Cara Mengetahui Apa Saja yang Dipelajari dalam Jurusan Kuliah

By | December 7, 2015

Jurusan kuliah harus ditentukan betul-betul jika ingin sesuai dengan rencana karir masa depan. Apalagi untuk kuliah di luar negeri yang menghabiskan banyak dana, tenaga, dan menguras daya pikir. Meski nama jurusannya sama, fokus studi di universitas yang satu dengan lainnya bisa beda.

I Made Andi Arsana, pengajar di Universitas Gajah Mada, dan menempuh PhD di Australian National Centre for Ocean Resources and Security, membagi tips memilih jurusan dan universitas luar negeri di website pribadinya. Dari artikel tersebut, kami sarikan cara mengetahui apa saja yang dipelajari dalam jurusan kuliah, dalam hal ini di luar negeri.

Sebelum ke tahap ini, tentukan dulu jurusan kuliah di luar negeri yang ingin Anda tempuh. Keputusan bisa berdasarkan passion, pekerjaan saat ini, atau rencana karir masa depan. Setelah itu, lakukan beberapa hal ini agar tahu universitas yang tepat dan lebih mudah mendapat calon pembimbing.

Mulai Membaca Jurnal

Setelah menetukan jurusan kuliah, bacalah buku, jurnal, maupun koran tentang topik studi tersebut. Perlu membaca publikasi ilmiah yang terkini.

Coba Google Scholar

Banyak jurnal ilmiah yang hanya didapat lewat kampus atau online berbayar. Jika tidak punya akses ini, coba cari di Google Scholar. Mesin tersebut menampilkan artikel ilmiah yang kredibel sehingga pembaca terhindar dari tulisan tidak bertanggungjawab.

Coba Juga Diskusi dengan Dosen

Dosen pembimbing saat S1 dan kawan yang menjadi dosen dapat mengingatkan apa yang pernah dipelajari dulu. Dari sini, Anda mendapat gambaran apa saja yang harus dibaca.

Diskusi dengan Rekan Kerja

Jika ada rekan kerja yang merupakan akademisi jurusan pilihan, berdiskusilah dengannya. Rekan ini dapat menyegarkan pemikiran Anda.

Baca Juga :  Perbedaan Scholarship, Fellowship, dan Grant

Tips Jika Tidak Mood Baca

Berbagai faktor membuat Anda sulit membaca terlalu banyak, apalagi tulisan berat. Coba ikut seminar terkait jurusan kuliah yang Anda pilih. Mendengar dan melihat dapat merangsang mood baca.

Apa Manfaatnya?

Jika Anda mengambil master by research atau PhD, penting membaca banyak artikel ilmiah ini. Referensi tersebut juga jadi modal untuk mengontak calon pembimbing. Untuk program coursework, artikel ilmiah memberi petunjuk universitas mana yang seharusnya dipilih.

Memilih Universitas dari Jurnal Tentang Jurusan Kuliah

Pada jurnal, akan tercantum institusi atau latar pendidikan penulisnya. Ini bisa jadi referensi dalam memilih universitas.

Membatasi Pencarian Universitas

Dengan memakai kata-kata kunci spesifik, pencarian lebih efisien dan efektif. Bli Andi menyarankan, keyword ditambah ekstensi domain yang sesuai. Misalnya ac.id untuk Indonesia, edu.au untuk Australia, ac.uk untuk Inggris, dan lain-lain.

Misal, ingin belajar mechanical system di Australia, ketik mechanical system site:edu.au. Google akan menunjukkan daftar institusi pendidikan Australia yang mengandung kata mechanical system.

Pelajari Detail Jurusan di Universitas

Di website institusi pendidikan, biasanya ada silabus, daftar mata kuliah, dan deskripsi singkatnya. Dengan begitu, Anda bisa tahu apa yang akan dipelajari.


One thought on “Cara Mengetahui Apa Saja yang Dipelajari dalam Jurusan Kuliah

  1. Pingback: Cara Mengetahui Kualitas Universitas Luar Negeri | IDBeasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *