Cara Mendapat Beasiswa SMA SMK MA atau Sederajat

By | July 4, 2017

Kamu yang masih memakai seragam putih abu-abu kadang ingin meringankan beban orang tua. Kamu bisa membantu orang tuamu membiayai sekolah dengan beasiswa. Tapi, pasti masih banyak yang bertanya-tanya, bagaimana cara mendapat beasiswa SMA atau yang sederajat, khususnya kalau nilai rapor masih pas-pasan? Ini dia idbeasiswa beberkan tips-tipsnya.

Kamu Cocoknya Dapat Beasiswa Apa?

Tenang, beasiswa itu ada banyak jenisnya kok, tidak cuma buat “profesor” sekolah alias mereka yang nilai rapornya 8,9,10. Mimin bagi dua kelompok besar deh, beasiswa biasanya terbagi menjadi beasiswa akademik dan beasiswa non-akademik.

Beasiswa akademik berarti seleksinya menurut nilai rapor kamu atau prestasi akademik lainnya seperti menang lomba olimpiade atau cerdas-cermat bidang studi. Nah, kalau beasiswa non-akademik berarti beasiswa yang proses seleksinya bukan dari nilai mata pelajaran, tetapi dari kegiatan kamu di luar kelas. Misalnya, beasiswa bidang olahraga dan seni.

Mungkin kamu tidak sadar, ada juga beasiswa keagamaan seperti beasiswa penghafal Al-Qur’an. Selain itu, juga ada beasiswa kepemimpinan atau untuk siswa/i yang aktif di organisasi dalam atau luar sekolah. Beasiswa bagi yang kurang mampu biasanya dipadukan dengan keunggulan akademik atau non-akademik.

Kamu Mencari Biaya Sekolah atau Pengembangan Diri?

Ada beasiswa yang diberikan khusus untuk biaya sekolah, biaya hidup per bulan, atau biaya untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri. Kegiatan ini misalnya pelatihan di bidang tertentu atau konferensi di dalam maupun luar negeri. Banyak lho lembaga yang menyediakan beasiswa penuh untuk kegiatan ekstra-sekolah, bahkan kamu bisa dapat uang saku.

Salah satu kegiatan dalam negeri (dari pemerintah) ialah Ekspedisi Nusantara Jaya. Banyak juga pertemuan anak muda ASEAN atau wilayah dunia lainnya. Contoh beasiswa pengembangan diri di luar negeri ialah Beasiswa Chili Padi Academy yang akan membawamu ke belahan Asia lainnya.

Baca Juga :  4 Hal yang Harus Dihindari dalam Menulis Personal Statement

Sumber-Sumber Beasiswa SMA

Cara mendapat beasiswa SMA selanjutnya adalah, kamu harus tahu beasiswa itu bisa datang dari mana saja. Pertama, dari sekolah kamu. Tentunya pihak sekolah punya kriteria sendiri. Jikalau majalah dinding sekolah kamu kurang update, coba tanyakan ke wali kelas atau kepala sekolah biar kamu bisa menyiapkan persyaratannya dari jauh hari.

Kedua, cari program beasiswa dari pemerintah daerah kamu. Biasanya, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten punya program beasiswa untuk putera/puteri daerahnya, atau bagi pelajar yang orang tuanya berasal dari daerah tersebut (menurut KTP).

Ketiga, beasiswa dari perusahaan swasta, yayasan, atau lembaga lainnya baik lokal maupun nasional. Perusahaan besar diwajibkan menganggarkan dananya untuk Corporate Social Responsibility (CSR). Banyak perusahaan yang mengalokasikan dana tersebut untuk beasiswa.

Beberapa perusahaan, yayasan, atau lembaga bekerja sama dengan sekolah dan memberi beasiswa untuk pelajar dari daerah tertentu saja. Tapi, ada juga yang berlaku nasional seperti Beasiswa Dataprint.

Keempat, dari lomba. Kamu sudah tidak sabar menunggu menang beasiswa? Coba deh ikut macam-macam lomba sesuai dengan minat kamu. Misalnya, lomba cerdas cermat, lomba esai, lomba karya ilmiah, loma menyanyi, lomba bisnis, dan lain-lain. Kalau menang kan lumayan duitnya buat biaya sekolah.

Masih Belum Terlambat, Terus Berjuang Memantaskan Diri

Seandainya kamu menjadi pemberi beasiswa, pasti kamu tidak ingin uang yang kamu beri disia-siakan. Makanya, ada proses seleksi beasiswa yang dilihat dari nilai rapor, kegiatan ekstra, prestasi non-akademik, atau keunggulan lainnya.

Jikalau masih sempat, semangat terus berjuang meningkatkan nilai rapor kamu atau prestasi non-akademik kamu. Plus, terus berdoa. Pada saatnya nanti, jalan kamu mendapat beasiswa jadi lebih mudah.

Baca Juga :  Mengenal Sistem Beasiswa Jerman

Itu tadi yang bisa idbeasiswa bagikan soal cara mendapat beasiswa SMA. Semoga bermanfaat ya, selamat berjuang!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *