Ciri Orang yang Bisa Mendapat Beasiswa Luar Negeri

By | October 18, 2015

Beasiswa luar negeri jadi incaran banyak orang yang memiliki mimpi untuk melanjutkan kuliah di kancah internasional. Namun, tidak semua mengimbanginya dengan kepribadian atau persiapan yang membuatnya pantas diterima. Jangan dulu bermimpi kalau kita belum memiliki ciri orang yang bisa mendapat beasiswa luar negeri berikut ini.

Tidak Berpangku Tangan

Doronglah diri kamu untuk mencari berbagai informasi beasiswa luar negeri secara independen. Jangan berpangku tangan dengan mengajukan pertanyaan yang membuang waktu kamu dan penawab.

Banyak yang hanya bertanya ‘bagaimana caranya?’ kepada suatu website, penyedia informasi apalagi orang yang sudah pernah mendapat beasiswa luar negeri, padahal penjelasan tersebut bisa ditelusuri sendiri melalui halaman lainnya. Kalau mencari informasi saja malas apalagi menyiapkan dokumen dan bersaing untuk mendapat beasiswa.

Jika pengetahuan dasar sudah kamu siapkan maka waktu konsultasi bisa lebih efektif. Kamu bisa membicarakan hal yang tidak dapat diketahui di internet. Informasi ini biasanya berhubungan dengan pengalaman langsung, misalnya pandangan alumni terhadap kualitas jurusan atau universitas.

Cari juga informasi pendukung lainnya seperti tips menyiapkan berkas, menulis formulir, motivation letter, esai, kehidupan di negara tujuan, kampus atau jurusan yang kamu incar, dan sebagainya. Berkonsultasilah pada para alumni atau penerima beasiswa luar negeri.

Mampu Berbahasa Asing

Siapkan kemampuan kamu dalam berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Setiap beasiswa luar negeri memiliki standar kemampuan masing-masing. Beruntung jika kamu telah mempersiapkan aspek ini sejak bertahun-tahun lalu.

Bagi kamu yang baru berencana melanjutkan kuliah di luar negeri, mulai sekarang disiplin belajar bahasa asing. Selain dari lembaga kursus atau guru privat, kamu bisa belajar otodidak melalui buku, film, latihan soal, internet, atau menghapal 5 – 10 kata per hari.

Baca Juga :  Beasiswa Penerbit Erlangga untuk S2 di Amerika Deadline 30 Desember 2017

Selain Bahasa Inggris, kamu perlu menguasai bahasa negara tujuan. Kenapa? Kemampuan ini bisa jadi nilai tambah kamu. Memang banyak kelas yang sudah menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar namun ada juga yang belum. Kemampuan bahasa lokal juga akan memudahkan kamu saat hidup di sana nanti.

Menguasai Budaya Daerah

Pengetahuan kamu dalam budaya daerah akan menambah daya tarik untuk lolos seleksi beasiswa luar negeri. Makin menarik lagi kalau kamu bisa menari, menyanyi, atau memainkan alat musik tradisional. Pelajari adat-istiadat daerah asal kamu berikut sejarahnya.

Selain budaya daerah kamu, ketahui juga budaya negara incaran. Setelah mendapat beasiswa, kamu bakal lebih mudah tinggal di sana. Dengan pengetahuan kultur setempat kamu bisa mengantisipasi perbedaan. Culture shock pun tidak terlalu menganggu konsentrasi studi kamu.

Mengetahui Negara, Universitas, Program Studi, dan Beasiswa

Gali seluk-beluk negara tujuan, universitas, jurusan, dan program beasiswa yang kamu incar. Kamu harus paham betul semua itu sehingga menemukan alasan mengapa memilih lima elemen tersebut. Kamu harus tahu bagaimana kelimanya bisa mendukung perjalanan karier kamu. Ini penting untuk mendapat beasiswa karena akan kamu harus menuliskannya dalam motivation letter atau esai beasiswa.

Mati Satu Tumbuh Seribu

Beberapa sumber menyarankan agar kamu tidak hanya mendaftar pada satu beasiswa saja. Lamarlah sebanyak-banyaknya beasiswa luar negeri supaya peluang semakin besar.

Tenang

Sikap ini sangat diperlukan saat menghadapi tes wawancara. Kamu perlu menjawab pertanyaan dengan luas. Buatlah penjelasan yang tidak berbelit-belit. Pelajarilah berbagai isu tentang jurusan yang kamu ambil agar wawasan kamu tampak menarik di depan tim seleksi.

Doa

Usaha kamu akan semakin lancar jika diiringi doa. Mintalah doa restu pada orang tua dan orang-orang terdekat kamu.

Baca Juga :  Download Contoh Formulir Aplikasi Beasiswa Fullbright

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *