Fokuslah pada Mutu Universitas, Bukan Beasiswa

By | September 28, 2015

Mendapat dukungan finansial untuk kuliah di luar negeri jadi impian banyak orang. Namun, ada hal yang kita lupa, beasiswa tidak serta-merta membawa kita pada perguruan tinggi berkualitas. Dilansir dari laman Indonesia Mengglobal, berikut penuturan Donny Eryasatha, alumni Harvard University tentang fokuslah pada mutu universitas, bukan beasiswa.

Beasiswa Hanya Alat

Donny sering tercengang dengan kealpaan banyak orang dalam mempersiapkan studi di luar negeri. Menurutnya, tujuan utama studi di luar negeri adalah memperoleh sekolah (universitas) yang sebaik mungkin. Scholarship merupakan suatu alat untuk sampai pada perguruan tinggi berkualitas.

Kesalahan Fokus dalam Mengejar Beasiswa

Banyak orang yang hanya fokus untuk mendapat suntikan dana. Orang tersebut kemudian mencari berbagai informasi beasiswa melalui internet. Ia pun melamar salah satunya. Sangat disayangkan, jika program tersebut ternyata hanya mengantarkannya pada perguruan tinggi ‘abal-abal’. Pada saat yang sama, masih ada tawaran terbaik lainnya yang tidak diketahui orang tersebut.

Akibat Perbedaan Periode Penerimaan Beasiswa dan Universitas

Banyak orang yang hanya fokus pada mencari beasiswa, bukan mencari universitas berkualitas. Akibatnya, ketika pelamar menunggu hasil seleksi beasiswa, kursi di universitas terbaik telah terisi.

Donny memberi contoh pada beasiswa Chevening untuk kuliah di Inggris. Pendaftaran beasiswa Chevening tahun 2013 dilakukan bulan Oktober – Desember 2012. Hasil seleksi diumumkan pada Maret 2013.

Mayoritas perguruan tinggi di Inggris membuka pendaftaran pada September 2012. Sistem aplikasi yang digunakan ialah rolling admission yang diproses hingga semua kursi terisi. Artinya, tidak ada batas waktu. Biasanya, Januari 2013, kursi-kursi di berbagai universitas terbaik Inggris sudah penuh.

Kalau sudah begini, saat menerima pengumuman pada Maret 2013 pelamar tidak berkesempatan untuk memperoleh kursi di universitas terbaik. Menurut Donny, ini bukan berarti aplikasi yang diajukan tidak memenuhi kriteria perguruan tinggi tersebut tetapi karena kuota telah habis. Proses beasiswa bisa dibilang memperlambat proses aplikasi ke universitas.

Baca Juga :  Ciri Orang yang Bisa Mendapat Beasiswa Luar Negeri

Pembatasan dalam Beasiswa

Beberapa beasiswa membatasi perguruan tinggi atau program studi tujuan. Faktor ini yang bisa membuat Anda hanya memperoleh pendidikan pada universitas tersebut sementara masih ada yang lebih baik.

Karenanya, Anda perlu menelusuri dulu perguruan tinggi dengan program studi berkualitas lalu mencari informasi apakah ada program beasiswa yang ditawarkan untuk itu.

 

 


4 thoughts on “Fokuslah pada Mutu Universitas, Bukan Beasiswa

  1. Pingback: Melawan Keterbatasan Fisik untuk Kuliah di Luar Negeri | IDBeasiswa

  2. Pingback: Cara Mendapat Info Beasiswa yang Tepat | IDBeasiswa

  3. Pingback: Cara Mengetahui Apa yang Dipelajari dalam Jurusan Kuliah | IDBeasiswa

  4. Pingback: Tips Memilih Universitas Supaya Tidak Menyesal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *