasi oleh Kepala Sekolah melakukan pengisian data sekolah dan siswa di sistem PDSS lewat halaman http://pdss.snmptn.ac.id.
  2. Kepala Sekolah atau pihak yang ditugasi oleh Kepala Sekolah memperoleh password yang akan dipakai oleh siswa dalam proses verifikasi.
  3. Siswa melakukan proses verifikasi data rekam jejak prestasi akademik atau nilai rapor yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau pihak yang ditugasi oleh Kepala Sekolah. Pada tahap ini, siswa memakai NISN dan password.
  4. Jika siswa tidak melakukan proses verifikasi maka data yang telah diisikan dianggap benar serta tidak bisa diubah apabila waktu verifikasi sudah ditutup.

Proses Pemeringkatan

Proses pemeringkatan dilaksanakan oleh panitia pusat berdasarkan nilai pada mata pelajaran berikut ini.

  • Jurusan IPA mencakup Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Jurusan IPS mencakup Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa mencakup Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan satu Bahasa Asing.
  • Untuk SMK mencakup Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian, yaitu Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan.

Siswa yang memenuhi syarat pada proses pemeringkatan ini akan diperbolehkan mendaftar SNMPTN 2017.

Cara Mendaftar SNMPTN 2017

Setelah memenuhi syarat, peserta bisa mendaftar SNMPTN 2017 dengan langkah-langkah berikut.

  1. Peserta yang memenuhi syarat pemeringkatan, memakai NISN, dan password login ke halaman SNMPTN 2017 melalui http://www.snmptn.ac.id .
  2. Peserta mengisi biodata, Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih, program studi yang dipilih, dan mengunggah (upload) pasfoto resmi yang terbaru, serta dokumen prestasi tambahan jika ada.
  3. Peserta yang mendaftar pada program studi seni dan olahraga wajib mengunggah (upload) portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang sudah disahkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan pedoman di http://www.snmptn.ac.id (dapat diunduh/download).
  4. Peserta mencetak Kartu Bukti Pendaftaran yang menjadi tanda bukti sebagai peserta SNMPTN 2017.

Batas Jumlah Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi SNMPTN 2017

Ketentuan terkait jumlah Perguruan Tinggi Negeri dan Program studi yang dipilih pesert SNMPTN 2017 sebagai berikut.

  • Peserta bisa memilih maksimal 2 Perguruan Tinggi Negeri.
  • Jika memiliki 1 Perguruan Tinggi Negeri, peserta bebas memilih lokasinya.
  • Jika memilih 2 Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya harus berlokasi di provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA/Sedejarat asalnya.
  • Peserta bisa memilih maksimal 3 program studi, dimana, 1 Perguruan Tinggi Negeri maksimal 2 program studi.
  • Urutan pilihan dianggap sebagai prioritas peserta.
  • Lulusan SMK hanya boleh memilih program studi yang berkaitan dan ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.
Baca Juga :  Apa Itu Master by Research?

Daftar program studi dan daya tampungnya untuk SNMPTN 2017 bisa dilihat pada http://www.snmptn.ac.id.

Prinsip dan Tahap Seleksi

Prinsip SNMPTN 2017 sebagai berikut.

  • Memperoleh calon mahasiswa berkualitas dalam akademik (berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik lainnya yang berkaitan dengan program studi).
  • Mempertimbangkan rekam jejak kinerja sekolah.
  • Memakai kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditentukan oleh Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih peserta, berdasarkan prinsi adil, akuntabel, dan transparan.

Tahap SNMPTN 2017 sebaga berikut.

  • Seleksi di Perguruan Tinggi Negeri pilihan pertama menurut urutan pilihan program studi.
  • Bagi yang memilih 2, jika tidak lulus di Peguruan Tinggi Negeri pertama maka akan diseleksi pada Perguruan Tinggi Negeri kedua menurut ururan program studi dan daya tampung.

JADWAL SNMPTN 2017

Tahap pelaksanaan berdasarkan jadwal SNMPTN 2017 berikut.

Pengisian PDSS: 14 Januari – 10 Februari 2017                                                        

Verifikasi PDSS: 15 Januari – 12 Februari 2017          

Pendaftaran SNMPTN: 21 Februari – 6 Maret 2017 

Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN: 14 Maret – 14 April 2017

Proses Seleksi: 15 Maret – 15 April 2017

Pengumuman Hasil Seleksi: 26 April 2017

Proses verifikasi dokumen dan atau daftar ulang di Perguruan Tinggi Negeri untuk peserta yang lulus seleksi, yaitu tanggal 16 Mei 2017.

Halaman tekait:

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) –SNMPTN 2017

Informasi resmi SNMPTN 2017 lihat di Halaman Resmi SNMPTN

Jika ada pertanyaan bisa diajukan ke Halo SNMPTN  atau call center 08041 – 450 – 450

Alamat Panitia Pusat SNMPTN 2017

Gedung dr. Prakosa (Lt.2)
Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami No 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp. 0271-7890329, Fax. 0271-636268
Email: [email protected]

PELAKSANAAN SBMPTN 2017

Jika tidak memenuhi syarat atau tidak lulus pada SNMPTN 2017, kamu masih bisa ikuti SBMPTN 2017. Berikut kami uraikan informasi umum dan jadwal pelaksanaannya.

INFORMASI UMUM SBMPTN 2017

Secara umum, SBMPTN 2017 bertujuan untuk menyeleksi peserta yang diprediksi bisa menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri dengan baik. SBMPTN juga bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta untuk memilih lebih dari satu Perguruan Tinggi Negeri lintas-wilayah.

Persyaratan SBMPTN 2017

Syarat Pendaftaran

Peserta yang ingin mengikuti SBMPTN 2017 harus memenuhi syarat berikut.

  • Peserta lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat dan Paket C pada tahun 2015 dan 2016 harus mempunyai ijazah.
  • Peserta lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat dan Paket C pada tahun 2017 harus sudah mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijazah Paket C. Surat Keterangan Lulusa tersebut minimal mencakup informasi jati diri dan foto terbaru peserta dan diberi cap yang sah.
  • Kondisi kesehatan peserta memadai sehingga dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan lancar pada program studinya.

Syarat Penerimaan

Peserta akan diterima jika memenuhi syarat:

  • Lulus pendidikan menengah
  • Lulus SBMPTN 2017
  • Sehat
  • Memenuhi syarat-syarat dari Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih peserta

Proses Pendaftaran SBMPTN 2017

Bagi yang ingin mendaftar SBMPTN 2017 harus memenuhi tahap-tahap berikut.

  1. Melakukan pendaftaran SBMPTN 2017 secara online. Sebelum mendaftar, baca lebih dulu tata cara pendaftaran di http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Tata cara terkait pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan bisa diunduh atau di-download pada http://download.sbmptn.ac.id. Dokumen tersebut baru bisa diakses dari tanggal 4 April 2017.
  3. Proses pendaftaran ujian tertulis (paper-based testing) dan ujian berbasis komputer (computer-based testing) dilakukan secara online dan akan dibuka pada tanggal 11 April 2017 jam 08.00 WIB sampai tanggal 5 Mei 2017 jam 22.00 WIB. Pendaftaran computer-based testing akan dittutup jika kuota sudah terpenuhi.
Baca Juga :  Pertukaran Mahasiswa digalangkan Oleh Politeknik Negeri Seluruh Indonesia

Jenis Ujian SBMPTN 2017

Materi Ujian Tertulis (paper-based atau computer-based testing) meliputi:

  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TPA)
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknolog (TKD Saintek), yaitu Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum), yaitu Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Untuk peserta yang memilih program seni dan olahraga, harus mengikuti ujian keterampilan, dengan materi sebagai berikut.

  1. Ujian keterampilan seni rupa meliputi tes menggambar serta tes pengetahuan dan wawasan seni rupa.
  2. Ujian keterampilan seni musik meliputi tes musikalitas, praktik instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (wawancara).
  3. Uji keterampilan seni tari meliputi tes tari bentuk, tes kreativitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (wawancara).
  4. Uji keterampilan seni drama atau teater meliputi tes praktik monolog, tes pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama atau teater (wawancara).
  5. Ujian keterampilan olahraga meliputi tes kesehatan dan keterampilan motorik.

Peserta bisa mengikuti ujian keterampilan di Perguruan Tinggi Negeri terdekat yang mempunyai program studi sesuai dengan yang dipilih peserta. Daftar lokasi tersebut lihat di http://www.sbmptn.ac.id.

Kelompok Ujian SBMPTN 2017

Seluruh peserta SBMTPN 2017 bisa mengikuti kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), atau Campuran, dengan rincian sebagai berikut.

  • Ujian Saintek meliputi TKPA dan TKD Saintek.
  • Ujian Soshum meliputi TKPA dan TKD Soshum.
  • Ujian Campuran meliputi TKPA serta TKD Saintek dan Soshum.

Ketentuan Jumlah Perguruan Tinggi dan Program Studi SBMPTN 2017

  1. Program studi di Perguruan Tinggi Negeri terbagi menjadi kelompok Saintek dan kelompok Soshum, dimana peserta bisa memilih maksimal 3 program studi, dengan syarat:
  • Apabila seluruh program studi yang dipilih termasuk kelompok Saintek maka peserta harus mengikuti ujian Saintek.
  • Apabila seluruh program studi yang dipilih termasuk kelompok Soshum maka peserta harus mengikuti ujian Soshum.
  • Apabila program studi yang dipilih peserta mencakup kelompok Saintek dan Soshum maka peserta harus mengikuti ujian campuran.
  1. Urutan pilihan program studi menunjukkan prioritas.
  2. Jika memilih 1 program studi maka peserta bisa memilih Perguruan Tinggi Negeri manapun.
  3. Jika memilih 2 atau 3 program studi maka lokasi salah satu Perguruan Tinggi Negeri harus berada pada satu wilayah pendaftaran dengan tempat mengikuti ujian.
  4. Daftar wilayah pendaftaran, daya tampung Perguruan Tinggi Negeri, program studi dan jumlah peminat bisa dilihat pada http://www.sbmptn.ac.id dari tanggal 4 April 2017.

Biaya Pendaftaran SBMPTN 2017

Peserta yang mengikuti SBMPTN 2017 dipungut biaya Rp 200.000 yang dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN.

JADWAL PELAKSANAAN SBMPTN 2017

Unduh pedoman: 4 April 2017

Pendaftaran ujian: 11 April – 5 Mei 2017 (camputer based ditutup jika kuota terpenuhi)

Ujian Tertulis (paper-based dan computer-based): 16 Mei 2017

Ujian Keterampilan: 17 dan/atau 18 Mei 2017

Informasi resmi SBMPTN 2017 dapat diakses di http://www.sbmptn.ac.id.

Pertanyaan bisa diajukan ke http://halo.sbmptn.ac.id  atau call center 0804-1-456-456

Alamat Panitia Pusat SBMPTN 2017

Gedung dr. Prakosa (Lt.2)

Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret

Jl. Ir. Sutami No 36A, Kentingan Surakarta 57126

Telp. 0271-7890329, Fax. 0271-636268

Email: [email protected]

Mohon cek jika ada perubahan ketentuan dan pengumuman SBMPTN 2017 di http://www.sbmptn.ac.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *