Cara Mendapat Assistantship, Sumber Dana Selain Beasiswa

Cara Mendapat Assistantship, Sumber Dana Selain Beasiswa

Assistantship merupakan solusi bagi mahasiswa yang perlu kerja sampingan dengan manfaat ganda. Sebagian dari kita masih asing dengan istilah ini, padahal bisa jadi jalan pengganti beasiswa.

DEFINISI ASSISTANTSHIP

Secara umum, assistantship adalah bantuan keuangan yang diberikan namun mahasiswa harus bekerja pada pihak kampus atau di luar kampus. Mayoritas assistantship memberi manfaat ganda pada mahasiswa karena selain meringankan beban keuangan, juga mendapat pengalaman kerja yang berhubungan dengan bidang studinya. Selain itu, mahasiswa juga bisa memperluas jaringan karena bekerja dengan dosen, staf kampus, atau perusahaan.

Biasanya, hanya mahasiswa pada program studi penuh waktu yang boleh melamar. Namun, kebijakan tiap kampus berbeda-beda.

JENIS ASSISTANTSHIP

Ada macam-macam assistantship baik di dalam maupun di luar kampus, berikut ini.

Teaching Assistantship

Bahasa tanah airnya, asisten dosen. Misalnya, membantu dalam proses praktikum, diskusi dan kerja kelompok, menyiapkan pengajaran, penilaian, konsultasi mahasiswa (asistensi), mengatur ujian, tugas, dan lain-lain. Tentunya, proses tersebut berlangsung di bawah dosen bersangkutan. Bedanya dengan asisten dosen biasa, pada program semacam ini mahasiswa memperoleh reward keuangan.

Research Assistenship

Alias asisten penelitian, yaitu membantu dosen dalam melakukan riset. Misalnya, bekerja di laboratorium atau membantu proyek atas nama fakultas. Umumnya, mahasiswa bertugas mengumpulkan data, survey, menganalisis, menghadiri konferensi, pelatihan, dan membimbing asisten junior.

Administrative Assistantship

Mahasiswa bekerja sebagai staf administrasi di jurusan, fakultas, atau universitas yang bersangkutan. Ranah kerjanya macam-macam seperti bagian informasi, presentasi, evaluasi, konseling, pengembangan kepemimpinan, dan lain-lain.

Program di Luar Kampus

Hampir sama dengan kerja paruh waktu, mahasiswa dapat kompensasi keuangan. Namun, perlu diperhatikan apakah perusahaan yang dituju menyediakan program assistantship untuk mahasiswa.

KEUNTUNGAN FINANSIAL ASSITANSHIP

Baca Juga :  3 Beasiswa ke Belanda

Ada berbagai bentuk timbal balik yang diperoleh baik langsung maupun tidak langsung, misalnya:

  • Pembebasan biaya kuliah secara penuh ataupun sebagian.
  • Gaji tetap untuk biaya hidup seperti makan, transportasi, dan uang sewa tempat tinggal.
  • Asuransi kesehatan (khususnya di luar negeri).
  • Bonus persenan dari proyek.

Nilai yang diterima bervariasi tergantung dari jenis pekerjaan dan durasi waktu. Biasanya, ada sanksi jika mahasiswa ternyata tidak profesional, seperti pemberhentian tanpa gaji atau kompensasi keuangan.

CARA MENDAPAT ASSISTANTSHIP

Carilah berbagai informasi yang ada di jurusan, fakultas, dan universitas tempat studi. Kemudian, perhatikan syarat-syaratnya, seperti jumlah SKS dan mata kuliah yang telah ditempuh, standar nilai pada mata kuliah tertentu, juga standar IPK. Ada juga yang meminta pelamar menunjukkan bukti atau bahkan tes kebutuhan bantuan finansial.

Beberapa program di luar negeri perlu didukung dengan jenis visa yang mengijinkan kegiatan tersebut. Selain itu, pelamar juga dimintai persetujuan dari dosen pembimbingnya.

Ini merupakan program menarik jika kita kurang beruntung di jalur beasiswa. Kesempatan tersebut perlu digunakan sebaik-baiknya karena jika performa kerja kita baik maka hubungan profesional bisa berlanjut sampai setelah lulus.

Tags: #assistantship #tips beasiswa #tips kuliah

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
Deposit Visa untuk Kuliah di Jerman
Ada hal yang sering terlewatkan di benak
Pastikan 4 Hal Ini Sebelum Mengurus Visa Pelajar di Jerman
Punya mimpi kuliah di Jerman? Kamu harus
[mashshare]

Leave a reply "Cara Mendapat Assistantship, Sumber Dana Selain Beasiswa"

Must read×

Top