Cara Mendafar Orange Tulip Scholarship untuk Beasiswa ke Belanda

By | January 14, 2017

Punya mimpi kuliah di Negeri Kincir Angin? Ada banyak cara memperoleh beasiswa ke Belanda, salah satunya dengan Orange Tulip Scholarship. Proses pendaftarannya melalui Nuffic Neso Indonesia. Ingat, hanya proses pendaftaran beasiswanya saja, tidak termasuk ke kampusnya. Nilai dan bentuk bantuan dari Orange Tulip Scholarship berbeda-beda. Ini tergantung kerja sama masing-masing institusi. Lalu, bagaimana cara melamar Orange Tulip Scholarship?

Memilih Skema Orange Tulip Scholarship

Pilih dulu skema studi apa yang ingin kamu ambil. Skema yang dimaksud adalah paket kerja sama Orange Tulip Scholarship dengan suatu universitas. Beasiswa ini tidak mencakup seluruh program studi dan institusi pendidikan di Belanda, hanya yang bermitra saja. Pun, kerja sama dengan universitas belum tentu mencakup seluruh program studi di kampus tersebut. Jenjangnya pun bisa S1 atau tingkat yang lebih tinggi. Jadi, pilih dulu paket (selanjutnya kita sebut skema ya) apa yang ingin kamu ambil. Jangan lupa cek juga pendaftaran Orange Tulip Scholarship untuk skema tersebut masih dibuka atau belum. Batas pendaftaran tahun 2017 – 2018, ada yang tanggal 1 Februari, 25 Februari, 1 Maret, 1 April, dan 1 Mei 2017.

Mendaftar Kuliah

Cek persyaratan di program studi pada institusi pendidikan yang kamu pilih. Jika kamu memenuhi syarat, cek cara mendaftar sebagai mahasiswa di kampus tersebut. Nuffic Neso Indonesia tidak melayani proses ini, hanya beasiswanya saja. Sebenarnya, di website Nuffic Neso Indonesia juga tersedia syarat pendaftaran ke universitas. Namun, sifatnya hanya ringkasan. Untuk rinciannya, kamu harus cari secara mandiri di website universitas. Rincian ini kadang cukup penting lho, misalnya surat rekomendasi harus dikirim, langsung oleh pemberi rekomendasi atau dari kamu. Detail seperti ini tidak ada di website Nuffic Neso Indonesia. Seluruh dokumen syarat pendaftaran di universitas harus kamu kirim sendiri ke universitas itu. Biasanya, prosesnya secara online. Setelah mengirim berkas, kamu akan menerima konfirmasi baik lewat email atau lewat sistem aplikasi lainnya. Pada tahap inilah kamu mendapat bukti telah memulai pendaftaran di kampus tersebut. Bukti ini jadi syarat melamar Orange Tulip Scholarship. Tips dari mimin, cek juga batas pendaftaran program studi yang kamu pilih karena bisa lebih cepat dari batas melamar Orange Tulip Scholarship.

Baca Juga :  Pertanyaan Wawancara Beasiswa LPDP yang Tidak Terduga

Melamar ke Orange Tulip Scholarship

Setelah mendapat bukti telah memulai pendaftaran, baru bisa mendaftar ke Orange Tulip Scholarship. Bagi yang sudah mendapat surat penerimaan dari universitas bisa dikirim ke Nuffic Neso Indonesia. Setiap pelamar harus mengisi Formulir Pendaftaran Orange Tulip Scholarship yang bisa diunduh dari website Nuffic Neso Indonesia. Selain itu, umumnya, pelamar juga diminta mengirim CV dalam bahasa Inggris. Namun, ada syarat khusus pada setiap skema yang diminta Nuffic Neso Indonesia. Misalnya, motivation letter dan surat rekomendasi. Ada juga yang hanya diminta surat rekomendasi saja. Karena itu, cek syarat khusus yang diminta Nuffic Neso Indonesia pada skema yang kamu pilih. Lihat sub-judul “dokumen yang dibutuhkan” pada info skema. Syarat khusus ini dikirim ke Nuffic Neso Indonesia bersamaan dengan formulir pendaftaran.

Mengirim Berkas Orange Tulip Scholarship

Berkas dikirimkan secara online atau softcopy melalui email [email protected]. Batas ukuran attachment maksimal 2 MB. Beri subjek email: OTS 2017-2018 Application – [nama universitas Belanda/Skema OTS] – [nama Anda].

Tips dari mimin, pakai alamat email yang profesional, dan kata pengantar. Selebihnya pelajari etika email.

Menerima Konfirmasi

Setelah berkas terkirim, pastikan kamu memperoleh email konfirmasi dari Neso Indonesia. Konfirmasi ini biasanya akan kamu dapat 1 – 2 minggu setelah berkas dikirimkan. Jika tidak mendapat konfirmasi, hubungi pihak Neso Indonesia melalui email tersebut. Cek apakah berkas kamu sudah terkirim dengan baik atau tidak. Informasi selengkapnya tentang beasiswa Orange Tulip Scholarship lihat di website Nuffic Neso Indonesia.  Pelajari dulu informasi di website tersebut sebelum mengajukan pertanyaan. Baca juga halaman Frequently Ask Questions (FAQ) sebelum menghubungi Neso Indonesia. Selamat mencoba, semoga sukses!

Baca Juga :  Kriteria Penilaian Beasiswa LPDP Terbongkar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *