Cara Mudah Dapat Beasiswa BCA Finance

By | September 6, 2016

Sering kali, biaya kuliah yang mahal menjadi hambatan bagi pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun perguruan Tinggi Swasta. Namun sekarang, hal tersebut tidak menjadi halangan lagi. Mahasiswa yang telah dinyatakan lolos masuk ke Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, berhak mendapatkan beasiswa-beasiswa dari Instansi lain ataupun dari Pemerintah. Beasiswa tersebut merupakan bantuan berupa biaya yang bisa digunakan mahasiswa untuk meringankan biaya kuliahnya. Salah satu beasiswa yang cukup dikenal dikalangan mahasiswa adalah beasiswa BCA Finance. Tetapi dalam hal ini, mahasiswa yang ingin mendaftar tentunya harus bersikap aktif dalam mencari info-info cara beasiswa BCA Finance.

Beasiswa BCA Finance adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh PT BCA Finance. Beasiswa ini tentunya bersifat resmi dan dilakukan dengan beberapa tahap penyeleksian. Program Beasiswa BCA Finance ini diperuntukkan bagi mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta di Indonesia. Beasiswa BCA Finance bertujuan membantu para pelajar yang ingin melanjutkan studynya ke Perguruan Tinggi, bentuknya bisa berupa pembiayaan uang kuliah tunggal atau bantuan secara finansial bagi mahasiswa yang berprestasi namun mengalami keterbatasan finansial.

Beasiswa BCA Finance ini dimulai pada tahun 2009. Pada awal tahun tersebut, BCA Finance memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa dari 20 Perguruan Tinggi baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Mahasiswa penerima beasiswa BCA Finance selalu meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2011, ada sekitar 38 mahasiswa yang lolos mendapatkan beasiswa BCA Finance ini. Pada tahun 2012, penerima beasiswa meningkat menjadi 40 orang. Hingga tahun 2013, total penerima  Beasiswa BCA Finance ada 208 orang.

Baca Juga :  Beasiswa Pertukaran Mahasiswa S1 dan D4 ke Amerika dari AMINEF Deadline 31 Desember 2017

Bantuan yang diberikan oleh PT. BCA Finance berupa uang setiap bulan, baik untuk mendanai pendidikan atau studi mahasiswa, maupun uang sakunya. Pada awal tahun penyelenggaraan Beasiswa BCA Finance, mengeluarkan bantuan sebesar Rp. 305.000.000,- untuk mendanai pendidikan mahasiswa. Mulai tahun 2010, dari 26 Perguruan Tinggi di Indonesia terdapat 38 mahasiswa berprestasi. Mereka tidak hanya mendapatkan bantuan berupa pembebasan dari uang SPP per semester, tetapi juga mendapatkan uang saku. Dan pada tahun 2014, BCA Finance memberikan bantuan sebesar Rp. 1.290.000.000,- untuk 70 mahasiswa. Bantuan tersebut diberikan sejak mahasiswa penerima beasiswa menempuh jenjang semester 3 hingga semester 8, dan beasiswa ini tidak menuntut ikatan dinas.

PERSYARATAN

Cara mendapatkan beasiswa BCA Finance tentulah tidak sulit. Karena beasiswa ini sangat terbuka bagi siapapun mahasiswa yang ingin mencoba mendapatkan beasiswa. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya.

  1. Mahasiswa atau mahasiswi pada jenjang pendidikan Strata 1 (S1)
  2. Minimal sedang atau telah menyelesaikan semester 2
  3. IPK minimal untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu 3.00
  4. IPK minimal untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yaitu 3.40
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
  6. Aktif dalam berorganisasi

Ketika beberapa persyaratan tersebut telah terpenuhi, maka mahasiswa yang mendaftar akan melewati tahap penyeleksian. Cara beasiswa BCA Finance dibagi menjadi 4 tahap penyeleksian, yaitu:

  1. Pendaftaran dilakukan secara online. Pelamar beasiswa harus mengisi data diri sesuai keadaan yang sebenarnya. Lembar pengisian data telah tersedia di website resmi BCA Finance.
  2. Seleksi tahap I, akan dipilih 150 mahasiswa calon penerima beasiswa. Mahasiswa yang dinyatakan lolos, selanjutnya mengumpulkan dokumen-dokumen sebagai berikut, seperti Kartu Mahasiswa, Surat Keterangan Tidak Mampu, Kartu Keluarga, Rekening Listrik dan Air, Surat Keanggotaan Organisasi.
  3. Seleksi tahap II adalah tahap verifikasi kelengkapan berkas-berkas dan menentukan pemenang beasiswa yang berhak mendapat bantuan berupa dana pendidikan sebesar Rp. 3.000.000,-. Seperti yang terjadi pada tahun 2014, ada 70 mahasiswa yang dinyatakan telah lolos seleksi. Proses seleksi tahap I dan II merupakan otoritas tim BCA Finance.
  4. Pengumuman penerima beasiswa BCA Finance ini dilakukan secara online dan tertulis, dan hasil keputusan tim seleksi tidak dapat diganggu gugat.
Baca Juga :  Beasiswa Workshop Film di India (Fully Funded) untuk Non-Profesional Deadline 18 Juli 2017

Jadi, bagi anda.. pelajar-pelajar di seluruh Indonesia tidak perlu khawatir mengenai masalah biaya ketika ingin melanjutkan study ke Perguruan Tinggi. Karena hal tersebutnya tentunya tidak menjadi penghalang niat belajar anda. Dan bagi anda, yang telah berstatus mahasiswa baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta, anda tetap berhak mengikuti penyeleksian beasiswa BCA Finance ini. Mengingat, bahwa cara mendapatkan beasiswa BCA Finance ini tidak rumit dan syarat-syaratnya pun juga mudah. Informasi mengenai cara-cara memperoleh beasiswa BCA Finance pun telah tersebar di berbagai web. Sehingga hal tersebut tidak akan menjadi kendala bagi mahasiswa yang ingin mengaksesnya. Jadi, gunakanlah kesempatan baik anda untuk mencoba beasiswa BCA Finance, karena program beasiswa ini tidak dipungut biaya dan boleh dicoba oleh mahasiswa baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *