Cara Mendapat Beasiswa ke Belanda

By | November 13, 2017

Banyak alasan kuliah di Belanda. Dari keindahan kota, murahnya biaya pendidikan, biaya hidup rendah, sistem pengajaran yang inovatif, banyak program studi berbahasa Inggris, mudah menjelajahi negara lainnya, dan sebagainya. Tak heran, banyak yang bermimpi ingin kuliah di Belanda, apalagi pakai jalur gratis. Nah, bagaimana cara mendapat beasiswa ke Belanda?

Harus Diterima Dulu di Universitas Belanda

Biasanya, program beasiswa Belanda mensyaratkan pelamar diterima dulu di universitas negeri kincir angin tersebut. Karena itu, pikirkan dulu universitas dan jurusan apa yang dipilih lewat https://www.studyfinder.nl/. Cek juga persyaratan, proses aplikasi, dan batas tanggal pendaftarannya.

Bukti pelamar sudah diterima sebagai mahasiswa universitas terkait ialah Surat Penerimaan atau Letter of Acceptance (LoA). Surat ini terbagi menjadi penerimaan bersyarat ( conditional) atau tanpa syarat (unconditional).

Macam-Macam Beasiswa ke Belanda

Ada banyak jalan menuju Belanda. Tinggal pilih program apa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Program gelar atau non gelar? Program gelar misalnya sarjana, master, atau doctor. Program non-gelar seperti pelatihan dan pertukaran pelajar/mahasiswa.

Berikut ini daftar beasiswa ke Belanda yang bisa dilamar Warga Negara Indonesia.

Beasiswa StuNed

Beasiswa Studern in Nederland (StuNed) terbagi menjadi program master, short course, dan Tailor Made Training. Beasiswanya berupa biaya pendidikan dan biaya hidup. Selengkapnya pelajari di Beasiswa StuNed.

Beasiswa Orange Tulip Scholarship

Program yang ditawarkan Orange Tulip Scholarship ialah program sarjana dan master. Selain itu, ada juga program foundation atau program persiapan kuliah. Ada banyak sekali perguruan tinggi Belanda yang bekerja sama dengan program beasiswa ini, dengan berbagai jurusan.

Orange Tulip Scholarship diberikan dalam bentuk beassiwa parsial berupa potongan biaya pendidikan. Batas pendaftarannya terbagi menjadi 1 Februari, Maret, April, dan Mei setiap tahun, tergantung dari program studi yang dipilih. Info selengkapnya lihat di Orange Tulip Scholarship.

Baca Juga :  Tips Menentukan Kriteria dalam Memilih Beasiswa
Beasiswa Holland

Holland Scholarship atau beasiswa Holland terbuka untuk program sarjana dan master. Beasiswa ini bernilai 5.000 Euro atau sekitar Rp 78,9 juta. Program tersebut berlaku pada beberapa perguruan tinggi yang bekerja sama, terbagi menjadi universitas berbasis riset dan universitas ilmu sains terapan. Selangkapnya tentang beasiswa ini lihat di Holland Scholarship.

Beasiswa NFP

Netherlands Fellowship Program atau NFP merupakan beasiswa penuh dari Kementerian Luar Negeri Belanda. Program tersebut berupa pelatihan pendidikan bagi para profesional yang terbagi menjadi kursus singkat (short course), program master, dan program doctor. Selain itu, ada juga Tailor-Made Training untuk alumni. Lebih lanjut tentang beasiswa ini cek di Netherlands Fellowship Program.

Beasiswa Erasmus+

Beasiswa Erasmus Mundus atau yang kini dikenal sebagai Erasmus+ menawarkan program Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) dan Eramus Mundus Joint Doctorate Degree (EMJD). Ada banyak sekali bidang studi yang bisa dipilih, termasuk program studi di Belanda. Beasiswa Erasmus+ merupakan beasiswa penuh mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, akomodasi, asuransi, dan lain-lain. Selengkapnya lihat di Erasmus+.

Beasiswa dari Pemerintah Indonesia

Ada banyak pilihan beasiswa Pemerintah Indonesia untuk kuliah ke Belanda. Program yang terbuka untuk umum dan jadi incaran ratusan ribu pelajar Indonesia ialah dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP. Komponen beasiswa ini cukup lengkap untuk menunjang pendidikan dan kehidupan mahasiswa di Belanda. Selain itu, ada juga program Beasiswa Unggulan bagi mereka yang berprestasi, termasuk guru, pegawai negeri, dan karyawan swasta. Bagi para dosen yang ingin mengejar gelar doctor bisa melamar Beasiswa BUDI atau Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia.

Beasiswa dari Universitas di Belanda

Selain dari institusi pemerintahan, swasta, dan individu, berbagai universitas di Belanda juga menawarkan program beasiswa bagi mahasiswa internasional. Dua di antaranya ialah Amsterdam Excellence Scholarship dan Utrecht Excellence Sholarship. Atau, coba cek Top 15 Beasiswa Belanda untuk Mahasiswa Internasional.

Baca Juga :  Kenali Beasiswa S2 Dalam Negeri Lebih Dekat
Mencari Beasiswa Lainnya

Ada banyak lagi cara mendapat beasiswa ke Belanda baik untuk program gelar maupun non-gelar. Cari program hibah atau bantuan dana Belanda khusus pelamar dari Indonesia di GrantFinder – Indonesia.

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran beasiswa ke Belanda biasanya menggunakan sistem online melalui penyelenggara beasiswa, agen resmi, atau langsung ke universitas. Umumnya, pelamar tidak harus bisa bahasa Belanda karena banyak sekali program studi yang pengajarannya dilakukan dalam bahasa Inggris. Biasanya, selain dokumen pendidikan dan data diri, pelamar diminta melampirkan Surat Rekomendasi dan Motivation Letter.

Itu tadi garis besar cara mendapat beasiswa ke Belanda. Apapun persyaratannya, selama kita terus berjuang, pasti akan berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *