Cara Mengetahui Kualitas Universitas Luar Negeri

By | December 8, 2015

Universitas luar negeri kedengarannya keren tapi banyak yang terjebak dengan image ini. Beberapa hanya berpikir yang penting kuliah di luar negeri tanpa memperhatikan mutu pendidikannya. Kalau sudah begini, bisa rugi dana, waktu, dan tenaga.

Bahkan untuk negara sepopuler Jerman, saat mencari daftar universitas, saya pernah melihat tanda bintang (warning) agar mengecek kembali kualitas universitas tertentu yang notabene swasta. Artikel satu ini patut dibaca, wejangannya: fokuslah pada mutu universitas, bukan beasiswa.

I Made Andi Arsana, pengajar di Universitas Gajah Mada, dan menempuh PhD di Australian National Centre for Ocean Resources and Security, membagi tips memilih jurusan dan universitas luar negeri di website pribadinya. Kali ini, kami sarikan cara mengetahui kualitas universitas luar negeri yang dibahas dalam artikel tersebut.

Perhatikan Publikasi Dosen-Dosennya

Jika sudah menentukan jurusan dan mencari daftar universitas, buka tiap website-nya. Buka profil para pengajar di jurusan yang Anda pilih. Biasanya tercantum latar belakang pendidikan, fokus penelitian, dan publikasi terbarunya.

Dari sini, Anda bisa tahu produktivitas dosen di universitas itu. Semakin banyak publikasi para pengajarnya, semakin baik mutu universitas. Dari sini diketahui cocok tidaknya keahlian para dosen dengan minat studi Anda.

Telusuri Peran Jurusan di Masyarakat

Cari tahu peran jurusan di masyarakat atau asosiasi profesi. Berapa banyak konferensi yang diikuti staff-nya, berapa kali mengadakan workshop atau seminar, dan kerjasama dengan pemerintah serta industri lainnya.

Semakin banyak, kampus cenderung semakin baik. Namun, menurut Bli Andi, faktor ini kadang tidak selalu benar.

Bertanya pada Alumni Jurusan di Kampus Tersebut

Coba cari jaringan ke orang Indonesia yang pernah studi di bidang yang sama, lebih bagus lagi dari universitas yang sama. Caranya?

  1. Hubungi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) negara, kota, atau universitas tersebut.
  2. Cari di Google, dengan keyword “Indonesian Students University of …” atau “Perhimpunan elajar Indonesia University of …”.
  3. Telusuri di Overseas Indonesian Student Association Alliance atau PPI Dunia.
  4. Cari tahu di jenjang PPI misalnya PPI Australia Pusat, PPI cabang, dan PPI ranting.
Baca Juga :  Beasiswa S2 di Belanda, Vrije Universiteit Amsterdam, Deadline 7 Februari 2017

Mutu Universitas Berdasarkan Ranking

Pertimbangan umum dalam memilih universitas luar negeri adalah ranking-nya baik skala dunia maupun negara. Contohnya Times Higher Education dan QS World University Ranking untuk skala internasional. Ada juga ranking lingkup negara seperti Group of Eight di Australia. Cek juga kriteria ranking yang digunakan.

Keuntungan Mencari Sendiri daripada Bertanya

Sangat dianjurkan untuk menelusuri sendiri informasi mutu universitas luar negeri. Hanya orang yang ingin menempuh pendidikan itulah yang tahu kriteria pilihannya. Lagipula, jika bertanya pada orang lain, jawabannya tidak selalu memuaskan, apalagi untuk pertanyaan yang bisa ditelusuri di internet.

Bandingkan sendiri dulu universitas luar negeri dari berbagai website, jika ada hal yang benar-benar tidak ditemukan, baru bertanya. Orang yang diajak diskusi biasanya lebih senang meladeni orang yang mau berusaha dulu. Waktu diskusi jadi lebih efektif dan efisien.


One thought on “Cara Mengetahui Kualitas Universitas Luar Negeri

  1. Diah Suryaningrum

    Adakah ranking di tingkat asean atau asia?
    Ada web nya?
    Jika ada, apa kriteria agar masuk dlm ranking tsb?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *