Cara Mendapat Beasiswa yang Belum Banyak Diketahui Orang

By | October 12, 2015

Ingin kuliah di dalam atau luar negeri? Atau melanjutkan SMA di sekolah berkualitas? Tak ada alasan ekonomi terbatas. Banyak beasiswa buat orang-orang yang mau berusaha. Coba ikuti cara mendapat beasiswa yang belum banyak diketahui orang berikut ini.

Membuat Rangkuman Prestasi

Jalan mendapat beasiswa makin mudah dengan sederet prestasi. Tidak hanya nilai pelajaran tetapi juga olahraga, music, seni, dan segudang kegiatan lainnya.

Ingat-ingat lagi apa saja prestasi yang pernah kamu capai dari yang berhubungan dengan sekolah maupun hobi. Buka album foto, arsip sertifikat, lihat koleksi piala, dan tanyakan pada orang tua.

Rangkuman prestasi ini bisa membantu kamu dalam menyiapkan aplikasi beasiswa. Pemberi surat rekomendasi juga lebih mudah menulis dukungannya dengan melihat sederet prestasi kamu.

Dengan panduan prestasi ini, kamu juga bisa mencari beasiswa yang sesuai dengan aset pribadi kamu. Selain beasiswa prestasi akademik, ada juga bantuan keuangan yang diberikan untuk kegiatan lain seperti relawan, travel writer, jurnalistik, atau karya kreatif.

Coba Cari di Buku Panduan Beasiswa

Banyak buku panduan beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Buku tersebut bahkan tersedia sesuai negara tujuan. Dari situ, kamu bisa mendapat informasi beasiswa lebih terarah dan lengkap.

Informasi yang lebih jelas dan akurat bisa didapat dari penulis yang berpengalaman dalam memperoleh beasiswa. Pada buku panduan biasanya ada daftar beasiswa. Setelah itu tinggal mengeceknya di internet.

Sesekali Tengok Mading atau Papan Pengumuman

Beberapa sekolah atau universitas bekerja sama dengan program beasiswa tertentu. Institusi tersebut pasti selalu update jika ada beasiswa yang ditawarkan.

Sering-sering cek majalah dinding dan papan pengumuman di sekolah atau kampusmu. Beasiswa dari pemerintah baik pusat maupun daerah bisa terpampang di sana.

Baca Juga :  Beasiswa Unik Berdasarkan Ciri Tubuh

Jangan Malu Bertanya pada Kerabat

Orang tua kamu mungkin punya jaringan dari lembaga, yayasan, universitas, pemerintah, NGO, perusahaan, atau lain-lain yang memberi beasiswa. Meski tidak berhubungan langsung dengan penyelenggara beasiswa, mereka bisa saja tahu informasinya atau berpengalaman dalam memperoleh beasiswa.

Tengok Spanduk

Suatu saat kamu bisa saja sedang di lampu merah atau sudut jalan lainnya dan menemukan informasi beasiswa di spanduk. Lembaga pendidikan atau pemerintah lokal yang kadang memasangnya.

Permak Akun Media Sosial

Beberapa program beasiswa menginginkan kandidatnya jadi teman di Facebook, atau media sosial lainnya. Penting untuk mencitrakan diri kamu sebagai pribadi positif karena ini masuk dalam penilaian.

Maksimalkan timeline, album foto, note, dan lain-lain buat menunjukkan aktivitas dan prestasi kamu., Hapus atau private saja posting sampah dan foto yang menunjukkan kemalasan, kecerobohan dan lain-lain.

Koleksi Deadline

Kumpulkan semua informasi beasiswa dan buat daftar batas pengumpulannya. Kalau perlu, tandai di kalender kamu. Ini akan membantu kamu agar melakukan persiapan sejauh hari mungkin. Menulis essay beasiswa, mengumpulkan dokumen, meminta surat rekomendasi, konsultasi, dan lain-lain sering kali memerlukan banyak waktu.

Jangan lupa tandai juga jadwal penerimaan sekolah atau universitas, khususnya yang kamu incar. Banyak beasiswa, apalagi internasional, yang mensyaratkan pelamar diterima lebih dulu di universitas terkait sebelum mengajukan aplikasi.

Cek Daftar Aplikasi

Buatlah check list apa saja yang perlu kamu ajukan atau lakukan saat melamar beasiswa. Sangat disayangkan, banyak yang melakukan kesalahan fatal karena kurang jeli dalam hal ini. Akhirnya, waktu kamu terbuang hanya untuk mengurus prosedur aplikasi yang jelas gagal.

Pakai Baju Pemenang

Setelah lolos administrasi, kamu akan dipanggil wawancara. Baik langsung maupun via online, berpakaian lah yang bersih dan rapi. Cari tips pakaian untuk menghadaapi wawancara beasiswa.

Baca Juga :  Beasiswa Konferensi (Penuh) Tema Energi di Filipina Deadline 25 April 2017

Ini akan membentuk kesan tersendiri bagi pewawancara. Cara berpakaian juga tanda bahwa kamu bangga jadi penerima beasiswa yang sedang kamu ajukan.

Lamarlah Sebanyak-banyaknya

Ini resep dari banyak panitia dan penerima beasiswa. Lamarlah sebanyak mungkin berbagai beasiswa karena semakin banyak, semakin besar pula peluang menang.

Beasiswa yang nilai dananya sedikit biasanya diikuti oleh sedikit orang juga, pesaing kamu pun semakin berkurang. Begitu juga dengan kontes skill tertentu yang berhadiah dana pendidikan.

Simpan Essay

Simpan setiap essay beasiswa kamu karena bisa digunakan kembali untuk melamar beasiswa lainnya. Ada essay beasiswa yang harus direvisi sesuai ketentuan program dan misi penyelenggara. Jangan khawatir, kalau sudah pernah menulis essay beasiswa, kali berikutnya akan lebih mudah buat kamu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *